OUR NETWORK

10 Tempat Wisata Terbaik di Lampung Barat, Pesona Alamnya Buat Mata Adem

Lampung Barat adalah salah satu kabupaten hasil dari pemekaran wilayah Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Lampung Barat memiliki pesona alam yang menyejukkan jiwa, mengingat lokasinya yang berada di punggung Bukit Barisan. Jadi gak salah, kalau kabupaten yang satu ini memiliki banyak destinasi wisata eksotis, yang tentunya sayang untuk kamu lewatkan. Berikut adalah 10 destinasi wisata terbaik di Lampung Barat.

Batu Brak

Sumber: Instagram @liansyahapri

Yang pertama kamu bisa berwisata sejarah di situs megalitikum Batu Brak, yang terletak di dua kecamatan, yakni Kecamatan Kebun Tebu dan Kecamatan Gedung Surian. Di sini kamu bisa menjumpai banyak peninggalan kuno zaman megalitikum, mulai dari menhir, arca, atau pun dolmen.

Bukit Mandi Angin

Sumber: Instagram @namasayaharry

Bagi kamu para pecinta adrenalin, kamu bisa mencoba paralayang yang terdapat di Bukit Mandi Angin, yang terletak di kawasan Lombok Ranau. Jika memang sudah profesional, kamu bisa melakukan solo paralayang, jika tidak memungkinkan kamu juga bisa terbang tandem dengan instruktur paralayang. Dari tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam yang epik.

Danau Ranau

Sumber: Instagram@anugrahpahlawan

Kemudian ada Danau Ranau, yang banyak disebut-sebut bahwa keindahannya tidak kalah dengan Danau Toba. Berdasarkan letak geografisnya, Danau Ranau yang disebut sebagai danau terbesar kedua di Sumatera ini terletak di perbatasan antara Lampung Barat dengan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Sama seperti Danau Toba, di tengah Danau Ranau juga terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Marisa. Di pulau tersebut terdapat sumber air panas, yang juga sering dijadikan jujugan para wisatawan.

Danau Suoh

Sumber: Instagram @danianjaspradana

Selaian Danau Ranau, di Lampung Barat juga terdapat Danau Suoh. Untuk ke sana aksesnya masih sulit, oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan motor trail atau pun mobil offroad. Yang menarik adalah danau ini memiliki air yang bisa berubah warna, tergantung dengan cuaca di sekitar.

Desa Wisata Lumbok

Sumber: Youtube@Rohimat Zaidi

Ada juga Desa Wisata Lumbok, yang terletak di Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat. Desa ini memiliki suasana yang nyaman dan tentram, mengingat letaknya yang berada di tepi Danau Ranau. Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di sini, seperti memancing, berenang di danau, atau mungkin berbaur dengan masyarakat setempat.

Gunung Pesagi

Sumber: Instagram@ududsek

Bagi kamu yang berjiwa petualang, kamu wajib untuk berkunjung ke Gunung Pesagi dan menaklukkan puncak tertinggi dari Lampung Barat tersebut. Di kawasan Gunung Pesagi juga terdapat home stay tradisional, dan cocok bagi kamu yang ingin merasakan sensasi tinggal di pegunungan.

Gunung Seminung

Sumber: Instagram @itayudi.anggraeni

Kemudian ada juga Gunung Seminung, yang memiliki pesona alam tak kalah indahnya dengan Gunung Pesagi. Dari puncak gunung kamu akan menjumpai pemandangan yang sangat mengagumkan, dan tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Dari sana, kamu juga bisa melihat keindahan dari Danau Ranau. Gunung Seminung sendiri terletak di perbatasan antar provinsi, di mana sebagian wilayahnya masuk Kecamatan Ranau, Sumatera Selatan dan sebagian lagi masuk Kecamatan Sukau, Lampung Barat.

Kubu Perahu

Sumber: Instagram @endangguntorocanggu
Sumber: duniaindra.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Lampung Barat adalah kabupaten yang terletak di punggung Bukit Barisan. Nah, bagi kamu yang ingin menjelajahi Taman Nasional Bukit Barisan, kamu bisa memulainya dengan melalui Kubu Perahu, yang terletak di Kecamatan Balik Bukit. Di dalam kawasan Kubu Perahu kamu juga bisa berjumpa dengan air terjun dengan aliran air yang jernih.

Sungai Way Besai

Sumber: Instagram @waybesairafting

Selain di Bukit Mandi Angin, bagi kamu para pecinta adrenalin juga bisa berkunjung ke Sungai Way Besai. Karena di sini kamu bisa mencoba arung jeram untuk menaklukkan jeram yang ada di Sungai Way Besai, yang dari informasi masuk ke grade III dengan panjang sekitar 3 km. Spot arung jeram Sungai Way Besai sendiri terletak di Kecamatan Sumber Jaya.

Air Terjun Curup Hitam

Sumber: Viva.co.id

Yang terakhir adalah Air Terjun Curup Hitam, yang dinamakan demikian karena memang terletak di Kecamatan Air Hitam. Banyak penduduk setempat yang menyebut air terjun ini dengan Air Terjun Mbah Gimo, karena letaknya yang berada di kawasan perkebunan kopi milik Mbah Gimo. Tinggi air terjun ini hanya sekitar 10 meter, namun keindahannya jangan ditanya.

Comments

Loading...