OUR NETWORK

Gak Hanya Pegunungan, Merauke Juga Punya 10 Tempat Wisata yang Indah

Ketika berada di bangku Sekolah Dasar (SD), mungkin kamu pernah menyanyikan lagu dengan judul ‘Dari Sabang Sampai Merauke’. Namun tahu kah kamu di mana letak dari Merauke itu sendiri? Ya, Merauke adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Papua, dan menjadi titik terluar di timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Dengan kondisi alam Papua, banyak yang mengira bahwa Merauke tak ubahnya kabupaten yang dipenuhi dengan hutan dan juga pegunungan layaknya daerah di Papua lainnya. Namun jangan salah, Merauke juga memiliki tempat wisata yang cukup indah, dan layak untuk dijadikan sebagai destinasi wisata akhir pekan. Berikut adalah 10 tempat wisata di Merauke.

Taman Nasional Wasur

Sumber: Instagram @ayoketamannasional_official

Di Merauke ada Taman Nasional Wasur, yang merupakan rumah bagi ratusan flora dan fauna. Ada hal unik yang bisa kamu temukan di sini, yakni rumah rayap raksasa, yang tingginya bisa mencapai lebih dari 2 meter dari atas permukaan tanah. Selain itu, di sini kamu juga bisa bertemu dengan hewan khas Australia, kanguru.

Pantai Lampu Satu

Sumber: Instagram @dedy_dermawan

Pantai Lampu Satu ini hanya berjarak sekitar kurang lebih 4 km dari pusat Kota Merauke. Pantai yang satu ini terkenal memiliki suasana senja yang sangat indah, bahkan sunset di Pantai Lampu Satu pun disebut-sebut sebagai yang terindah di tanah Papua. Akses jalan menuju ke sana juga cukup mudah.

Pulau Habe Merauke

Sumber: INstagram @nilamatsuna

Selanjutnya adalah Pulau Habe, yang terletak di sebelah selatan Merauke. Banyak yang bilang bahwa Pulau Habe adalah Rio de Janeiro-nya Papua. Sebutan itu tidak lain karena disebabkan oleh adanya patung Kristus Raja, mirip seperti yang ada di Rio de Janeiro, Brasil. Pulau ini juga memiliki pantai yang cukup memanjakan mata, di mana sepanjang garisnya dipenuhi dengan pasir putih yang lembut di tangan.

Tugu Libra

Sumber: Twitter

Tugu Libra bisa dibilang mirip seperti Tugu Jogja yang ada di DIY Jogjakarta. Karena Tugu Libra juga berada di pusat kota, dan sering menjadi tempat nongkrong anak-anak muda untuk sekedar menghabiskan malam bersama dengan rekan, sahabat, atau mungkin orang terkasih. Di sini juga banyak orang yang menjual aneka macam makanan.

Rawa Biru

Sumber: Deskgram.net

Rawa Biru adalah tempat wisata alam yang berada di Distrik Sota, yang di mana jarak tempuhnya hanya sekitar 1 jam dari Merauke. Bagi kamu yang hobi memancing, rasanya ini adalah tempat yang pas bagimu untuk menyalurkan hobi.

Pantai Payum

Sumber: Instagram @zhrhrsm

Bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, Pantai Payum nampaknya menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk dikunjungi. Karena pantai yang satu ini masih belum banyak dikunjungi, meskipun memiliki pemandangan yang sangat indah.

Pantai Wisata Onggaya

Sumber: Instagram @sh_ferre

Selanjutnya adalah Pantai Wisata Onggaya. Layaknya pantai yang lain, Pantai Wisata Onggaya juga dihiasi oleh pasir putih yang lembut. Namun jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan penyu yang sedang mampir ke pantai yang satu ini.

Tugu 0 Km Sabang-Merauke

Sumber: Deskgram.net

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Merauke adalah titik terluar di timur Indonesia. Merauke adalah kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Papua Nugini. Oleh sebab itu, kamu pun bisa menemukan titik 0 km di sini, di mana luas wilayah Indonesia ditarik dari titik tersebut.

Pantai Okaba

Sumber: Instagam @DinarRahayu

Kemudian ada nama Pantai Okaba, di mana di sini kamu juga bisa menemukan kedamaian ditemani dengan deruan ombak dan angin yang semilir. Kamu dijamin tidak menyesal ke pantai yang satu ini.

Lotus Garden

Sumber: Deskgram.net

Ingin menikmati suasana wisata ala Pulau Jawa? Datang saja ke Lotus Garden, di mana kamu bisa menemukan banyak gazebo dan juga kolam yang tenang, layaknya wisata khas pegunungan di Pulau Jawa. Lotus Garden sendiri terletak di kawasan Semangga, Distrik Muramsari.

Bagaiman, cukup indah bukan? Tugas kita saat ini adalah tetap menjaga kelestarian destinasi wisata alam tersebut, jangan sampai merusak demi tampil beda di media sosial. Jagalah alam Indonesia, biar anak cucu kita masih bisa menjadi saksi atas keindahan alam Bumi Pertiwi.

Comments

Loading...