OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata Cantik di Merangin, Bikin Hati Adem

Jambi adalah sebuah provinsi yang terdiri dari 11 kabupaten/kota, di mana salah satunya bernama Kabupaten Merangin. Kabupaten ini memang tak banyak mendapatkan perhatian khusus dari para wisatawan, padahal jika kamu ketahui tempat ini menyimpan sejuta potensi wisata yang eksotis. Nah, berikut adalah 10 destinasi wisata terbaik yang ada di Merangin. Berkunjung ke sana akan secara otomatis menyegarkan otak dan membuat hatimu menjadi lebih adem dan tenang.

Air Terjun Dukun Batuah

Sumber: Instagram@nandoskankin57

Yang pertama adalah Air Terjun Dukun Batuah, yang berlokasi di Rantau Suli, Sungai Tenang, Kabupaten Merangin. Menurut mitos yang ada, air terjun ini menyimpan aura mistis dan terkenal cukup angker. Meskipun demikian, hal itu tak menyurutkan nyali wisatawan untuk datang mengunjunginya, terutama bagi mereka para pecinta alam. Karena untuk menuju ke lokasi air terjun dibutuhkan sedikit perjuangan ekstra, karena kamu harus berjalan kaki membelah hutan dan melewati jalanan setapak.

Air Terjun Segerincing

Sumber: Instagram @pesonajambi
Sumber: Instagram @hermayulis

Kemudian ada Air Terjun Segerincing, yang secara administratif berlokasi di Dusun Tuo, Kecamatan Lembah Masurai. Air terjun dengan ketinggian 62 meter ini memiliki pemandangan yang indah nan menawan. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan membuat air terjun ini memiliki udara sejuk yang menenangkan hati.

Air Terjun Telun Perentak

Sumber: Instagram @bujangpajalen

Masih dengan air terjun, kali ini adalah Air Terjun Telun Perentak yang berlokasi di Kecamatan Pangkalan Jambu, atau sekitar 56 km dari Kota Bangko, ibu kota Merangin. Sama seperti dua air terjun yang sebelumnya, air terjun ini juga terletak di tengah-tengah hutan. Namun yang unik dari air terjun ini adalah keberadaan formasi batuan yang berdiri kokoh tepat di bawah air terjun. Air terjun ini juga memiliki beberapa undakan, yang menimbulkan suara gemericik air yang dapat menambah kesejukan suasana.

Dam Betuk

Sumber: Instagram @maddorbae

Konon, dinamakan Dam Betuk karena memang danau ini dihuni oleh banyak ikan betok. Dam Betuk memiliki suasana senja yang cukup menawan. Namun jika kamu berkunjung jauh sebelum waktu senja, kamu masih bisa menikmati beberapa fasilitas yang ada di sana, seperti halnya coba mengelilingi danau dengan menggunakan perahu.

Danau Depati Empat

Sumber: Google

Kemudian di Merangin juga ada Danau Depati Empat, yang wilayahnya masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Dengan berada di ketinggian sekitar 1.200 mdpl, danau ini terlihat sejuk. Suasana asri juga bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Danau Depati Empat, karena memang lokasinya yang dikelilingi perbukitan dengan barisan pepohonan rindang yang tinggi menjulang. Dari danau ini, kamu bisa menyaksikan dengan jelas kegagahan dua bukit kembar, yakni Bukit Pandan Bungsu dan Bukit Pandan.

Danau Pauh

Sumber: Instagram @holigalery.art
Sumber: Instagram @hendriisaputraa

Masih dengan wisata danau. Selanjutnya kamu juga bisa mengunjungi Danau Pauh, yang terletak di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. Danau ini bisa dibilang sebagai destinasi wisata favorit bagi warga Merangin. Karena akses menuju ke lokasi danau cukup mudah, dan bisa diakses dengan menggunakan roda empat. Danau ini dikelilingi oleh barisan pegunungan dan pepohonan rindang yang masih alami. Dengan pemandangan yang disuguhkan ditambah dengan air danau yang cukup jernih, tentunya siapa saja akan betah untuk berlama-lama di sini.

Goa Tiangko

Sumber: Instagram @yudiprasetya_adtm

Setelah puas berwisata danau, kini saatnya kamu mengunjungi Goa Tiangko, yang berlokasi di Dusun Tiangko Panjang, Desa Tiangko, Kecamatan Sungaimanau. Untuk bisa menuju ke Goa Tiangko, kamu setidaknya harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih dua jam dari pusat kota Merangin. Goa Tiangko sendiri memiliki luas sekitar 200 m persegi dengan kedalaman 23 meter. Saat berkunjung ke Goa Tiangko, kamu tak akan menemukan suasana pengap, yang ada justru udara segar dan dingin.

Grao Sakti Renah Kemumu

Sumber: Google

Grao Sakti Renah Kemumu adalah destinasi wisata alam yang berada di Desa Renah Kemumu, atau berjarak 150 km dari pusat kota Merangin. Grau atau geyser yang berada di tepi sebuah sungai ini memiliki keindahan dan keunikan yang tak dimiliki oleh tempat wisata lainnya. Ketika kamu berkunjung ke sana, kamu akan menemukan semburan air panas putih dari celah-celah bebatuan.

Gunung Masurai

Sumber: Instagram @mamansyahdirja

Selanjutnya ada Gunung Masurai, yang memiliki pemandangan tak kalah indahnya. Gunung Masurai sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.935 mdpl. Gunung ini juga memiliki dua buah danau vulkanik, yakni Danau Mabuk dan Danau Kumbang.

Taman Bumi Geopark

Sumber: Google

Yang terakhir adalah Taman Bumi Geopark, yang diperkirakan sudah berusia 300 juta tahun. Selain menikmati pemandangan alam, di sana kamu juga bisa mencoba arung jeram. Dijamin, liburanmu ke Taman Bumi Geopark tak akan mengecewakan.

Comments

Loading...