OUR NETWORK

10 Surga yang Tertinggal di Kabupaten Kepulauan Sangihe

Provinsi Sulawesi Utara memiliki salah satu kabupaten yang bernama Kepulauan Sangihe. Seperti namanya, kabupaten ini terdiri dari banyak pulau yang sambung menyambung menjadi satu. Kepulauan Sangihe adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Indonesia di sebelah utara, yakni Filipina.

Meskipun letaknya yang bisa dibilang cukup terpencil, namun kabupaten yang satu ini juga memiliki banyak tempat-tempat yang indah. Bisa dibilang banyak surga yang tertinggal di Kepulauan Sangihe. Mau tahu apa saja 10 surga yang tertinggal di Kepulauan Sangihe? Ini dia jawabannya.

Pantai Pananuareng

Sumber: Instagram @bielleiod

Namanya juga kepulauan, pasti tidak akan lepas dari yang namanya pantai. Yang pertama ada Pantai Pananuareng, yang secara geografis terletak di kampung Tariang Baru, Tabukan Tengah, Kepualauan Sangihe. Untuk bisa ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat dari Kota Tahuna selama kurang lebih 30 menit. Pantai ini terasa sangat eksotis karena memiliki hamparan pasir putih yang sangat memanjakan mata, ditambah lagi dengan hembusan angin yang sepoi-sepoi ditambah dengan alunan suara ombak yang silih berganti. Pantai Pananuareng biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal pada akhir pekan.

Gunung Api Bawah Laut Kawio

Sumber: i.ytimg.com

Begitu indahnya alam Indonesia. Di Kepulauan Sangihe kamu juga bisa menemukan gunung api bawah laut di wilayah Pulau Kawio, yang dinamakan sebagai Gunung Kawio Barat. Laut Sangihe bisa memiliki kedalaman hingga menyentuh angka 5.100 meter di bawah permukaan laut, dan Gunung Kawio Barat sendiri memiliki ketinggian 3.200 meter, dengan puncaknya yang berada di kedalaman 1.900 meter di bawah permukaan laut. Jadi gak heran, kalau Gunung Kawio Barat disebut-sebut sebagai gunung api tertinggi di dunia. Di sini kamu bisa menemukan banyak terumbu karang yang sehat, dan ikan yang berwarna-warni hilir mudik.

Gunung Api Bawah Laut Mahangetang

Sumber: Tribunnews

Tidak hanya Gunung Kawio Barat, di Kepulauan Sangihe kamu juga bisa menemukan gunung api bawah laut di Pulau Mahangetang. Puncak dari gunung ini berada sekitar 6 meter di bawah permukaan air laut, yang ditandai dengan adanya terumbu karang yang mengeluarkan gelembung-gelumbung udara. Untuk menuju ke sini, kamu harus menempuh perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam dari Kota Tahuna.

Puncak Pusunge

Sumber: Instagram @hendra_wijay

Kemudian ada Puncak Pusunge, yang secara geografis terletak di kampung Pusunge Lenganeng, Tabukan Utara. Untuk bisa ke sini, kamu harus menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 20 menit dari Kota Tahuna. Dari Puncak Pusunge, kamu bisa melihat pemandangan Kota Tahuna dari atas ketinggian, juga bisa melihat Pulau Tinakareng serta Gunung Awu.

Pulau Mendaku

Sumber: Deskgram.net

Pulau Mendaku sendiri adalah salah satu destinasi wisata yang berada di Kecamatan Manganitu Selatan. Yang menarik dari Pulau Mendaku adalah keberadaan hamparan pasir putihnya, ditambah dengan pantai yang dangkal dan masih sangat jernih. Untuk ke sana, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari Kota Tahuna, dengan mengendarai angkutan pedesaan atau bisa juga dengan menyewa mobil dengan tujuan Kampung Lapango.

Boulevard Tahuna

Sumber: Youtube.com

Boulevard Tahuna memanjang dari Pantai Tidore Atas hingga ke Tanjung kota Tahuna. Di sepanjang jalan ini kamu akan menemukan banyak rumah makan dan warung kopi yang berjajar rapi menjajakan barang dagangannya. Tidak hanya itu, jalanan Boulevard Tahuna juga menjadi spot terbaik untuk menikmati sunset diKepulauan Sangihe.

Air Terjun Sura Kakewang

Sumber: Deskgram.net

Kemudian ada Air Terjun Sura Kakewang, yang secara geografis terletak di Kecamatan Kendahe. Untuk ke sana kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Kota Tahuna. Kemudian kamu harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki sejauh 2 km. Akan tetapi lelahmu selama di perjalanan tidak akan terasa dengan pemandangan yang disuguhkan. Air Terjun Sura Kakewang memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Maselihe

Sumber: Alland Ferdinand

Keindahan hutan tropis yang rimbun dipadukan dengan tebing dan tepi pantai, begitulah penggambaran mengenai Maselihe. Selain itu, di tempat ini ada juga air terjun yang langsung jatuh ke laut, sehingga menambah suasana eksotis Maselihe.

Air Terjun Nguralao

Sumbe: triptrus.com

Air Terjun Nguralao berada di Desa Binala, Kecamatan Tamako. Untuk bisa ke tempat ini, kamu harus menempuh perjalanan selama satu setengah jam dari Kota Tahuna. Di sini kamu bisa menikmati keindahan alam dengan ditemani gemericik dari air terjun.

Pantai Embuhanga

Sumber: Instagram @fajrimadeo

Pantai Embuhanga berada di Petta, Tabukan Utara. Kamu dijamin betah berlama-lama di sini, menikmati indahnya hamparan pasir putih ditemani dengan deburan ombak.

Comments

Loading...