in

WAKATOBI – Empat Pulau Yang Indahnya Tak Kalah Dengan Pulau Dewata

Sumber Gambar : Instagram @wakatobi_resort

Indonesia adalah Negara Kepulauan yang tentu saja memiliki begitu banyaknya pulau, menurut data yang diambil dari Kementrian Kelautan dan Perikanan ( KKP ) pada tahun 2017 secara resmi Indonesia mengklaim 2.590 pulau baru yang sudah memiliki nama ke Perserikatan Bangsa – bangsa ( PBB ), sehingga pulau Indonesia yang sudah memiliki nama menjadi 16.056 pulau.

Dengan begitu banyaknya pulau yang dimiliki oleh Indonesia maka tidak heran dan aneh, kalau Indonesia memiliki wisata Bahari yang banyak dan indah. Akan tetapi masih banyak wisata bahari dari Indonesia yang sepertinya belum tersentuh oleh para developer baik itu swasta atau pemerintah.

Dari begitu banyaknya wisata bahari yang bisa Indonesia tawarkan kedunia hanya Pulau Dewata Bali yang benar – benar bisa “Go Internasional”, hal ini pun yang kemudian menjadi kekhawatiran pemerintah melalui Kementrian Pariwisata. Untuk mengenalkan wisata bahari Indonesia lainnya pemerintah melalui Kementrian Pariwisata membuat 10 Destinasi Prioritas atau lebih sering dikenal dengan 10 Bali Baru.

10 Bali Baru ini dibuat oleh Kementrian Pariwisata agar lebih banyak yang menyadari kalau Indonesia memilki lebih banyak lagi wisata bahari untuk ditawarkan, baik itu kepada wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Salah satunya adalah Pulau Wakatobi yang berada di Sulawesi Tenggara.

Dimanakah Pulau Waktobi ?

Sumber Gambar : Instagram @amalhermawan

Wakatobi sendiri sebenarnya bukan merupakan satu pulau utuh tetapi singkatan untuk empat pulau yang berdekatan. Keempat pulau itu bernama Wangi – wangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko. Tiap pulau dapat ditempuh menggunakan boat selama 3 sampai 4 jam.

Untuk menuju Wakatobi, membutuhkan waktu sekitar tiga jam penerbangan apabila melalui Bandara Soekarno – Hatta, Jakarta menuju ke Kendari yang kemudian kembali melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat kecil selama 40 menit menuju ke Bandara Matahora di Pulau Wangi – wangi.

Keindahan Dan Kegiatan Yang Ditawarkan Wakatobi

Sumber Gambar : Instagram @wakatobi_resort

Ketika sahabat Wisato berkunjung ke Wakatobi maka kalian akan disuguhkan dengan keindahan alam bawah lautnya yang begitu indah. Di tambah dengan jumlah spesies ikan yang begitu beragam dan juga spesies koral yang melimpah.

Dari laman resmi website Kementrian Pariwisata, disebutkan kalau Wakatobi memiliki 942 spesies ikan dan juga dari total 850 spesies koral yang ada di seluruh dunia Wakatobi memiliki 750 diantara. Bayangkan betapa indah dan kayanya alam bawah laut Wakatobi ini.

Sumber Gambar: Google Maps @Randolfo Santos

Jadi tidak aneh kalau wisata di Wakatobi ini berhubungan dengan alam bawah laut mau itu snorkling ataupun diving. Setiap pulau di Wakatobi ini memliki banyak sekali spot diving yang sama indahnya, seperti Pulau Wangi misalnya punya 20-an, Pulau Tomia punya lebih dari 40 dan Pulau Kaledupa punya lebih dari 10. Hanya Binongko saja yang kurang pengunjungnya di karenakan dari keempat pulau itu Pulau Binongko yang paling jauh. Akan tetapi banyak dari spot diving yang disebutkan bisa digunakan untuk untuk snorkelling di karenakan dari atas saja terumbu karangnya sudah terlihat dengan jelas.

Saran Dan Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung

Sumber Gambar: Google Maps @Randolfo Santos

Untuk sahabat Wisato yang berkunjung ke Wakatobi dan melakukan kegiatan snorkelling ataupun diving dihimbau untuk berhati – hati, karena berada didekat palung kadang akan ada arus yang kuat sehingga kalau tidak berhati – hati kalian bisa terbawa arus. Jadi selalu perhatikan keadaan sekitar ya!

Disarankan juga, sebaiknya para sahabat Wisato yang ingin berkunjung ke Wakatobi sebaiknya memiliki Diving License atau Lisensi Selam. Tidak harus sih memang, tapi dengan adanya Lisensi itu kalian akan lebih puas menikmati keindahan alam bawah laut Wakatobi ini. Walaupun sebenarnya melakukan aktivitas Snorkeling juga sudah sangat menyenangkan juga.

Waktu terbaik ke Wakatobi adalah pada bulan September sampai Desember. Karena laut sedang tenang sehingga kalian bisa menikmati alam Wakatobi sepuas kalian.

Akomodasi Yang Masih Belum Begitu Banyak

Sumber Gambar : Instagram @wakatobi_resort

Untuk akomodasi seperti penginapan memang belum terlalu banyak. Baru ada beberapa losmen, homestay apalagi resort. Untuk resort sendiri di Wakatobi jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Kalau soal harga dimulai dari harga yang 300 ribuan hingga jutaan harganya tergantung kemampuan kalian. Pulau yang paling banyak dikunjungi para wisatawan adalah Pulau Wangi – wangi yang kemungkinan dikarenakan jaraknya yang paling dekat.

Jadi jangan lupa untuk memasukan Pulau Wakatobi ke Bucket List kalian ya !