in

3 Jenis Wisata Berpadu di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung

Sumber Gambar: Google Maps @Bali Elephant Camp

Badung merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bali, Indonesia. Secara astronomis Kabupaten Badung terletak pada 08 14’ 01” – 08 50’ 52” Lintang Selatan dan  115 05’ 03” – 115 26’ 51” Bujur Timur. Kabupaten ini terdaftar dengan banyaknya desa yang menjadi tempat wisata. Salah satu desa itu adalah Desa Wisata Carangsari.

Desa Wisata Carangsari terletak di Kecamatan Petang. Selain terkenal sebagai desa wisata, desa ini juga terkenal sebagai tempat asal salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Pahlawan tersebut adalah I Gusti Ngurah Rai  (30 Januari 1917 – 20 November 1946) seorang Brigadir Jenderal TNI ( Anumerta).

Sebenarnya desa ini sudah cukup lama ditetapkan sebagai desa wisata yaitu pada tahun 2010 oleh Bupati Badung. Tidak main-main Desa Carangsari merupakan salah satu nominasi dari 50 besar ADWI ( Anugerah Desa Wisata Indonesia) tahun 2021. Selamat kepada Desa Carangsari.

Banyak sekali aneka wisata yang disajikan oleh desa ini. Dari wisata alam, wisata budaya dan wisata buatan. Serta ada juga olahan kuliner yang dapat sahabat wisato jadikan buah tangan. Baiklah sahabat wisato, sekarang tiba waktunya kita ulas ketiga jenis wisata di desa ini!.

1. Wisata Alam Desa Carangsari

Ada beberapa wisata alam yang sangat memanjakan mata jika kalian mengunjungi Desa Wisata Carangsari. Antara lain adalah sebagai berikut:

a. Carangsari Village Cycling

Sumber Gambar: Google Maps @Made Witana

Selaras dengan namanya. Kegiatan ini mengajak kita bersepeda santai mengelilingi Desa Carangsari melewati spot-spot yang unik selama 2 jam. Rute awal kalian akan melewati persawahan dan pedesaan menuju Desa Carangsari. Sebelum memulai perjalanan kalian akan diberikan pengarahan keamanan dan dipersilahkan menikmati minum teh di pagi hari. Selanjutnya ditengah perjalanan akan berhenti di beberapa spot terbaik untuk mengabadikan momen dengan berfoto. Kalian pun diperbolehkan bercengkrama dengan penduduk lokal. Terakhir kalian akan disiapkan makan siang. Temanya santap siang sambil menikmati pemandangan Ubud yang sangat menyejukkan mata.

b. Lekaja Adventure

Sumber Gambar: Google Maps @발리Hulk

Lekaja Bali Adventure terletak di Jl. Tukad Penet IV Jemeng, Samuan Kawan No.Road, Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali 80353. Wisata ini terkenal dengan dua spot wisata alamnya, yaitu Lekaja Swing dan Arum jeram.

Lekaja Swing menawarkan wisata alam yang menantang adrenalinmu. Bagaimana tidak kalau kamu disuruh berayun dari tebing yang tinggi untuk menikmati pemandangan alam di bawahnya. Indah-indah menakutkan bukan!. Disini juga menyediakan permainan arum jerang yang akan menguji kekompakan kelompok kalian.

2. Wisata Buatan Desa Carangsari

Selain kaya dengan wisata alam yang terlalu panjang jika kita sebutkan satu persatu. Selanjutnya ada wisata buatan yang tidak kalah banyaknya. Tersedia hanya untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung ke desa ini. Yuk kita simak bersama!

a. Alam Tirta Outbound

Sumber Gambar: Google Maps @Alit Saskara

Beralamat kan Banjar Samuan Kangin Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali 80353. Alam Tirta Outbound menyediakan berbagai macam permainan outbound yang sangat menantang untuk sahabat wisato sekalian. Mereka buka setiap hari dari jam 09.00 sd 17.00 WITA.

b. Bali Elephant Camp

Sumber Gambar: Google Maps @Bali Elephant Camp

Sesuai dengan namanya, tempat ini menyediakan layanan wisata bermain dengan gajah. Kalian bisa menaiki gajah, memberi makan sampai membelai belalainya yang panjang. Iya di tempat ini juga terdapat 3 beruang yang bisa kalian lihat juga keeksotisannya. Tempat asik ini dapat kalian kunjungi setiap hari di jam 09.00 sd 15.00 Wita. Beralamatkan di Banjar Samuan Kangin Desa Carangsari, Kecamatan Petang, Carangsari, Petang, Kabupaten Badung, Bali 80353.

3.  Wisata Budaya Desa Carangsari

Untuk wisata budayanya Carangsari benar-benar kelimpahan budaya. Setidaknya ada enam wisata budaya yang disajikan. Seperti Monumen I Gusti Ngurah Rai, Kampung Nyama Toko, Pura Puseh Kangin Carangsari, Tari Topeng Tugek, Tarian Maskot Carangsari dan Puri Agung Carangsari. Baiklah kita akan simak beberapa saja ya sahabat wisato!.

a. Monumen Pendaratan I Gusti Ngurah Rai

Sumber Gambar: Google Maps @Aji Abiyoga

I Gusti Ngurah Rai merupakan Pahlawan Nasional Indonesia. Beliau merupakan Jenderal TNI yang gugur di medan perang. Pahlawan yang gagah berani ini merupakan asli orang Bali dan berasal dari Desa Carangsari. Sehingga dibuatnya Monumen I Gusti Ngurah Rai sebagai penghargaan untuk perjuangan beliau sungguh belum ada apa-apanya.

Monumen Ini terletak di pinggir pantai. Jadi selain bisa melakukan wisata budaya, sahabat wisato juga bisa melakukan wisata alam disini. Kalian bisa menikmati sunset dan sunrise  yang menawan hati setiap pandangan.  Monumen ini buka setiap hari dan 24 jam. Bagi kalian yang ingin berkunjung kesini langsung saja ke Jl. Pantai Medewi, Pekutatan, Kec. Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali.

b. Kampung Nyaman Toko

Nyama Toko adalah nama khusus penduduk keturunan Tionghoa yang tinggal di Carangsari dan diberikan oleh masyarakat Desa Carangsari. Disini kalian bisa melihat jejak-jejak industri perdagangan yang pernah menggeliat dan berkembang dengan pesat digeluti oleh warga keturunan China.