in

Pantai Batu Payung Maluku Barat Daya, Keunikannya Bikin Betah

Sumber Gambar: Instagram@yanrisak

Bisa dibilang Maluku adalah surga yang tertinggal di Bumi Pertiwi. Di sana begitu banyak keindahan alam yang menakjubkan dan menghipnotis mata, apa lagi pantai-pantainya. Banyaknya deretan pantai eksotis di Maluku tak lepas dari kondisi geografinya yang terdiri dari kumpulan pulau-pulau kecil di tengah Laut Banda.

Nah, dari sekian banyak pantai cantik di Maluku, salah satunya adalah Pantai Batu Payung. Dilihat dari namanya, pantai ini memang memiliki keindahan utama yang terletak pada formasi bebatuan karangnya yang berdir kokoh menyerupai payung. Untuk ulasan lebih lanjut, yuk simak yang di bawah ini!

Lokasi Pantai Batu Payung

Secara administratif, Pantai Batu Payung berlokasi di Kecamatan Pulau Lakor, Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Pilihan moda transportasi terbaik untuk menuju ke sana adalah dengan menggunakan kendaraan roda dua, yang dikarenakan akses jalan ke Pantai Batu Payung belum sepenuhnya memadai. Selain itu, tidak banyak juga petunjuk jalan yang bisa mengarahkan para wisatawan menuju ke pantai cantik ini.

Keindahan Pantai Batu Payung

Sumber Gambar: Instagram @yanrisak

Setelah lelah menempuh perjalanan, sesampainya di Pantai Batu Payung para wisatawan akan langsung disuguhi pemandangan yang sangat ciamik. Sejauh mata memandang, yang terlihat adalah lautan lepas dengan warna air kebiruan, ditambah pasir putih yang membentang panjang di bagian pesisir. Suasana asri juga tersaji di tepian Pantai Batu Payung, dengan keberadaan pepohonan kelapa yang berdiri tinggi menjulang. Suasana di sana juga masih cukup sepi, sehingga sangat cocok dikunjungi oleh mereka yang memang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian, untuk melepas penat dari kejenuhan rutinitas sehari-hari.

Sumber Gambar: Instagram @pesona_mbd

Namun, tak dipungkiri apabila daya tarik utama dari Pantai Batu Payung adalah sebongkah batu karang yang berada sedikit ke tengah laut. Batu karang ini memiliki bagian dasar yang lebih kecil dibanding dengan bagian atasnya, sehingga menyerupai payung. Batu karang ini mengerucut di bagian bawahnya karena terkikis oleh ombak laut secara terus menerus, dan bukan tak mungkin suatu saat karang ini akan roboh karena bagian dasarnya yang telah terkikis habis oleh gempuran ombak laut.

Cara Terbaik Menikmati Pantai Batu Payung

Sumber Gambar: Instagram @indriyuliani

Ada cara terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Batu Payung, dan cara ini mungkin hanya bisa dilakukan oleh orang yang bernyali. Yah, caranya adalah dengan mendaki hingga ke puncak batu payung. Dari atas sana, gradasi warna laut di Pantai Batu Payung akan terlihat lebih jelas, yang dikarenakan adanya perbedaan kedalaman dan karang di dasar laut.

Nah, dari puncak Batu Payung para wisatawan masih bisa melakukan hal yang lebih seru lagi, namun terbilang ekstrim, yakni terjun bebas ke lautan. Berenang di Pantai Batu Payung begitu menyenangkan, air yang sangat jernih ditambah dengan keberadaan ikan laut yang warna-warni juga akan memberikanmu pengalaman yang tak terlupakan.

Sumber Gambar: Instagram @yanrisak

Apabila kedua hal sebelumnya dianggap terlalu ekstrem, ada cara lainnya untuk bisa menikmati keindahan pantai ini dengan lebih sempurna. Caranya adalah dengan menyewa perahu nelayan setempat untuk dipakai berkeliling mengitari tepian Pantai Batu Payung. Nikmati keseruan menerjang ombak dengan perahu, sembari ditemani angin semilir laut yang menyejukkan.

Fasilitas di Pantai Batu Payung

Sumber Gambar: Google Maps @ito Leksair

Dibalik keindahan dan kemegahan karang batu payung, pantai ini masih minim fasilitas. Tak banyak ditemukan fasilitas umum di sana, seperti halnya toilet, tempat sampah, atau pun gazebo yang bisa digunakan untuk berteduh dan bersantai melepas lelah. Kemudian, tak ada pula tempat penginapan di sekitar pantai. Oleh sebab itu, mau tak mau para wisatawan harus melakukan perjalanan pulang pergi ketika berkunjung ke Pantai Batu Payung.

Bagaimana, apakah kamu tertarik berkunjung ke Pantai Batu Payung? Meskipun minim fasilitas, namun kejernihan laut dan keunikan karangnya membuat pantai yang satu ini sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar kunjunganmu ketika singgah di Maluku Barat Daya.

Tapi ingat, jaga selalu kelestarian alam Indonesia. Jangan mengambil apa pun di sana kecuali foto, jangan membunuh apa pun di Pantai Batu Payung kecuali waktu, dan jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak.

Selamat Berlibur!!!