OUR NETWORK

Berkunjung ke Kepulauan Konawe Tak Lengkap, jika Tak Berkunjung ke 10 Tempat Ini

Pernah ke Sulawesi Tenggara? Nah, di provinsi tersebut ada salah satu kabupaten yang bernama Kepulauan Konawe. Kabupaten ini bisa dibilang cukup unik, karena lokasinya yang berada di satu pulau bernama Pulau Wawonii. Jadi jangan heran, jika banyak yang menyebut Kabupaten Kepulauan Konawe dengan Wawonii. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan laut, membuat kabupaten ini memiliki beberapa pantai yang eksotis. Tak hanya itu, masih banyak destinasi wisata menarik lainnya di Kepulauan Konawe. Dijamin, kamu tak akan pernah kecewa jika berkunjung ke 10 destinasi wisata seperti berikut ini.

Air Terjun Kopea

Sumber: rhisdhan

Yang pertama ada Air Terjun Kopea, yang berlokasi di Desa Lawey, Kecamatan Wawonii. Berdasarkan informasi, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m, dan merupakan hulu dari Sungai Roko-Roko. Air Terjun Kopea masih bisa dibilang sebagai destinasi wisata baru, karena baru resmi dijadikan sebagai tempat wisata pada tahun 2014 yang lalu. Namun karena keindahannya yang menawan, dengan cepat air terjun ini langsung menjadi tujuan favorit para wisatawan.

Air Terjun Tumburano

Sumber: Instagram@rabia.aladawia

Kemudian ada Air Terjun Tumburano, yang bisa dikatakan sebagai ikon dari Kepulauan Konawe. Secara administratif, air terjun ini berlokasi di Desa Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik, yakni menyerupai sebuah tirai yang menjuntai ke bawah. Berbeda dari Air Terjun Kopea, air dari air terjun ini tidak bersumber dari sungai, melainkan langsung dari mata air yang berada di atasnya. Jadi gak heran, kalau air terjun ini memiliki air yang jernih dan menyegarkan.

Batu Belah

Sumber: Jelajahsultra

Ada juga Batu Belah, salah satu destinasi wisata alam di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Wawonii Barat. Lokasinya yang berada tak jauh dari jalan utama membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke Batu Belah ketika akhir pekan atau saat waktu liburan tiba. Tempat ini memiliki pemandangan yang unik, di mana memiliki air berwarna kebiruan, yang mengalir melewati sebuah goa, yang berada tepat di bawah jalan.

Benteng Watuntinapi

Di Kepulauan Konawe juga ada bangunan bersejarah, yakni Benteng Watuntinapi, yang terletak di sekitar Desa Ladianta, Noko, dan Mataburanga, Kecamatan Wawonii Timur Laut. Sesuai dengan namanya, benteng atau bangunan ini dibuat dengan menyusun batuan pipih untuk dijadikan sebagai tembok. Menurut informasi, bangunan ini merupakan peninggalan Raja Mbeoga.

Goa Moliuano

Sumber: Instagram@jelajahsultra

Kemudian ada Goa Moliuano, yang secara administratif berlokasi di Desa Labeau, Kecamatan Wawonii Utara. Bagi kamu para pecinta alam, Goa Moliuano adalah tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi. Karena untuk menuju ke goa, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 3 km dari perkebunan warga, dengan melewati sungai, serta mendaki bukit dan tebing yang cukup terjal.

Pantai Kampa

Sumber: Instagram@amalhermawa

Jika ingin berwisata di pantai, maka tempat terbaik yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Kampa. Karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus dan air laut yang kebiruan. Para pengunjung juga akan semakin dimanjakan dengan banyaknya pepohonan kelapa yang berdiri berjajar di tepi pantai.

Pantai Polara

Sumber: Gagatravelindo

Selain Pantai Kampa, juga ada Pantai Polara, yang berlokasi di Desa Polara, Kecamatan Wawonii Tenggara. Pantai yang satu ini memiliki hamparan pasir yang berwarna kecoklatan, dan barisan pohon kelapa yang berdiri kokoh di tepi pantai. Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan, karena memang masih belum banyak dikunjungi wisatawan.

Pantai Tengkera

Sumber: Instagram@arif_hidayathamzah

Pantai Tengkera juga layak untuk menjadi destinasi liburanmu di Kepulauan Konawe. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, layaknya pantai yang berada di Phuket, Thailand. Karena di sana kamu akan menemui air laut yang masih sangat jernih, ditambah dengan beberapa batu karang yang berdiri kokoh di tepi pantai.

Pulau Wawonii

Sumber: Instagram@muhammad.arfan.378

Namanya saja juga Kepulauan Konawe, jadi kamu pasti tak akan lepas dari yang namanya Pulau Wawonii. Nah, di pulau ini sendiri banyak lokasi yang sangat pas untuk menikmati keindahan matahari tenggelam alias sunset.

Sungai Mosolo

Sumber: Instagram@bangbhengky_adventuride

Yang terakhir adalah Sungai Mosolo. Sungai ini sebenarnya tak ubahnya seperti pada sungai umumnya, namun sungai ini memiliki pemandangan yang menawan dan air yang sangat jernih. Jadi sungai ini pun sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi foto under water.

Comments

Loading...