in

Pecinta Pedas Wajib Cobain Nasi Ponggol Setan Ibu Kusniroh

Sumber Gambar : Google Maps @World Military Project

Sahabat Wisato salah satu pecinta pedas? Cocok banget nih cobain kuliner Tegal yang satu ini. Untuk sahabat Wisato yang tinggal di Tegal pasti tak asing lagi dengan ‘Nasi Ponggol Setan Ibu Kusniroh’. Dari namanya saja sudah menyeramkan ya!? Sebenarnya apa sih ponggol setan itu? Penasaran? Yuk kita lanjut dibawah ini.

Arti Dibalik Nasi Ponggol Setan

Sumber Gambar : Instagram @tegalculinary

Salah satu kuliner khas Tegal ini sangat populer. Tak hanya warga Tegal yang memburu, para wisatawan yang mampir ke Tegal pun tertarik untuk mencoba Nasi Ponggol. Nah, penjual Nasi Ponggol yang legendaris yaitu ‘Nasi Ponggol Setan Ibu Kusniroh’.

Nasi ponggol memiliki arti nasi yang dibungkus daun pisang dengan lauk sambal goreng tempe atau orek tempe pedas. Bagi orang Tegal, nasi panggol sudah menjadi makanan pokok dipagi hari, karena itu sudah menjadi kebiasaan orang-orang Tegal untuk sarapan pagi. Mereka yang malas menyiapkan sarapan pagi sendiri biasanya pergi membeli Nasi Ponggol ini.

Terdapat dua arti dari kata Nasi Ponggol ‘setan’ disini. Adapun karena sambal goreng tempe yang disajikan bersama nasi yang rasanya sangat pedas. Dan ada juga yang mengartikan jika Nasi Ponggol ini dijual hingga tengah malam. Karena biasanya Nasi Ponggol ini hanya dijual dipagi hari saja, tapi pada malam hari pun Nasi Ponggol masih banyak peminatnya.

Nasi Ponggol setan kerap disebut juga sebagai sega pongset. Tak susah untuk menemui Nasi Ponggol setan. Penjualnya kerap kali berjualan di pinggir-pinggir jalan. Di pedesaan sendiri, Nasi Ponggol jarang ditemukan dipagi hari, karena rasanya yang pedas hingga kurang nyaman disantap saat pagi hari dan bisa membuat perut kurang nyaman. Namun tetap ada beberapa orang yang menjualnya dipagi hari juga.

Ciri Khas Nasi Ponggol Setan Kusniroh

Sumber Gambar : Google Maps @Catharina Noni

Memang sudah banyak warung yang menjual Nasi Ponggol setan di Tegal. Tapi Nasi Ponggol Setan Kusniroh memiliki ciri khas sendiri dari Nasi Ponggol Setan lainnya. Terbukti banyak pengunjung yang memburu Nasi Ponggol Setan Kusniroh ini. Perbedaannya terletak pada sambal goreng tempenya. Sambel goreng tempe buatannya memang terkenal pedas. Cocok dilidah penggemar kuliner pedas.

Bahan-bahan yang digunakan pun menggunakan kualitas yang terbaik. Dalam pembuatan sambal goreng tempe yang khas ini, Kusniroh menggunakan daun sereh, bawang, salam, dan laos. Ditambah dengan terasi agar sensasi sambalnya lebih enak. Terasi yang digunakan juga terasi yang masih segar. Untuk tempenya sebelum dimasak, tempe dipotong-potong  dan dijemur dibawah terik matahari.

Varian Lauk Tambahan

Sumber Gambar : Google Maps @Iman Dwi Ananda

Karena biasanya lauk yang dihadirkan hanya berupa sambal tempe goreng, Kusniroh menambahkan beberapa lauk tambahan sebagai pendampingnya juga. Lauk tambahannya berupa bakwan goreng, ceker, ayam goreng, mie goreng, hingga rendang telur. Tak lupa keruk dan peyek teri sudah wajib jika menyantap nasi panggol setan ini.

Untuk harganya sendiri tergantung dari lauk apa yang sahabat Wisato pesan. Nasi Ponggol Setan Kusniroh jika makan ditempat satu porsinya dibandrol dengan harga Rp. 6.000 dan jika dibungkus seharga Rp. 5.000. Untuk penambahan lauk seperti telur rendang satu porsinya seharga Rp. 10.000 sedangkan menggunakan ayam goreng seharga Rp. 12.000. Masih aman dikantong bukan untuk makanan legendaris nan enak ini!?

Berbeda dengan warung Nasi Ponggol yang umumnya buka jelang malam hari, warung Nasi Ponggol Setan Kusniroh melayani pelanggan mulai dari pukuk 07.00 hingga 16.00. Jika tak ingin mengantre terlalu lama, sahabat Wisato bisa menghindari jam-jam makan siang, sebab warung Nasi Panggol Setan Kusniroh akan ramai pengunjung pada jam tersebut. Porsi yang jumbo ditambah dengan rasa yang legit dan harga yang murah meriah menjadi tawaran yang menggoda bagi perut yang kosong ini.

Sudah 15 tahun beliau menekuni usaha Nasi Ponggol ini. Dibantu oleh 10 karyawannya. Untuk lokasinya, sahabat Wisato bisa berkunjung di Jl. Kemuning No.01, Tegal. Nasi Ponggol Setan paling pas dinikmati dalam keadaan hangat. Rasa sambal goreng tempe yang manis, gurih, dan pedas menambah nikmatnya rasa nasi putih yang pulen. Hmmm…. Uenakkk!!!