in

Pulau Kuala Ketapang, Pantai Dengan Air Tenang Yang Elok

Pulau Kuala Ketapang

Aceh ternyata menyimpan segudang surga dunia. Selain dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah, kekayaan alamnya yang ada di Aceh semakin membuat daerah yang berada di wilayah Barat Indonesia ini semakin memukau. Salah satu surga dunia di Aceh yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Pulau Kuala Ketapang.

Kuala Ketapang merupakan pulau yang berada di Aceh Tamiang. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika Aceh Tamiang merupakan gudangnya pantai indah di Aceh.

Salah satu pantai unggulannya adalah Pantai Kuala Ketapang yang berada di Desa sungai Iyu, Kecamatan Bendahara, Aceh Tamiang. Saking indahnya, Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Tamiang bahkan menargetkan pantai ini menjadi salah satu objek wisata utama di Aceh Tamiang.

Fakta Menarik Tentang Pulau Kuala Ketapang

Wisata bahari Indonesia memang tidak akan mengecewakan. Keindahan bawah laut Indonesia bahkan sudah terkenal secara mendunia.

Ada beberapa Kawasan di Indonesia yang namanya sudah sangat terkenal di kancah Internasional seperti Bali, Raja Ampat, Lombok, dan masih banyak lagi lainnya. Nah, salah satu yang terbaik diantara yang terbaik adalah Pulau Kuala Ketapang.

Kabupaten Aceh Tamiang berbatasan dengan Kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa, dan Selat Malaka di sebelah utara.

Sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Langkat dan Selat Malaka, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Gayo Lues di sebelatan selatan, dan Kabupaten Gayo Lues di sebelah Barat. Batas-batasnya inilah yang membuat pemandangan di Pulau ini sangat menakjubkan.

Kabupaten Aceh Tamiang ini dulunya adalah sebuah kerjaan dengan puncak kejayaan diraih pada saat kepemimpinan Raja Musa Sedia di 1330 – 1366 M.

Dengan luas wilayahnya sebesar 1.957,02 kilometer persegi, pulau ini memiliki 12 Kecamatan dengan jumlah penduduk Kabupaten sebanyak 294.356 jiwa. Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya dari Pulau Kuala Ketapang.

  1. Memiliki Pantai Yang Sangat Indah

Namanya saja Pulau, tentu akan memiliki pantai sebagai objek wisata unggulannya. Di Kuala Ketapang, kamu akan menjumpai sebuah pantai dengan nama yang sama. Pantai ini memiliki Panjang bibir pantai kurang lebih tiga kilometer.

Pemandangan pantai ini masih sangat asri dan alami. Akses menuju pnatai juga masih diperbaiki, jadi sudah sangat wajar jika pantai ini masih terkesan perawan dan dijuluki sebagai surga tersembunyi.

  1. Pemandian Gunung Pandan

Selain pantai Kuala Ketapang, salah satu objek wisata yang sangat wajib dikunjungi adalah Pemandian Gunung Pandan. Pemandian ini berada di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun.

Kamu akan dibuat betah sebab pemandangannya sangat indah dengan air sungai yang mengalir cukup deras. Sepanjang perjalanan menuju ke pemandian ini juga sangat menyenangkan, kamu akan ditemani dengan keindahan alam bernuansa segar dan sejuk.

  1. Bukit Kerang

Bukit ini merupakan sebuah situs dengan gundukan kulit kerrang atau remis dengan ketinggian mencapai 4,5 meter dengan luas 25×20 meter persegi. Bukit ini bisa kamu temui di tengah-tengah area perkebuunan kelapa sawit di Desa Masjid, Kecamatan Bendahara.

Bukit Kerang merupakan sebuah situs zaman peninggalan budata manusia purba zaman mezolithikum atau zaman batu pertengahan. Istilah lain untuk bukit ini adalah kjokkenmoddinger yang berarti sampah dapur sebab merupakan tumpukan sisa makanan manusia purba, terutama kerang.

  1. Kuliner Bubur Pedas

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas saat berkunjung ke Kuala Ketapang. Bubur pedas menjadi rekomendasi kuliner utama yang wajib kamu coba. Sesuai dengan namanya, bubur ini identik dengan rasa pedas.

Bubur ini menggunakan bahan-bahan seperti ubi kayu dan labu kuning sehingga manfaatnya untuk kesehatan sangat baik. Bubur ini bisa digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan dan menguatkan metabolisme tubuh.

  1. Tari Tradisional

Selain memiliki keindahan alam yang sangat menakjubkan, Pulau ini juga memiliki budaya dan tradisi yang memikat lho.

Salah satu tari tradisional yang bisa kamu jumpai disini adalah Tari Ula Ula Lembing. Tarian ini dilakukan dengan cara membentuk formasi lingkaran menyerupai ulat dengan Gerakan lincah dan dinamis. Tarian ini berjumlah 12 orang penari.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik yang bisa kamu jumpai di Pulau Kuala Ketapang. Selain mengunjungi pantainya yang sangat indah, kamu juga bisa memanfaatkan waktumu untuk mengunjungi objek wisata lainnya. Mencoba kuliner yang dijamin akan memanjakan lidah dan perutmu. Jadi, kapan kamu akan pergi ke Pulau menarik ini?

Geomedia - JFK 2022