in

Air Terjun Kedabuhan, Surga Cantik Di Balik Sebuah Hutan Lebat!

Sumber Gambar: Instagram @joel.jacko

Memiliki beragam budaya, adat istiadat serta jumlah provinsi yang banyak menjadikan Indonesia juga memiliki belasan ribu pulau. Hamparan pulau yang mempesona di Indonesia pastinya menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik asing maupun domestik dan hal ini menjadi kebanggaan bagi kita sebagai penduduk asli Indoneaia. Sebagian besar orang tak asing lagi ketika mendengar sederet nama destinasi wisata yang berada di Indonesia baik dari wisata alam, bahari, religi bahkan wisata kuliner. Ternyata jika kita mau membuka mata lebih lebar lagi setiap pulau di Indonesia memiliki wisata khas yang memiliki daya tarik berbeda-beda. Dari urusan nama, banyak destinasi wisata di Indonesia namanya sudah dikenal hingga kancah luar negeri namun ada banyak juga wisata yang belum sama sekali dikenal orang sehingga menjadi tanggung jawab kita untuk memperkenalkannya.

Kali ini destinasi wisata yang akan Wisato.id dipamerkan datang dari daerah dengan julukkan “Negeri Serambi Mekkah”. Di Aceh rata-rata potensi wisata bahari lah yang mendominasi mulai dari pantai, pulau, danau, sungai hingga yang jarang kita dengar yaitu keindahan air terjun nya.
Banyak sekali wisata air terjun terkenal yang berada di wilayah Aceh mulai dari Air Terjun Ceuraceu di Bireun, Air Terjun Putera Jaya di Simeulue, Air Terjun Beucari di Jantho, Air Terjun Blang Kolam di Aceh Utara dan masih banyak lagi. Semua wisata air terjun yang disebutkan diatas rata-rata menjadi tempat wisata unggulan bagi para pecinta air terjun di Aceh. Tapi kali ini kamu harus mencoba mengunjungi Air Terjun Kedabuhan di Kota Subulussalam yang tak kalah cantik dari deretan air terjun lain yang namanya sudah tersohor.

Air Terjun Kedabuhan

Air Terjun Kedabuhan namanya, air terjun yang berada di wilayah perbatasan antara Aceh dengan Sumatera Utara ini akan membawa pengunjungnya menikmati aliran air yang kencang. Air terjun ini tepatnya berada di Kota Subulussalam, kota yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil. Iklim di wilayah Subulussalam yang merupakan hutan hujan tropis dengan curah hujan tinggi tiap tahunnya tak ayal membuat cuacanya terasa dingin. Nama Kota Subulussalam sendiri tak sembarangan karena ternyata memiliki arti yaitu jalan menuju keselamatan serta merupakan negerinya para ulama dan dai. Sungguh sangat berarti ya!
Walau Subulussalam cuacanya dingin tak semata membuat luntur semangat warga sekitar bahkan wisatawan luar pulau Aceh untuk mengunjungi wisata air terjun yang terkenal disana.

Sumber Gambar: Google Maps @SadaKata Explorer

Air Terjun Kedabuhan menjadi primadona warga Subulussalam karena terkenal dengan arus airnya yang kencang dan debit airnya besar. Air terjun ini bermuara pada Sungai Lae Kombih, salah satu sungai yang terkenal di Subulussalam karena beberapa kali kerap memakan korban. Namun tak perlu khawatir karena selama kamu menaati protokol keamanan yang diterapkan oleh pengelola wisata air terjun maka kamu dipastikan aman.

Sumber Gambar: Instagram @ardyseti

Pengunjung harus memasuki wilayah Desa Jontor, Kecamatan Penanggalan tak jauh dari Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Air terjun ini berada satu area dengan Taman Hutan Raya (Tahura) Lae Kombih. Tak hanya sekedar menikmati indahnya percikan air dari Air Terjun Kedabuhan, pengunjung juga turut merasakan hawa sejuk dan dingin karena air terjun ini dikelilingi oleh kawasan hutan yang asri dan masih alami.

Kegiatan asyik di Air Terjun Kedabuhan

  • Berendam

Jika kamu sedang penat atau lelah setelah perjalanan jauh maka baiknya kamu merenggangkan kaki sambil berendam di bawah percikan air terjun ini

  • Berenang
Sumber Gambar: Google Maps @Mohamad Anwar

Banyak pengunjung yang tak mau menyianyiakan kesempatan untuk berenang di aliran air terjun hingga ke Sungai Lae Kombih yang menjadi muaranya. Namun jangan coba-coba untuk berenang tepat ke hingga pusarannya ya traveler!

  • Watersport
Sumber Gambar: Google Maps @SadaKata Explorer

Mencoba menguji adrenalin mu nampaknya adalah salah satu ide terbaik selama berada di air terjun ini. Aliran air yang kenceng terlihat lebih menarik jika kamu pergunakan untuk mencoba watersport misalnya rafting. Di kawasan air terjun ini sudah tak asing lagi bila pengunjung mencoba rafting. Untuk 1 perahu yang disewakan dapat menampung hingga 8 orang dan dikenakan biaya Rp 250.000 per orang sudah termasuk biaya makan siang.

  • Memancing

Kalau tak mau menjajal aliran air terjun tersebut kamu bisa sekedar memancing di sekitar muara air terjun tersebut yaitu Sungai Lae Kombih. Pengunjung yang sudah biasa memancing biasanya mendapatkan jenis ikan jurung.

  • Berswafoto dengan latar belakang air terjun
Sumber Gambar: Google Maps @SadaKata Explorer

Buat kamu yang tidak minat berbasah-basahan bisa sekedar berswafoto di bagian pinggir air terjun dengan latar belakang hutan, pepohonan rindang serta air terjun itu sendiri.

Perjalanan ke Air Terjun Kedabuhan

Sedikit info untuk menuju Air Terjun Kedabuhan ini medannya cukup sulit. Pengunjung harus berhati-hati karena dari gerbang utama menuju air terjun pengunjung harus turun dengan meniti ratusan bahkan anak tangga yang lumayan curam maka dari itu pastikan untuk memakai pakaian dan sepatu yang cocok untuk trekking.

Menuju ke kawasan air terjun ini memerlukan waktur sekitar 30 menit dari pusat kota Subulussalam dengan jarak tempuh 15 km. Nantinya selama perjalanan kamu akan merasakan 2 sensasi yang berbeda, pertama sensasi yang cukup menegangkan karena jalanan yang ditempuh naik-turun, berkelok dan ada beberapa persimpangan yang curam lalu disambut dengan sensasi yang damai karena sepanjang perjalanan kamu akan melihat panorama hutan dengan pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk.

Geomedia - JFK 2022