spot_img

Pulau Keramat, Pulau Menawan yang Sama Sekali Tidak Mistis di Bolmut

Tahukah anda, daerah Bolaang Mongondow Utara sempat menjadi perbincangan hangat loh di sosial media. Apakah anda pernah mendengar sebelumnya nama daerah ini? Ya, memang jarang di ekspose, padahal kabupaten yang berlokasi di Sulawesi Utara ini punya banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan menarik. Ketidaksadaran inilah, dan baru terkespose sekarang hingga menjadikan Bolmut mendadak eksis.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sebuah tempat wisata yang mempunyai aura mistis kuat, namun sangat indah. Namanya yaitu Pulau Keramat. Pulau ini berlokasi di Desa Buko, tepatnya di Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Sumber: Instagram @bolmutpost

Aduh, dari namanya aja udah horror sekali, ya. Kedengarannya mungkin begitu, namun dibalik nama mistisnya itu pulau ini justru memiliki panorama yang sangat cantik dan menawan. Tidak percaya? Yuk, kita lihat potret Pulau Keramat di bawah ini sekaligus fakta menarik yang ada di dalamnya. Check this out.

Ada Makam Keramat

Pertama, kita bahas yang horror dulu, ya.

Konsisten dengan namanya, Pulau Keramat memang menyimpan cerita mistisnya tersendiri. Di pulau ini terdapat sebuah makam keramat. Dimana menurut cerita warga Bolaang Mongondow Utara, barang siapa yang menancapkan lidi atau pun kayu, dan jika setelah ditancapkan beberapa waktu kemudian ukurannya berubah menjadi panjang, maka sang penancap dipastikan akan berumur panjang.

Apabila anda penasaran dengan letak dimana makam keramat ini, maka bisa bertanya pada warga Bolmut. Jika sudah bertemu anda pasti akan menemukan banyak sekali lidi atau pun kayu yang tertancap disana.

Asal Usul Pulau Keramat

Penasaran tidak kenapa pulau ini dinamakan Pulau Keramat? Sebenarnya tidak ada cerita pasti akan asal usul penamaan tersebut, namun beberapa warga mengatakan bahwa dulunya ada sepasang suami istri yang tengah berlayar dengan layarnya yang terbuat dari tikar, mereka terdampar di pulau ini. Mereka terjebak dan akhirnya tinggal di pulau ini sampai kembali pada pangkuan sang pencipta. Dari cerita tersebut, akhirnya dinamailah pulau ini dengan sebutan Pulau Keramat.

Pesona Pulau Keramat

Sumber: Instagram @Pesonaid_travel

Pulau Keramat ini adalah pulau yang tidak berpenghuni. Kendati demikian, tetap aman dikunjungi dan tentu saja cocok bagi anda yang ingin merasakan liburan yang jauh dari keramaian dan ingin melihat surga yang tersembunyi.

Sumber: Instagram @milaaaas_

Di Pulau Keramat anda akan disuguhi dengan bentangan laut biru yang luas. Bukit yang berjejer rapi pun kian menambah eksotis pulau ini. Banyak sekali spot yang instagenik, dijamin akan memuaskan hasrat anda yang doyan sekali berfoto-foto. Anda bisa berfoto di atas bebatuan, tempat perahu bersandar, sambil duduk dekat pepohonan, melompat, berlari, lakukan sesuka anda, hihi. Pokoknya pati kamera anda tidak akan pernah kenal lelah dalam memotret.

Jangan lupa untuk membawa baterai cadangan atau power bank, ya. Tidak mau, kan, jika sedang asyik berfoto malah lowbat dan justru menghambat komunikasi? Jadi jangan sampai kelupaan dengan peralatan wajib ini, ya.

Sumber: Instagram @ayopelesiran

Deretan pohon kelapa, waru dan juga nusu semakin membingkai Pulau Keramat kian tidak mistis. Anda bisa berteduh disana sambil menyantap bekal makanan yang dibawa dari rumah. Ya, di pulau ini memang tidak ada yang berjualan. Mau tidak mau anda harus membawanya sendiri, atau membelinya sebelum menyebrang ke pulau dengan perahu.

Oh, ya, di lokasi ini sudah ada tangga juga beberapa gazebo. Jadi, sangat asyik jika ingin bersantai-santai sambil bercengkrama dengan teman, keluarga atau pun pasangan sambil menikmati semilir angin sepoi-sepoi.

Sumber: Instagram @glamazoid

Tidak ada biaya masuk yang akan dikenakan jika ingin menikmati Pulau Keramat. Benar-benar gratis. Anda hanya harus merogoh sedikit kocek untuk biaya naik perahu ke pulau ini. Harganya sekitar 350-500 ribu rupiah. Jangan khawatir harga yang ditawarkan pun masih tetap bisa didiskusikan dengan sang supir perahu.

Sumber: Instagram @jiagraphy

Demikianlah ulasan menarik tentang Pulau Keramat. Jika liburan panjang sudah menyongsong, maka mengunjungi pulau ini bisa menjadi alternatif kunjungan wisata yang menarik bagi anda. Akhir kata, semoga bermanfaat dan tunggu artikel tentang tempat wisata menarik lainnya di Indonesia hanya di wisato.id.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.