7 Destinasi Wisata Tak Terlupakan di Gunung Kerinci

Gunung Kerinci, yang menjulang gagah di Provinsi Jambi, bukan hanya destinasi populer bagi para pendaki gunung. Di sekitar gunung tertinggi Sumatera ini, terhampar sejumlah destinasi wisata menakjubkan yang menawarkan keindahan alam, petualangan, dan keunikan budaya. Mari kita telusuri 7 destinasi wisata tak terlupakan di sekitar Gunung Kerinci yang wajib Anda kunjungi.

1. Rawa Bento

Sumber Gambar: kanaldesa.com

Rawa Bento adalah sebuah destinasi alam yang menakjubkan terletak di lereng Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Terkenal karena keindahan alamnya yang memikat, Rawa Bento menawarkan pemandangan yang luar biasa dengan padang rumput luas yang hijau dan hamparan langit yang luas. Tempat ini menjadi tempat sempurna bagi pecinta alam yang ingin menjauh sejenak dari keramaian kota.

Dikenal sebagai surga bagi burung-burung, Rawa Bento menawarkan pengalaman pengamatan burung yang unik. Berbagai spesies burung, termasuk yang langka, dapat ditemukan di kawasan ini. Pengunjung dapat menikmati kegiatan berjalan-jalan santai di tengah alam yang masih alami, sambil menyaksikan keindahan burung-burung yang berlarian di sekitar. Udara segar, hamparan padang rumput yang menenangkan, dan keheningan alam semuanya menjadi daya tarik utama Rawa Bento.

Bagi yang mencari ketenangan dan koneksi dengan alam, Rawa Bento adalah tempat yang ideal untuk menjelajahi keindahan alam Indonesia yang autentik. Dari matahari terbit hingga matahari terbenam, tempat ini menawarkan momen-momen tak terlupakan yang akan mengisi pikiran dan jiwa dengan kedamaian alam.

AlamatJernih Jaya, Kec. Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi 37162

2. Goa Kasah

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Goa Kasah adalah destinasi menarik yang tersembunyi di lereng Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Goa ini menghadirkan pengalaman petualangan bawah tanah yang mengesankan bagi para pengunjung yang mencari sensasi unik. Terletak di dalam kompleks gua yang terbentuk oleh proses alami selama ribuan tahun, Goa Kasah menampilkan formasi stalaktit dan stalagmit yang memukau.

Petualangan di dalam goa ini mengajak pengunjung untuk menjelajahi lorong-lorong misterius yang penuh dengan keindahan alam bawah tanah. Dengan membawa lampu senter, pengunjung dapat mengungkap keajaiban gua yang tersembunyi dan mengeksplorasi kamar-kamar yang didekorasi oleh batu-batu spektakuler.

Selain keindahan geologisnya, Goa Kasah juga memberikan rasa kegembiraan bagi pecinta petualangan yang mencari tantangan. Suara gemuruh air dan suasana gua yang misterius menambahkan elemen ketegangan dalam eksplorasi ini.

3. Bukit Khayangan

Sumber Gambar: backpackerjakarta.com

Bukit Khayangan adalah destinasi luar biasa yang terletak di sekitar Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Tempat ini memikat para pengunjung dengan panorama yang menakjubkan, terutama saat matahari terbit. Dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan keindahan matahari terbit, Bukit Khayangan menghadirkan pemandangan yang luar biasa dengan langit yang berubah warna dari merah muda ke oranye yang hangat.

Dari puncak Bukit Khayangan, pengunjung dapat merasakan sensasi memukau saat sinar matahari pertama kali muncul di cakrawala, menerangi lanskap pegunungan dan lembah di bawahnya. Udara segar dan heningnya alam semakin menambah suasana magis dalam momen ini.

Trekking ke Bukit Khayangan juga merupakan petualangan yang mengasyikkan. Pendakian melalui jalur yang terkadang menantang akan dihargai dengan panorama yang memukau dan momen tak terlupakan. Tempat ini sering menjadi tujuan para fotografer, pecinta alam, dan siapa saja yang ingin merasakan ketenangan dan keindahan alam yang memukau.

