in

Pulau Malelo, Si “Baby Island” Yang Tak Kalah Menggoda

Sumber Gambar: Instagram @acehtourismtravel

Keindahan alam di Indonesia sungguh tak pernah lekang oleh waktu. Mulai dari Sabang sampai Merauke masing – masing mempunyai keindahan alam yang berbeda -beda. Kali ini salah satu keindahan alam di Sabang yang bagi sebagian orang mungkin hanya mengenal wisata religi nya saja. Di Aceh ternyara terdapat banyak sekali wisata bahari mulai dari pulau, pantai, air terjun, sungai, air pemandian hingga danau yang semuanya sama-sama indah dipandang mata. Menurut data terpercaya luas perairan di Aceh mencapai 295.370 km2.

Kepulauan di Aceh banyak sekali jumlahnya dan rata – rata pasir pantainya bersih warnanya putih dan air lautnya pun jernih bak tak tersentuh tangan manusia. Salah satu kepulauan yang terkenal namanya Kepulauan Banyak. Kepulauan Banyak sendiri memiliki banyak sekali gugusan – gugusan pulau kecil maupun besar yang jumlahnya sekitar 99 pulau. Gugusan pulau tersebut beberapa belum berpenghuni bahkan tak pernah disentuh tangan manusia. Di Kepulauan Banyak terdapat satu pulau yang dapat kamu masukkan dalam wishlist liburan kamu yaitu Pulau Malelo.

 Pulau Malelo, Kepulauan Banyak

Pulau Malelo masuk dalam wilayah Kepulauan Banyak. Berbeda dari gugusan pulau yang lainnya, Pulau Malelo hanya merupakan pulau kecil yang tidak berpenghuni dan sampai saat ini belum ada fasilitas tertentu yang dibangun disana. Pulau ini bisa dibilang cukup kecil, ia hanya secuil dari ukuran gugusan Kepulauan Banyak lainnya. Pulau Malelo berupa daratan kecil ditengah laut dan luasnya hanya 15 meter X 5 meter saja hingga tak ayal pulau ini mendapat julukan “Baby Island” dari para travel agent dan pengunjung. Dulunya pulau ini bisa dibilang cukup luas namun akibat terkena gempa yang terjadi di Nias maka mengakibatkan sebagian daratan dari pulau ini lenyap.

Sumber Gambar: Google Maps @Reza Maulana

Walaupun pulau ini tergolong pulau kecil namun ketika berada disana kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih yang lembut, beberapa batang pohon kelapa yang meranggas dan kamu bisa menemui beberapa biota laut ditepian pulau. Berbeda dari pulau lainnya yang bisa kamu tempati untuk bermalam disini kamu hanya bisa melakukan beberapa aktivitas saja dan jarang sekali pengunjung berniat untuk bermalam disini.

Kegiatan Seru Di Pulau Malelo

  • Menunggu sunset

Sumber Gambar: Google Maps @Evgeny Efimov

Walau tak seluas pulau lainnya tetapi pulau ini adalah the best spot untuk menunggu sunset. Dari pulau ini kamu akan melihat jelas proses matahari terbenam dan langit jingga yang nampak indah

  • Duduk santai di atas pasir putih

Sumber Gambar: Facebook @museum Tsunami

Sambil menunggu sunset kamu bisa duduk – duduk santai atau bahkan tiduran telentang menghadap langit diatas hamparan pasir putih yang lembut. Kamu bisa merasakan suasana tenang dan damai disini. Cocok untuk kamu yang ingin self healing!

  • Spot foto keren ditemani burung camar

Sumber Gambar: travel.okezone.com

Sesampainya di Pulau Malelo kamu akan disambut dengan ratusan burung camar yang mendiami pulau ini. Kamu dapat berfoto dengan latar hamparan pasir putih bersama dengan burung camar. Jika kamu ingin menjadikan pulau ini untuk spot foto pra wedding nampaknya ide yang bagus loh!

  • Menyelam

Arus ombak yang tak begitu besar membuat pulau ini aman untuk kamu sambangi bersama si kecil sekaligus kamu bisa menyelam di lautnya loh! Kamu bisa membawa floaties cantik untuk kamu letakkan di atas air laut yang jernih di Pulau Malelo ini. Si kecil akan merasa aman selama berenang di laut karena tepian lautnya dangkal

  • Island Hopping

Sumber Gambar: aspek.id

Karena ukurannya yang mini maka tak banyak pengunjung yang berlama – lama menghabiskan waktu di pulau ini. Jika sudah cukup melakukan berbagai aktivitas disini dan mulai merasa bosan kamu bisa berpindah ke pulau – pulau lainnya (Island Hopping) yang lokasinya masih berada di area Pulau Banyak. Bagi beberapa pengunjung yang  memilih  untuk menggunakan jasa travel agent biasanya Pulau Malelo ini masuk dalam list kegiatan island hopping mereka guna memperkenalkan keindahan Malelo pada para pengunjung.

Perjalanan ke Pulau Malelo

Perjalanan menuju Pulau Malelo tak berbeda dari perjalanan ke gugusan pulau lainnya. Kamu harus memulai perjalanan dari Pulau Balai menaiki boat dan memakan waktu kurang lebih 3 jam menuju ke Pulau Malelo. Jika kamu melakukan perjalanan pribadi tanpa menggunakan jasa travel agent sebaiknya kamu memulai perjalanan dari pagi hari agar mempunyai banyak waktu mengeksplor pulau lainnya selain Pulau Malelo.

Geomedia - JFK 2022