OUR NETWORK

10 Wisata yang Tak Boleh Terlewatkan di Dharmasraya

Pernah berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat? Nah, jika kamu berkunjung ke sana, tak ada salahnya kamu explore keindahan dari kabupaten yang satu ini. Memang mereka tak memiliki pantai, karena kabupaten yang satu ini dikelilingi oleh daratan. Namun masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang bisa dinikmati di kabupaten ini, seperti 10 destinasi wisata yang berikut ini.

Air Terjun Timbulun

Sumber: Instagram@niniardila11

Yang pertama adalah Air Terjun Timbulun, yang berlokasi di Perumnas, Nagari Painan, Kecamatan IV Jurai Painan Timur. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, dan memiliki kolam dangkal di bawahnya, yang sering kali digunakan oleh para pengunjung untuk bermain air. Untuk menuju ke sini, butuh perjuangan ekstra, karena kamu harus berjalan kaki melewati kebun dan areal hutan.

Bendungan Batu Bakawik

Sumber: Instagram@endbroto

Selanjutnya ada Bendungan Batu Bakawik, yang berada di Kecamatan IX Kota, Kabupaten Dharmasraya. Ini adalah bendungan terbesar di Kabupaten Dharmasraya, dan fungsi utamanya adalah untuk irigasi. Meskipun demikian, lambat laun bendungan ini mulai ramai dikunjungi, terutama di kala senja. Karena suasana senja ditambah dengan gemericik air membuat suasana di tempat ini menjadi sangat syahdu.

Bukit Tambun

Sumber: youtube.com

Di Kabupaten Dharmasraya juga ada bukit cantik, yang bernama Bukit Tambun. Secara administratif, Bukit Dengan Panorama Menakjubkan ini terletak di Kecamatan Pulau Panjang, tak jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 3 km dari Jalan Lintas Sumatera. Selain bisa menikmati pemandangan hijau, di sana kamu juga bisa mencoba olahraga ekstrem seperti paralayang.

Candi Padang Roco

Sumber: Instagram@adpi_gunawan

Berdasarkan informasi, Canding Padang Roco merupakan bangunan peninggalan kerajaan melayu, yang dulunya berfungsi sebagai tempat ibadah para raja. Kini bangunan ini pun menjadi saksi bisu atas kejayaan kerajaan melayu di masa lampau. Secara administratif, candi ini berlokasi di Sungai Langsek, Siguntur, Kecamatan Sitiung.

Candi Pulau Sawah

Sumber: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Selain Candi Padang Roco, di Kabupaten Dharmasraya juga ada Candi Pulau Sawah, yang berlokasi di Nagari Siguntur. Berdasarkan informasi, candi ini merupakan peninggalan dari kerajaan Swarnabhumi.

Danau Hijau

Sumber: jalanncerita

Nah, ini dia yang menjadi ikon dari wisata di Kabupaten Dharmasraya, yakni Danau Hijau. Danau ini sering kali menjadi jujugan para wisatawan, karena memang lokasinya yang sangat strategis, yakni berada tepat di depan Kantor Tambang Batu Bara Pengean, Sitiung 4, Sungai Rumbai. Selain itu, danau ini juga memiliki keunikan tersendiri, yakni airnya yang berwarna kehijauan. Sebenarnya Danau Hijau bukanlah sebuah danau alam, melainkan bekas area galian tambang batu bara. Lubang galian yang ditinggalkan begitu saja itu lambat laun terisi oleh air, dan menciptakan danau unik dengan warna air yang kehijauan.

Embung Kotoranah

Sumber: Instagram@bumnagkoto

Selanjutnya ada Embung Kotoranah. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini berada di Desa Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya. Pada mulanya, Embung Kotoranah adalah sebuah rawa yang terbengkalai di tepi Jalan Bumnag Koto Ranah Sakti. Pembangunannya pun didasari atas minimnya tempat rekreasi keluarga di Kabupaten Dharmasraya. Kini, Embung Kotoranah menjadi destinasi wisata andalan di kabupaten yang satu ini, banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana, salah satunya adalah naik balon udara.

Ngalau Cigak

Sumber: Instagram@coach_nany

Kamu juga bisa berkunjung ke Ngalau Cigak, yang memiliki keindahan alam cukup memukau. Dari atas, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan alam hijau yang bisa menyejukkan mata. Lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat tempat ini memiliki udara yang cukup sejuk.

Puncak Gunung Medan

Sumber: twitter.com@minangsedunia

Puas menikmati keindahan Ngalau Cigak, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Gunung Medan. Meskipun namanya ada embel-embel ‘Medan’, namun lokasi wisata ini masih berada di Kabupaten Dharmasraya. Tak ubahnya seperti Ngalau Cigak, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan pemandangan hijau yang menghampar luas. Untuk menuju ke sana, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari ibu kota Dharmasraya, Pulau Punjung.

Rumah Gadang Siguntur

Sumber: dodichandra

Ini adalah rumah peninggalan kerajaan Islam yang pernah berkuasa di Kabupaten Dharmasraya. Di dalam rumah tersebut juga ada beberapa barang peninggalan kerajaan yang masih tersimpan dengan rapi. Untuk lokasinya sendiri, Rumah Gadang Siduntur terletak di Kecamatan Sitiung.

Comments

Loading...