OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata di Tebo, Dijamin Gak Bakal Menyesal Berkunjung ke Sana

Kabupaten Tebo terletak di Provinsi Jambi. Kabupaten dengan luas wilayah sekitar 6.461 km persegi ini dikelilingi oleh perbukitan, dan sebagian wilayahnya masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Jika kamu berkunjung ke Tebo, tak ada salahnya kamu mengunjungi 10 destinasi wisata berikut ini, dijamin kamu gak bakal menyesal.

Air Terjun Gajah Mati

Sumber: Instagram @seputartebo

Pertama kita awali dengan yang segar-segar terlebih dahulu. Ya, kamu bisa mengunjungi Air Terjun Gajah Mati, yang berlokasi di Desa Muara Kilis, Kecamatan Tengah Ilir, Tebo. Air Terjun Gajah Mati bisa dibilang sebagai destinasi wisata alam yang masih baru. Jadi jangan heran, kalau kamu akan menemukan suasana yang sunyi dan tenang ketika berkunjung ke sana. Berdasarkan informasi yang ada, Air Terjun Gajah Mati terdiri dari dua aliran sungai.

Air Terjun Langgas

Sumber: Instagram@seputartebo

Selanjutnya adalah Air Terjun Langgas, yang di mana lokasinya berada di Kecamatan VII Koto, Kab. Tebo, Jambi. Sama seperti Air Terjun Gajah Mati, air terjun ini juga baru ditemukan sehingga belum memiliki fasilitas yang memadai. Akses menuju ke Air Terjun Langgas juga cukup sulit, namun akan menjadi hal yang menarik bagi kamu para pecinta alam. Yang unik dari air terjun ini adalah keberadaan tebing bertingkat, yang membuat air tak langsung jatuh dari atas ke bawah.

Bukit Tiga Puluh

Sumber: Instagram @thomasveriasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sebagian Kabupaten Tebo masuk ke dalam Taman Nasional Bukit Tiga Puluh. Taman nasional ini memiliki kekayaan hayati yang sangat luar biasa, dan juga memiliki pemandangan yang menakjubkan. Berada di sini akan membuatmu bersyukur menjadi bagian dari Indonesia, negara tropis dengan sejuta keindahan yang mengagumkan.

Danau Riak

Sumber: Instagram@seputartebo

Selanjutnya adalah Danau Riak, yang secara administratif berada di Dusun Trimakmur, Desa Cermin Alam, Kecamatan VII Koto Ilir. Danau Riak sendiri memiliki lebar sekitar 150 meter dengan kedalaman mencapai angka 10 meter. Danau Riak tak pernah kering, meskipun sedang dilanda kemarau berkepanjangan. Oleh sebab itu, danau ini pun dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata. Para pengunjung tak hanya bisa menikmati keindahan danau, namun mereka juga bisa mencoba berbagai fasilitas yang ada di sana, salah satunya adalah sepeda air.

Danau Sigombak

Sumber: Instagram @seputartebo
Sumber: Instagram@hvina96

Selanjutnya adalah Danau Sigombak, yang berlokasi di Desa Jambu, Kecamatan Tebo Ulu. Bisa dibilang Danau Sigombak adalah destinasi wisata andalan yang ada di Tebo. Banyak yang mengatakan bahwa Danau Sigombak adalah miniatur dari Danau Toba, mengingat di sana juga ada pulau yang terletak di tengah-tengah danau. Jika kamu tak terlalu bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan, kamu pun bisa berfoto ria di berbagai spot foto yang telah disediakan.

Jembatan Jihan

Sumber: Instagram@bukanrudi_jaga

Nah, kamu juga bisa berkunjung ke Jembatan Jihan. Ini adalah jembatan yang memang sengaja dibangun di atas areal persawahan milik warga. Pemandangan dari atas jembatan akan terlihat semakin indah ketika areal persawahannya sudah ditanami padi oleh para petani. Hamparan sawah hijau akan menemanimu sejauh mata memandang.

Kebun Raya Bukit Sari

Sumber: facebook.com

Kebun Raya Bukit Sari juga wajib ada dalam daftar kunjunganmu di Kabupaten Tebo. Di sana kamu akan menemukan pemandangan hijau dan udara yang sejuk menenangkan hati. Di dalam Kebun Raya Bukit Sari kamu juga akan menemukan aliran sungai yang masih sangat jernih. Suara gemericik air akan membiusmu untuk semakin betah berlama-lama di sana.

Makam Sultan Thaha

Sumber: Google

Setelah puas berwisata alam, kini saatnya kamu berwisata religi di Makam Sultan Thaha Syaifuddin, yang tak lain adalah mantan Sultan Kerajaan Jambi. Sultan Thaha juga menjadi salah satu pahlawan yang gigih melawan penjajah kolonial Belanda. Dari informasi, Sultan Thaha meninggal di Muara Tebo pada tanggal 26 April 1904 dalam usia 88 tahun.

Masjid Agung Al-Ittihad

Sumber: pictame.com

Selanjutnya kamu juga bisa berkunjung ke Masjid Agung Al-Ittihad yang berlokasi di Bedaro Rampak, Tebo Tengah, Bedaro Rampak. Ini adalah masjid termegah yang ada di Kabupaten Tebo, mengingat pembangunannya yang menghabiskan dana sebesar 60 miliar rupiah. Masjid ini sendiri baru diresmikan menjadi tempat ibadah umum pada Juli 2015.

Tanggo Rajo

Sumber: Instagram@adesaputra9799

Yang terakhir adalah Tanggo Rajo, yang merupakan taman cantik di Kota Muara Tebo, Kecamatan Tebo Tengah. Taman ini banyak dikunjungi generasi milenial di kala sore hari, bersantai sambil menikmati senja dan mencoba beberapa fasilitas yang ada di sana.

Comments

Loading...