OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata di Pasamanan Barat, Semua yang Cantik Ada di Sini

Pernah ke Pasamanan Barat? Jika memang kamu belum pernah ke sana dan ingin berkunjung ke sana, ada baiknya kamu menyempatkan waktu untuk jalan-jalan menikmati setiap sudut keindahan Pasamanan Barat. Karena kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Barat ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Berikut adalah 10 destinasi wisata cantik yang ada di Pasamanan Barat, rugi kalau kamu gak ke sana.

Air Terjun Batang Nango

Sumber: Google

Tempat pertama yang wajib kamu kunjungi di Pasamanan Barat adalah Air Terjun Batang Nango, yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota. Jarak yang sebenarnya tak terlalu jauh, untuk bisa menikmati keindahan alam yang mengagumkan. Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan membuat air terjun ini memiliki suasana yang cukup sejuk dan menenangkan. Dengan air yang jernih dan begitu segar, saya jamin kamu ingin menghabiskan waktu untuk berlama-lama bermain air di sana.

Air Terjun Betung

Sumber: Instagram@viasyahfitri

Masih dengan air terjun, kali ini ada Air Terjun Betung, yang berlokasi di Kecamatan Sungai Aur. Air Terjun Betung memang tidak terlalu tinggi, namun yang menarik adalah kejernihan airnya dan lanskap yang disuguhkannya. Di bawah air terjun ada sungai selebar 15 meter yang mengalir dengan anggun. Dengan kondisi sungai yang tidak terlalu dalam, kamu pun bisa berenang atau sekedar basah-basahan tanpa takut terseret oleh arus.

Air Terjun Siburai-burai

Sumber: Instagram @rian_akmal

Suka dengan petualangan? Jika memang iya, maka kamu wajib mengunjungi Air Terjun Siburai-burai. Karena memang lokasi air terjun ini berada di dalam hutan, dan dibutuhkan perjuangan lebih untuk bisa mencapai lokasi. Dengan lokasinya yang berada di dalam hutan dan berada di kaki Gunung Talamau, bisa dipastikan bahwa air terjun ini memiliki suasana yang sunyi dan udara yang segar dan menenangkan hati.

Air Terjun Sipagogo

Sumber: Instagram@jerrypinem

Masih belum puas bermain di Air Terjun? Selanjutnya kamu masih bisa mengunjungi Air Terjun Sipagogo, yang berlokasi di Situak Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang. Menurut mitos yang ada, nama ‘Sipagogo’ diambil dari nama salah seorang tokoh sakti yang konon katanya sering memanfaatkan air terjun ini sebagai tempat untuk bertapa. Bukan hal yang mengherankan jika tokoh sakti itu memilih air terjun ini sebagai lokasi bertapa, karena memang Air Terjun Sipagogo memiliki pemandangan yang cantik. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun air jernih berwarna kebiru-biruan yang mengalir di antara bebatuan jelas mampu membius siapa saja yang datang untuk menyambanginya.

Bukit Puti Gonjoli

Sumber: Instagram @kabut.sendja

Bukit Puti Gonjoli adalah destinasi wisata alam yang sangat cocok bagi kamu para pecinta alam. Karena di atas bukit kamu bisa mendirikan tenda, menikmati keindahan yang disuguhkan oleh alam Indonesia. Dari atas bukit, kamu akan melihat barisan pegunungan dengan hamparan warna hijau dan juga Samudera Hindia dari kejauhan.

Gunung Talamau

Sumber: Instagram @traveltoparks

Gunung Talamau kabarnya menjadi salah satu alasan bagi para pecinta alam untuk berkunjung ke Kabupaten Pasamanan Barat. Karena gunung dengan ketinggian 2.982 mdpl itu menyimpan sejuta keindahan di dalamnya. Di sepanjang jalur pendakian, kamu akan menjumpai 13 telaga yang sangat cantik, beberapa di antaranya adalah Telaga Biru, Telaga Puti Bungsu, hingga Telaga Mandeh Rubiah. Untuk bisa mencapai puncak Gunung Talamau, kamu setidaknya harus mendaki selama kurang lebih 12 jam perjalanan.

Pantai Maligi

Sumber: Instagram@diko_gantino

Pantai Maligi terletak di pesisir Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie. Yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan garis pantai yang panjang dan luas. Di beberapa sudut pantai kamu juga akan banyak menjumpai barisan pohon kelapa yang berdiri kokoh dan rindang. Dengan keasrian yang masih terjaga, menikmati semilir angin dan ombak pantai di bawah pohon kelapa, sembari ditemani es kepala muda adalah aktivitas sempurna yang bisa kamu lakukan di sana.

Pantai Sasak

Sumber: Instagram@renungramadhan10

Sama seperti Pantai Maligi, Pantai Sasak juga memiliki garis pantai yang cukup panjang dan juga landai. Saking mengagumkannya, keindahan Pantai Sasak pun tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Namun satu yang pasti, kamu tidak akan menyesal berkunjung ke sana.

Pantai Sikabau

Sumber: Instagram @duabelasproduction

Pantai Sikabau bisa kamu capai dengan menempuh perjalanan darat kurang lebih selama 2 jam dari pusat Kabupaten Pasamanan Barat. Pantai dengan pasir putih yang halus ini akan terlihat semakin indah ketika di kala senja.

Pulau Pigago

Sumber: Instagram @penyelamhitam
Sumber: Instagram@upiak_pasaman

Yang terakhir adalah Pulau Pigago, yang bisa kamu capai dengan menumpangi kapal boat dari Air Bangis dengan menempuh perjalanan selama 50 menit. Meskipun sangat jauh dari pusat kota, namun pulau ini masih tak kehilangan daya tariknya terhadap wisatawan. Selain bentang alamnya yang masih terjaga kealamiannya, Pantai Pigago juga memiliki garis pantai yang cukup menawan.

Comments

Loading...