in

Pelabuhan Bintuni, Pelabuhan Tunggal di Kepala Cendrawasih

Sumber Gambar: Google Maps @Kawi Boedisetio

Papua adalah salah satu pulau di Indonesia yang paling banyak mendapatkan perhatian belakangan ini. Selain karena perhatian pemerintah yang makin besar, ada banyak sekali tempat-tempat wisata baru yang juga ditemukan saat ini. Saat kamu melakukan perjalanan wisata ke Papua. Kamu pasti akan sangat familiar dengan Pelabuhan Bintuni.

Tentang Pelabuhan Bintuni Harus Kalian Ketahui

Pelabuhan Bintuni merupakan salah satu pelabuhan yang sangat penting di Papua. Pelabuhan ini menghubungkan antara pulau Papua dengan pulau kecil yang ada di sekitarnya. Hal inilah yang membuat pelabuhan ini jadi pelabuhan yang sangat penting.

·       Pelabuhan Bintuni satu-satunya transportasi

Bagi kamu yang sedang berencana untuk menjelajah Papua untuk melihat keindahannya. Kamu pasti harus berkunjung ke Pelabuhan ini. Hal ini disebabkan karena pelabuhan ini merupakan satu-satunya portal pelabuhan yang bisa kamu gunakan untuk mengunjungi bagian-bagian Papua yang lainnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Kawi Boedisetio

Pelabuhan ini menghubungkan Papua dengan beberapa kota secara intim seperti Sorong, Babo dan juga beberapa pulau kecil yang ada di dekat pulau Bintuni ini sendiri. hal inilah yang membuat pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan yang sangat penting.

·       Pelabuhan Bintuni untuk transportasi barang dan penumpang

Nah perlu kamu tahu, karena pelabuhan ini adalah satu-satunya pelabuhan di Bintuni, pelabuhan ini tidak hanya digunakan untuk menerima kapal-kapal feri saja lho! Selain menerima kapal feri, Pelabuhan ini juga umumnya digunakan untuk bongkar muatan. Meski tidak sebanyak dan sebesar pelabuhan di Surabaya, akan tetapi pelabuhan ini bisa dibilang sebagai salah satu sumber kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Sumber Gambar: Google Maps @Emanuel Raiz Warpopor

Jika kamu memiliki keberuntungan, kamu bisa melihat proses bongkar muat yang dilakukan di pelabuhan ini. Siapa tahu pengalaman ini jadi pengalaman seumur hidup untuk melihat proses bongkar muat dari kapal kontainer.

·       Pelabuhan Bintuni adalah pelabuhan yang cukup ramai

Seperti disebutkan sebelumnya, Pelabuhan Bintuni merupakan pelabuhan satu-satunya yang menghubungkan Bintuni dengan dunia luar. Inilah yang membuat pelabuhan ini menjadi salah satu spot yang cukup ramai di Bintuni. Setidaknya ada 4 kapal yang berangkat dan datang dari sorong. Selain itu, masih banyak lagi kapal lain yang juga berlabuh lho!

Sebagai salah satu area yang cukup ramai, pelabuhan ini dilengkapi juga dengan kantor polisi kecil. Tetapi jangan kaget ya! Ketika proses bongkar muat atau naik turun penumpang, pelabuhan ini memang menjadi pelabuhan yang cukup ramai. Akan tetapi setelah itu, pelabuhan ini akan terasa sangat sepi.

·       Melihat sunrise di Pelabuhan Bintuni

Setelah kondisi sepi, Pelabuhan Bintuni akan menunjukkan keindahan lainnya. Di Pelabuhan Bintuni ini kamu bisa melihat keindahan alamnya. Keindahan alam akan makin menggiurkan saat matahari terbit. Nah, jika kamu bisa bangun pagi dan punya waktu untuk jalan-jalan. Pastikan kamu tidak melewatkan keindahan matahari terbit di teluk Bintuni ya!

Pelabuhan Bintuni memang merupakan salah satu pelabuhan yang mau tidak mau kamu kunjungi saat berada di Papua, terlebih saat kamu akan berkunjung ke Raja Ampat. Sayangnya meski pelabuhan ini merupakan pelabuhan yang cukup ramai, akan tetapi pelabuhan ini masih harus banyak mendapatkan perhatian.

Banyak yang menyatakan bahwa pelabuhan ini memiliki kondisi yang kurang layak sebagai satu-satunya pelabuhan yang beroperasi. Meski memiliki kondisi yang kurang pas untuk tempat wisata, tetapi teluk Bintuni, tempat Pelabuhan Bintuni ini berada merupakan salah satu bagian dari Papua yang tidak bisa dihindarkan. Nikmati apa yang ada dan mari berdoa supaya makin banyak perhatian yang diberikan pada pelabuhan ini.