in

Wisata Hiu Paus, Disini Kamu Bisa Lihat Hiu Paus, Satwa yang Dilindungi

Sumber Gambar: coolturnesia.com

Ikan hiu menjadi salah satu hewan yang paling ditakuti di lautan. Penciumannya yang tajam membuat semua orang merasa takut berada di dekatnya. Tetapi, apa jadinya bila Hiu Paus menjadi salah satu objek wisata Unggulan di Gorontalo. Pernah kebayang berenang bersama dengan mereka?

Kalau tidak, berarti kamu harus mengunjungi wisata Hiu Paus yang ada di perairan Botubarani. Rasanya memang membuat jantung kamu berdetak sangat kencang. Tetapi, rasakan pengalaman baru yang menarik dan seru disini. Penasaran, mari kita melanjutkan penjelajahannya di bawah ini.

Tentang Wisata Hiu Paus

Sumber Gambar: mongabay.co.id

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata ini. Kamu harus bersabar karena tidak bisa setiap hari dan setiap bulan kamu bisa menikmati wahana ini. Biasanya hanya pada bulan Mei dan Juni saja. Hal ini membuat banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara datang berbondong-bondong ke tempat ini.

Untuk bisa melihat wisata unggulan Gorontalo ini, kamu bisa menggunakan perahu bercadik yang bisa ditunggangi oleh dua orang saja. Banyak tidaknya hiu paus yang merupakan hewan yang dilindungi ini memang berbeda-beda. Terkadang ada satu bahkan pernah mencapai 33 ekor lho, cukup mengesankan bukan.

Sumber Gambar: mongabay.co.id

Tidak hanya pada bulan mei dan juni saja. Hiu Paus juga tidak akan muncul di saat bulan mati. Hal itu dikarenakan, saat bulan mati ikan nike yang jadi makanan favoritnya tidak terlihat di tempat ini. Mereka akan bergeser ke tempat yang banyak ikan nike.

Waktu terbaik untuk menyaksikan wisata Hiu paus ini lebih baik pada pagi hari atau tetap berada di atas perahu. Perairan Botubarani sering kali keruh lantaran hujan yang lebat sering datang yang membuat sungai-sungai akan mengalir melalui pelabuhan Gorontalo yang sering membawa air keruhnya ke Botubarani.

Sumber Gambar: cnnindonesia.com

Hiu Paus yang terlihat di tempat ini mempunyai ukuran kurang lebih 4 meter. Jangan sampai menyentuhnya ya, cukup di foto saja dari atas perahu. Untuk harga sewa perahu mulai dari 15 ribuan saja lho. Menariknya lagi, nelayan disini sudah dibekali dengan ilmu pengetahuan lho. Dimana, mereka akan menyediakan beberapa bungkus kulit udang yang dijual dengan harga 10 ribu rupiah saja.

Cara Menuju ke Lokasi

Sumber Gambar: Instagram@fatturrachman

Objek wisata ini terletak di Kecamatan kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Kamu bisa mengunjungi objek wisata ini dengan menempuh jalur Bandar Djalaludin terlebih dahulu. Dari tempat ini menuju ke pantai membutuhkan waktu 1 jam 20 menit.

Perjalanan yang berkelok dengan jalanan yang tidak terlalu lebar. membuat kecepatan kamu hanya maksimal 40 kilometer per jam saja. Biasanya, banyak wisatawan yang datang dan berkunjung ke tempat ini. Jadi, kemacetan tidak bisa dihindarkan.

Kamu juga bisa menggunakan Pelabuhan Gorontalo sebagai pintu masuk. Walaupun, kamu harus lama terkatung-katung diatas laut karena, waktunya bisa mencapai 4 hari 3 malam. Tetapi, dari pelabuhan ini menuju ke objek wisata hanya 15 menit saja lho.  

Dari segi harga keduanya juga cukup jauh. Bila menggunakan pesawat kamu harus merogoh kocek kurang lebih 2 jutaan. Dengan estimasi waktu dari Jakarta menuju ke lokasi hanya 5 jam sampai 7 jam saja. Bila menggunakan kapal, estimasi biayanya mencapai 1 jutaan. Dimana waktunya bisa mencapai 4 hari 3 malam. Bagaimana kamu mau pilih yang mana?

Pantai Botubarani

Sumber Gambar: liputan6.com

Selain bisa menikmati Jiu Puas, kamu juga bisa menikmati Pantai Botubarani yang mengesankan lho. Pasir putihnya memang membuat kamu terkesan dan bila kamu takut pergi ke sana. kamu bisa menikmati pasir ini dan melihat begitu banyaknya perahu kecil yang instagramable.

Di tempat ini kamu juga bisa melihat bagaimana indahnya matahari terbenam yang begitu romantis dengan langit senjanya. Langit biru, berubah menjadi orange dengan berbagai macam siluet nan mengesankan. Jadi, jangan sampai kamu melewatkan semua momen manis ini ya.

Kesimpulan

Wisata Hiu Paus Pantai Botubarani menjadi sajian kelas Internasional yang memang mengesankan.  Tidak hanya bulan mei atau juni saja, terkadang Hiu Paus juga muncul di bulan Januari. Sayangnya, ikan nike yang membuat Hiu Paus perlahan mulai menghilang karena, banyaknya limbah. Jadi, tetap jaga kebersihan ya. Agar semakin banyak Hiu Paus yang datang ke tempat ini.