in

Wisata Pantai Plengkung – Destinasi Wisata Banyuwangi Yang Sudah Go Internasional

Sumber Gambar: webuana.com

Menghabiskan waktu liburan di Kota Banyuwangi memang selalu menyenangkan terutama buat kalian yang suka menghabiskan waktu liburan di sebuah lokasi wisata alam, kalian akan menemukan cukup banyak lokasi wisata dengan pemandangan alam yang sangat indah. Salah satu lokasi wisata yang sangat populer di Kota Banyuwangi adalah sebuah pantai bernama Pantai Plengkung yang selalu ramai dikunjungi oleh para turis mau itu dari turis lokal, dari luar Kota Banyuwangi dan bahkan dari luar negeri.

Sumber Gambar: destimap.com

Lokasi wisata Pantai Plengkung ini sangat digemari oleh para wisatawan terutama bagi mereka yang senang dengan aktivitas Surfing atau Berselancar, tidak mengherankan karena Pantai Plengkung sendiri merupakan pantai yang digunakan untuk Event bertaraf Internasional. Pada tahun 2021 yang lalu Pantai Plengkung yang ada di Kota Banyuwangi ini terpilih untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Event Surfing bertaraf Internasional yaitu Liga Selancar Dunia 2021.

Sumber Gambar: wikiwand.com

Oleh sebab itu sangat tidak mengherankan jika lokasi wisata Pantai Plengkung yang satu ini sangat digemari oleh para peselancar karena standarnya sendiri sudah bertaraf Internasional. Tapi tenang saja pantai ini tetap menyenangkan kok bagi kalian yang tidak melakukan aktivitas selancar karena ada cukup banyak aktivitas menarik dan menyenangkan lainnya yang dapat kalian lakukan selama berada di Pantai Plengkung ini.

Nah, pada ulasan ini kami akan memberikan kalian informasi mengenai daya tarik dan pesona dari Pantai Plengkung yang satu ini sehingga kalian bisa melakukan perencanaan yang lebih matang agar waktu liburan kalian menjadi lebih menyenangkan.

Apa sajakah itu? Yuk, disimak!

Lokasi Dan Alamat Pantai Plengkung Banyuwangi

Untuk merasakan segala daya tarik dan juga pesona dari lokasi wisata Pantai Plengkung ini kalian dapat langsung mengunjungi lokasinya yang berada di Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Akses jalannya sendiri sudah sangat baik dan dapat kalian capai menggunakan kendaraan pribadi milik kalian mau itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Pantai Plengkung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Alas Purwo sehingga untuk mencapai pantai ini kalian harus melewati taman nasional ini terlebih dahulu yang tentunya akan memanjakan mata kalian dengan pemandangan yang indah. Buat kalian yang belum pernah datang dan takut tersesat kalian bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps untuk mencapai ke lokasi Pantai Plengkung ini.

Fasilitas

Sumber Gambar: Google Maps @Vega Himawan

Karena pantai ini sendiri sudah digunakan untuk kompetisi bertaraf Internasional, tentu saja fasilitas yang ada di dalamnya sendiri sudah cukup lengkap dan tentu dapat kalian gunakan untuk memaksimalkan waktu liburan kalian selama berada disini. Dan fasilitas tersebut adalah sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas dan aman sehingga kalian dapat meninggalkan kendaraan kalian dengan aman
  • Mushola yang dapat kalian gunakan untuk menunaikan ibadah kalian selama berada disini
  • Berbagai penginapan dengan harga yang cukup beragam
  • Tempat penyewaan papan selancar
  • Gazebo yang dapat kalian gunakan untuk berselancar
  • Toilet dan juga kamar mandi yang tidak hanya bersih akan tetapi juga terawat dengan sangat baik

Dengan fasilitasnya yang cukup lengkap dan memadai ini membuat waktu liburan kalian akan semakin menyenangkan.

Aktivitas

Sumber Gambar: Google Maps @Barra 110117

Dengan fasilitas yang cukup lengkap yang disediakan oleh pihak pengelola ada cukup banyak aktivitas menarik dan menyenangkan yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu luang kalian. Dan aktivitas tersebut adalah sebagai berikut :

Berselancar

Sumber Gambar: Google Maps @ Ikho Swie

Daya tarik utama dari Pantai Plengkung ini tentu saja ombaknya yang cukup besar sehingga dapat kalian gunakan untuk melakukan aktivitas berselancar ada tiga macam ombak yang menjadi para favorit para peselancar. Ombak pertama adalah ombak Many Track Waves yang merupakan ombak buat para pemula karena hanya memiliki ketinggian antara dua hingga empat meter saja.

Selanjutnya adalah Speedis Waves yang merupakan ombak dengan ketinggian hingga mencapai lima hingga enam meter dan juga Kong Waves yang merupakan ombak tertinggi yang ada di pantai ini dengan ombaknya yang mencapai delapan meter. Buat kalian yang tidak membawa papan seluncur tidak perlu khawatir karena ada tempat penyewaan yang bisa kalian kunjungi untuk menyewa papan selancar ini.

Bersepeda

Sumber Gambar: Google Maps @ Wawan Prasetyo

Cukup banyak pengunjung yang membawa sepeda mereka untuk melakukan aktivitas bersepeda santai selama berada disini, bersepeda dengan ditemani pemandangan yang indah tentu saja akan semakin menyenangkan apalagi udaranya cukup segar.

Menikmati Sunrise Dan Juga Sunset

Sumber Gambar: pergimulu.com

Kota Banyuwangi sendiri terkenal dengan julukannya The Sunrise of Java, hal ini dikarena Kota Banyuwangi adalah kota pertama di Pulau Jawa yang disinari oleh sinar matahari sehingga banyak pantai yang menawarkan pemandangan Sunrise dan juga Sunset yang indah. Pantai Plengkung menjadi salah satu lokasi wisata pantai yang bisa kalian kunjungi jika kalian ingin menikmati keindahan dua fenomena alam tersebut.

Nah, bagaimana menurut kalian? Menyenangkan bukan menghabiskan waktu kalian di Pantai Plengkung ini? Kalau penasaran kalian bisa langsung mengunjungi lokasinya untuk menghabiskan waktu liburan kalian.