in

Tembeling Water Spring – “Hidden Gem” di Nusa Penida

Sumber Gambar: @erickfrds
Melipir sedikit tak jauh dari Pulau Bali ada serangkaian pulau kecil yang didalamnya memiliki keindahan alam tidak kalah dengan Bali. Serangkaian pulau kecil ini dikenal dengan nama 3 Nusa yang terdiri dari Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida sebagai pulau yang paling besar dari ketiga nusa tersebut. Nusa Penida kini mulai terangkat keberadaannya hingga akhirnya banyak di datangi wisatawan domestik hingga wisatawan mancanegara dan kebanyakan dari mereka sudah berkali-kali datang ke Nusa Penida karena takjub dengan isinya.
Di Nusa Penida banyak sekali wisata bahari dan didominasi oleh keindahan pantainya yang berpasir putih serta air laut jernih berwarna biru nampak seperti dilukisan tetapi kali ini Wisato.id tidak akan mengajak kamu pergi ke pantai lagi tetapi ke sebuah sumber mata air yang cantik bernama Tembeling Waterspring. Penasaran kan seperti apa tempatnya? Yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

Tembeling Waterspring Nusa Penida

Sumber Gambar: Google Maps @Muthuraja S
Tempat wisata yang satu terlihat unik dan menarik yang dimana biasanya sebuah sumber mata air dialirkan hingga membentuk sebuah pancuran atau disebut air terjun maka berbeda dengan Tembeling Waterspring. Tembeling Waterspring adalah berbentuk sebuah kolam kecil yang airnya berasal dari sumber mata air asli. Keberadaan waterspring ini berdekatan dengan sebuah pantai namun air yang mengisi kolam spring ini bukan air asin melainkan air tawar, inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan Tembeling Waterspring! Ukuran kolam ini tidak terlalu besar namun kedalamannya lebih dari 2 meter sehingga tidak disarankan untuk membawa si kecil berenang kesini namun ada 1 area kolam lagi yang lokasinya tak begitu jauh dari kolam dewasa sehingga bisa kamu datangi ketika membawa si kecil karena kedalamannya < 150 cm.
Sumber: Instagram @neus_estrany
Kolam waterspring ini berada di dalam hutan dan sekeliling kolam ini terdapat tebing-tebing tinggi yang dimana kamu bisa naik ke atasnya melalui beberapa anak tangga untuk mencoba sensasi lompat dari atas tebing ke dalam kolam renang. Air di kolam ini benar-benar jernih warnanya kehijauan, tepat disamping kolam terdapat beberapa pancuran air buatan yang bisa digunakan untuk bilas. Fasilitas lain misalnya wc umum belum ada di area kolam ini karena kolam spring ini benar-benar berada tersembunyi dibalik tebing dan tepat di depan Pantai Tembeling namun ada pedagang yang berjualan makanan ringan dan minuman di area ini.
Sumber Gambar: weseektravel.com
Selain berenang dan menikmati kesegaran dari mata air ini biasanya para pengunjung juga mengabadikan moment dengan berfoto berlatar kolam ini, biasanya spot terbaik yakni di tengah kolam dengan cara si fotografer mengambil foto dari sisi atas tebing. Untuk biaya tiket masuknya sejauh ini tidak dipatok harganya namun kamu hanya diminta untuk memasukan uang secara sukarela (donasi) ke dalam sebuah kotak yang berada tak jauh dari lahan parkir tepatnya sebelum kamu menuruni ratusan anak tangga untuk tiba ke area kolam spring ini.
Sumber Gambar: tournusapenida.co.id
Sebaiknya kamu datang lebih pagi agar bisa menikmati kolam dalam keadaan sepi dan bisa berfoto lebih lama, jam operasional Tembeling Waterspring sebenarnya 24 jam namun sebaiknya kamu datang antara jam 7 pagi hingga 4 sore karena untuk menuju kesana kamu harus melewati jalanan yang kurang memadai sehingga kamu butuh penerangan.

Akomodasi ke Tembeling Waterspring

  • Perjalanan pribadi

Perjalanan ke Tembeling Waterspring hanya bisa kamu lalui dengan motor saja karena medannya cukup sulit dan jalanannya sempit (setapak) maka baiknya kamu melalukan perjalanan pribadi tanpa agent tour. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menuju ke Tembeling Waterspring, Nusa Penida :
  1. Dari Pelabuhan Sanur Bali kamu harus memilih penyebrangan menuju ke Nusa Penida tepatnya Pelabuhan Toya Pakeh dengan fastboat, cukup siapkan uang mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 100.000 per orang untuk 1 kali penyebrangan. Untuk jam penyebrangannya sendiri biasanya dimulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.
  2. Menyebrang dari Pelabuhan Sanur ke Pelabuhan Toya Pakeh memakan waktu 30 menit dengan fastboat.
  3. Setibanya di Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida, kamu bisa menyewa motor terlebih dahulu harganya mulai dari Rp 70.000 per hari untuk 1 motor.
  4. Setelah sewa kendaraan maka lanjutkan perjalananmu menuju ke Tembeling Waterspring di Batumadeg sejauh 18km selama 40 menit, kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps dengan keywoard “Tembeling Springs”.
  5. Memasuki wilayah desa dimana Tembeling Waterspring ini berada maka berhati-hatilah karena jalanannya belum beraspal dan penuh bebatuan serta sempit.
  6. Sampai diujung jalan nantinya kamu akan melihat ada banyak sekali motor yang parkir dijalanan setapak, disitulah kamu bisa ikut memarkirkan kendaraan lalu berjalan lagi menuruni ratusan anak tangga untuk bisa sampai ke waterspring ini.
  • Menggunakan jasa agent tour

Sebenarnya destinasi wisata ini adalah sebuah “hidden gem” di Nusa Penida sehingga tak banyak orang yang mengetahuinya dan rata-rata agent tour tidak  tidak memasukkan wisata ini pada list mereka. Untuk menyiasati hal ini maka kamu perlu menyampaikan kepada agent tour untuk memasukkan waterspring ini pada agenda liburan mu sehingga nantinya agent tour bisa mengatur waktu seefisien mungkin.
Geomedia - JFK 2022