OUR NETWORK

10 Destinasi Wisata di Solok Selatan, Wajah Menawan Tanah Minang

Solok Selatan adalah salah satu kabupaten baru, yang merupakan hasil dari pemekaran Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Layaknya daerah di Indonesia lainnya, Kabupaten Solok Selatan juga menyimpan banyak keindahan alam yang menawan. Bahkan banyak yang bilang bahwa Solok Selatan memiliki panorama alam layaknya di negara Swiss dan juga Selandia Baru.

Memang bukan suatu hal yang berlebihan untuk dikatakan demikian, karena memang Solok Selatan terdiri dari hamparan perbukitan yang masih hijau, air terjun yang mengalir deras, dan kehadiran rumah adat Minang yang terlihat kokoh menambah daya magis dari kabupaten yang berpenduduk 151 ribu jiwa tersebut. Jika kamu ke Solok Selatan, tidak ada salahnya kamu untuk berkunjung ke 10 destinasi wisata yang berikut ini.

Air Terjun Kembar

Sumber: Instagram @maulanajuleo

Yang pertama adalah Air Terjun Kembar, yang secara geografis terletak di Desa Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan. Untuk bisa ke salah satu Deretan Wisata Wajib Kunjung di Solok ini, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 5 km dari Kantor Bupati Solok Selatan. Kemudian setelah sampai di tempat parkir, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 10 menit. Sampai di lokasi, kamu bisa menikmati suasana Air Terjun Kembar yang masih sangat asri, ditemani dengan rindangnya pepohonan.

Goa Batu Kapal

Sumber: Instagram @fauzi_arrahman

Kemudian ada Goa Batu Kapal, yang terletak di Jorong Ngalau Indah, Nagari Sungai Kunyit Barat, Kecamatan Sangir Balai Janggo. Untuk bisa masuk ke sana, kamu diwajibkan membayar retribusi sebesar 3 ribu rupiah. Masuk ke dalam goa, kamu akan merasakan sensasi seperti berada di dalam lambung sebuah kapal. Di sana kamu akan banyak menjumpai dinding-dinding goa yang berwarna-warni. Dijamin kamu tidak akan menyesal berkunjung ke Goa Batu Kapal.

Nagari Seribu Rumah Gadang

Sumber: Instagram @jonny_wongso

Berkunjung ke Solok Selatan rasanya tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Nagari Seribu Rumah Gadang. Tidak hanya menghadirkan rumah gadang asli yang masih berdiri kokoh, namun kamu juga bisa melihat beberapa benda peninggalan leluhur yang kaya akan nilai sejarah.

Kebun Teh Liki

Sumber: Instagram @alnokoto

Layaknya daerah dataran tinggi lainnya, Solok Selatan juga memiliki kebun teh yang sangat luas, dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama dengan keluarga. Untuk bisa menikmati suasana kebun teh dengan pemandangan yang indah, kamu bisa berkunjung ke Kebun Teh Liki yang berada di Lubuk Gadang Selatan, Sangir, Solok Selatan. Selain bisa menelusuri jalan-jalan setapak di tengah-tengah kebun teh, kamu juga bisa melihat pengolahan daun teh hingga menjadi teh yang siap di sedu.

Air Terjun Ulu Suliti

Sumber: Instagram @itam_kolex

Tidak hanya Air Terjun Kembar, alam Solok Selatan juga masih memiliki Air Terjun Ulu Suliti yang tak kalah indahnya. Secara geografis, air terjun yang satu ini terletak di Pakan Rabaa Utara, Koto Parik Gadang Diateh, Solok Selatan. Berbeda dengan Air Terjun Kembar, Air Terjun Ulu Suliti memiliki aliran air yang lebih deras.

Puncak Bangun Rejo

Sumber: Instagram @infomasta

Jika kamu ingin melihat keindahan dari puncak bukit, kamu bisa berkunjung ke Puncak Bangun Rejo yang ada di Desa Bangun Rejo, Kabupaten Solok Selatan. Di sini kamu bisa melihat keindahan kaki Gunung Kerinci dan merasakan sejuknya udara pegunungan ditemani dengan kabut yang menyelimutinya.

Gunung Kerinci

Sumber: Instagram @dikiiprayoga

Gunung Kerinci bisa dibilang sebagai atap Sumatera, karena ini adalah gunung tertinggi di Pulau Andalas tersebut. Maka tidak heran, kalau menaklukkan puncak Gunung Kerinci adalah impian dari kebanyakan pendaki. Selain bisa mendaki via Kersik Tuo, Jambi, kamu juga bisa mulai mendaki dari Desa Bangun Rejo, Solok Selatan.

Batu Kambar Kupitan

Sumber: Kompasiana

Kemudian ada Batu Kambar Kupitan, yang terletak di Wonorejo, Solok Selatan. Di sini kamu akan menemukan sebuah Batu kembar yang berdiri kokoh, yang terdapat celah di bagian tengah-tengahnya. Namun celah itu lah yang menjadikan Batu Kambar Kupitan terlihat eksotis.

Air Terjun Kupitan

Sumber: Solokselatantours

Tak jauh dari Batu Kambar Kupitan, kamu akan menemukan Air Terjun Kupitan. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih, sehingga banyak orang yang memanfaatkannya untuk bermain air di bawahnya. Terlebih aliran airnya juga tidak terlalu deras.

Air Terjun Cermin

Sumber: Wonorejosolokselatan

Sama seperti Batu Kambar Kupitan, Air Terjun Cermin juga terletak di Wonorejo. Dinamakan demikian karena memang aliran air di Air Terjun Cermin sangatlah bersih, sehingga bisa digunakan untuk bercermin. Lokasi ini masih jarang dikunjungi, sehingga masih terlihat asri.

Comments

Loading...