in ,

Temukan Banyak Mata Air, Pilihan Wisata Unik Desa Sesaot

Sumber Gambar: Google Maps @Miqdad Maulana

Desa Sesaot merupakan salah satu desa wisata yang ada di nusantara. Desa ini tepatnya berada di Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Desa Sesaot merupakan salah satu desa dari 16 desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Narmada.

Desa wisata Sesaot berhasil menyabet nominasi 50 besar desa wisata dalam salah satu ajang bergengsi. Ajang tersebut adalah Anugerah Daerah Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021 yang diadakan oleh Bapak Sandiaga Uno. Bapak Sandiaga Uno merupakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Bapak Joko Widodo selaku presiden RI saat ini.

Bukan main desa wisata Sesaot berhasil mengalahkan 1.832 peserta  desa wisata dari seluruh Indonesia. Sementara, khusus untuk Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terdapat 91 Desa Wisata yang mendaftar dalam ADWI tahun 2021. Selain Desa Sesaot juga terdapat Dewi Sanankerto yang berhasil masuk ke dalam nominasi 50 besar desa wisata ini. Selamat untuk ke 50 Desa Wisata yang telah terpilih!.

Mengenal Lebih Dalam Desa Sesaot

Desa Sesaot terletak di tepi hutan kawasan yang memberikan dampak positif untuk desa ini berupa banyaknya mata air. Salah satu dari mata air ini dikelola oleh masyarakat dan pemerintah setempat menjadi tempat wisata. Mata air ini sering disebut dengan PUREKMAS ( Pusat Rekreasi Masyarakat).

Untuk sahabat wisato yang sudah sangat jenuh karena pandemic covid-19, silahkan menjadikan desa ini sebagai tujuan wisata. Desa ini sangat layak kalian jadikan tujuan wisata di masa pandemi bukan karena opini publik saja. Melainkan desa ini sudah mendapatkan sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety and Environment) dari Kemenparekraf.

Terdapat banyak sekali destinasi wisata yang ditawarkan oleh Desa Wisata Sesaot. Destinasi tersebut  antara lain: Wisata Air Tangga, Kolam Pemandian Untuk Dewasa & Anak-anak, Rumah Pohon, situs budaya, Kuliner. Lalu ada Taman Miring, Camping Ground Vetong Hill dan Bukit Khasri.

Sumber GAmbar: Google Maps @Hapreza

Menilik jauh didalam kawasan hutan sesaot terdapat sejumlah air terjun diantaranya Air Terjun Tibu Sendalem, Air Terjun Tembiras dan Air Terjun Tibu Goa. Sebagai penunjang Pariwisata, Desa Wisata Sesaot Juga Memiliki UMKM / Kelompok Home Industri. Kelompok ini juga berperan aktif untuk mengembangkan potensi yang dimiliki desa guna menunjang perekonomian. Diantaranya KUBE “Waroh Maju Bersama”, Kelompok Gula Aren “Pade Girang” Dll. Selain itu bagi wisatawan yang ingin menginap di Desa Wisata Sesaot juga sudah tersedia Sejumlah Home Stay. Homestay ini dengan memanfaatkan lahan / rumah  masyarakat.

Air Terjun Di Desa Sesaot

Sumber Gambar ; travelingyuk.com

Salah satu air terjun yang bisa dikunjungi terletak di Dusun Aik Nyet, Desa Sesaot, Kabupaten Lombok Barat. Pengunjung wajib membayar tiket masuk yang sangat murah meriah yaitu Rp 5.000 sudah termasuk bea parkir. Untuk kendaraan kalian tidak perlu khawatir karena sudah ada petugas keamanan khusus yang akan menjaganya. Untuk ke air terjun ini sahabat wisato bisa memilih jalur alternatif. Pilihlah jalur dari Narmada dan Lingsar. Jalur ini hanya memakan perjalanan sekitar 20 menit dari Makassar.

Sumber Gambar: Google Maps @johan wahyudi

Ketika tiba di gerbang awal destinasi ini kalian akan berjalan kaki dan melewati jalur pinggiran sungai yang berbatu dan licin. Sebaiknya sahabat wisato menggunakan pakaian yang ringan dan alas kaki yang bersahabat serta datanglah di musim hujan namun cuaca cerah. Agar perjalanan mulus dan air terjun yang terlihat dengan debit air yang sangat deras dan indah.

Setelah berjalan setengah perjalanan, sahabat wisato akan berhadapan dengan jembatan bambu tanpa pegangan. Sebaiknya kalian benar-benar menjaga kewaspadaan saat melewatinya. Jembatan ini terbilang kokoh karena belum ada laporan jika terjadi kecelakaan dengan patahnya jembatan bambu saat dilewati wisatawan.

Setelah melanjutkan perjalanan kembali, barulah sahabat wisato akan berjumpa dengan Air Terjun Sesaot. Air Terjun yang sedap dipandang dan sejuk dirasa. Kalian bisa melatih kemampuan berenang kalian di sungai tempat air terjun jatuh. Namun hindari untuk berenang tepat dibawah titik jatuhnya air terjun. Karena ini sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kalian tenggelam.

Untuk sahabat wisato yang tidak ingin berenang kalian bisa berfoto ria mengabadikan momen. Kalian juga bisa bermain air di pinggiran sungai saja sambil menjaga barang bawaan teman ataupun keluarga yang sedang berenang.