OUR NETWORK

Pulau Pari, Pulau Terbersih di Indonesia

Perlu diakui bahwa, pulau seribu masih menjadi surga yang tidak bisa tergantikan di kawasan Jakarta. Salah satu keindahannya bisa kamu temui di Pulau Pari. Pulau yang terkenal dengan kebersihannya tanpa adanya sampah sedikit pun menjadi alasan banyak orang datang kesini.

Sumber: Daftar Tour
Sumber: Daftar Tour

Sebelum mengunjungi kawasan ini ada satu hal yang harus kamu ketahui. Dimana, kamu wajib membawa kantong plastik dari rumah. Semua sampah yang kamu hasilkan wajib dibawa dan dilarang dibuang di area sekitar Pulau Pari. 

Mengenal Pulau Pari

Mungkin kamu bingung, mengapa kawasan ini disebut dengan nama Pulau Pari. Bagi kamu yang datang ke tempat ini dan membawa drone, maka cobalah lihat dari atas. Bentuknya mirip dengan ikan pari bukan?

Sumber: Instagram @eddielawanginting

Luasnya kurang lebih 43 hektar, dihuni oleh 700 warga. Sebelum seperti saat ini kawasan Pulau Pari digunakan sebagai tempat mencari ikan. Kemudian, dikembangkan sebagai kampung nelayan hingga akhirnya menjadi objek wisata yang mengesankan. Guna menjaga kebersihannya, pengunjung Pulau Pari dibatasi hanya 500 orang saja setiap minggunya. Disarankan bagi kamu yang ingin berkunjung pada momen tertentu seperti lebaran atau tahun baru harap pesan lebih dahulu. 

Panorama Pulau Pari

Sumber: Instagram @pulaupari_jakarta

Pulau Pari mempunyai berbagai macam pantai yang cukup mengesankan. Bibir pantainya juga cukup luas. Pasir putihnya tampak mempesona putih dan bersih. Kadang, di kawasan ini kamu bisa melihat kerang dan bintang laut.

Sumber: Instagram @pulaupari_jakarta

Kalau sudah sampai disini jangan lupa mengunjungi Bukit Matahari ya. Letaknya tidak jauh dari dermaga Pulau Pari. Kamu bisa melihat betapa menawannya matahari tenggelam dengan langit-langitnya yang berubah menjadi orange. Di bukit matahari pula kamu bisa camping dan menikmati pesta api unggun atau juga barbeque, sembari melihat milky way yang sangat menarik.

Salah satu daya tarik dari kawasan ini adalah adanya air tawar. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak tanaman dan pepohonan yang tumbuh disini. Ada jambu, srikaya, mangga, dan rambutan yang bisa kamu nikmati. Panorama lain yang harus kamu perhatikan adalah di Pulau Pari tidak ada satupun signal yang bisa didapatkan. Jadi, jangan harap kamu bisa upload atau berhubungan dengan dunia maya.

Sumber: Instagram @eddielawanginting

Jangan lupa untuk menikmati berbagai sajian hidangan laut yang sangat nikmat. Sajian khasnya adalah landak laut yang mempunyai cita rasa yang super nikmat. Disini kamu juga bisa melihat para petani rumput laut yang biasa dimanfaatkan untuk jajanan asinan berupa rumput laut, cumi-cumi dan buah ciremai

Watersport

Bukan Pulau Pari namanya bila tidak menikmati wahana watersport yang banyak tersedia disini. Kamu bisa menikmati dunia bawah lautnya dan melihat berbagai karang serta ikan-ikan yang menarik.

Sumber: Instagram @pulaupari_jakarta

Ada juga perahu nelayan yang sedang menganggur yang bisa disewa untuk berkeliling ke seluruh kawasan pulau pari. Harganya Rp50 ribu saja. Selain itu, kamu juga masih bisa menikmati banana boat, donat, dan kano.

Perjalanan ke Pulau Pari

Perjalanan menuju ke Pulau Putri sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa memilih mengawalinya dari dermaga mana. Bisa dari Ancol dengan harga Rp300 ribu waktu tempuh hanya 1,5 jam saja. Tetapi bagi kamu yang ingin menikmati setiap perjalanannya, kamu bisa naik kapal tongkang atau fery dengan harga Rp50 ribu. Waktu tempuhnya bisa mencapai 3 jam.

Penginapan

Di Pulau Pari sendiri ada beberapa penginapan yang bisa kamu pilih. Bahkan, rumah-rumah warga juga bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk menginap lho. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 300 ribu saja.

Kesimpulan

Sumber: Instagram @pulau_pari_fun

Waktu terbaik mengunjungi pulau pari adalah bulan desember hingga Maret. Dimana matahari berada di bagian bumi selatan. Sehingga, panorama matahari akan tampak sempurna. Selain itu, warga sekitar juga sangat ramah lho. Mereka seperti saudara sendiri, tetapi jangan sampai kamu lupa menghafal nomor rumah ya. Karena, kawasan ini seperti sebuah labirin yang membuat kamu salah rumah lebih baik hafalkan jalannya saja .

Pulau Pari adalah salah satu contoh dan bukti bahwa sampah adalah masalah utama yang harus ditanggulangi. Semakin banyak sampah kawasan ini tidak akan semenarik ini. Jadi, yuk kunjungi Pulau Pari dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan pulaunya yah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…