Alamat: V9RQ+6GJ, Renah Kayu Embun, Kec. Kumun Debai, Kota Sungai Penuh, Jambi 37111

4. Air Panas Semurup

Sumber Gambar: tempatwisata.pro

Air Panas Semurup merupakan destinasi relaksasi yang menawan di sekitar Gunung Kerinci, Jambi. Terletak di daerah berhawa sejuk, tempat ini menawarkan pengalaman unik dengan kolam-kolam air panas alami yang menenangkan. Sumber air panas berasal dari aktivitas geotermal di bawah tanah yang memberikan kehangatan alami pada air, menciptakan suasana yang ideal untuk berendam dan bersantai.

Air Panas Semurup tidak hanya memberikan kenikmatan fisik tetapi juga keindahan alam yang menawan. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan hijau yang indah sambil merendam tubuh dalam air yang hangat. Tempat ini juga menjadi tempat untuk berinteraksi dengan penduduk lokal, mengenal budaya, dan merasakan keramahan orang-orang setempat.

Selain berendam, banyak pengunjung yang menggunakan pasir panas alami untuk berendam, yang diyakini memiliki manfaat kesehatan. Sementara itu, fasilitas seperti warung dan area beristirahat turut melengkapi pengalaman santai di Air Panas Semurup.

AlamatJalan Wisata Air Panas Semurup No. 1, Koto Baru Semurup, Air Hangat, Air Panas Baru, Kec. Air Hangat, Kabupaten Kerinci, Jambi 37161

5. Danau Kerinci

Sumber Gambar: regional.kompas.com

Danau Kerinci adalah sebuah permata tersembunyi di ketinggian Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Dikenal juga sebagai ‘Switzerland of Indonesia’, danau ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan airnya yang jernih, dikelilingi oleh puncak-puncak pegunungan hijau yang mempesona. Tempat ini memancarkan ketenangan dan kedamaian, menjadi tempat yang ideal untuk pelarian dari kehidupan sehari-hari.

Pengunjung dapat menikmati aktivitas berperahu di atas permukaan danau yang tenang, sambil menikmati pemandangan indah di sekitar. Banyak pengunjung juga memilih untuk bersantai di tepi danau sambil menikmati pemandangan yang memukau. Danau Kerinci juga merupakan tempat yang ideal untuk berfoto, terutama saat matahari terbit atau terbenam, ketika cahaya matahari menciptakan permainan warna-warni yang mempesona di langit.

Keunikan Danau Kerinci tidak hanya terletak pada keindahannya, tetapi juga pada keadaan alam sekitarnya yang masih alami dan belum banyak terjamah. Pengunjung dapat merasakan kedamaian dan ketenangan alam yang jarang ditemukan di tempat-tempat wisata lainnya.

Alamat: Kabupaten Kerinci, Jambi

6. Danau Kaco

Sumber Gambar: idntimes.com

Danau Kaco adalah sebuah permata tersembunyi di dalam hutan Gunung Kerinci, Provinsi Jambi. Dengan airnya yang memukau berwarna hijau kebiruan yang transparan, danau ini memancarkan keindahan alami yang luar biasa. Terletak di dalam rimba yang lebat, perjalanan menuju Danau Kaco adalah petualangan sendiri, melewati jalur-jalur alami yang menantang namun mengasyikkan.

Ketika tiba di Danau Kaco, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang luar biasa. Air danau yang jernih dan warnanya yang eksotis menciptakan suasana magis. Pengunjung dapat berenang atau sekadar merendam kaki di air yang sejuk dan menyegarkan, sambil menikmati ketenangan lingkungan yang masih alami.

Keunikan Danau Kaco juga terletak pada aksesnya yang terbatas, menjadikannya tempat yang tidak terlalu ramai. Ini memberi pengunjung pengalaman eksklusif dalam menyatu dengan alam. Pohon-pohon raksasa dan kehijauan sekitar menciptakan latar belakang yang memukau.

AlamatDusun Baru Lempur, Kec. Gn. Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi

7. Taman Nasional Kerinci Seblat

Sumber Gambar: travel.tribunnews.com

Taman Nasional Kerinci Seblat adalah harta alam yang tak ternilai di Sumatera Barat. Merupakan taman nasional terbesar di Indonesia, taman ini melindungi hutan hujan tropis yang luas, flora dan fauna yang langka, serta kekayaan ekosistem yang unik. Terletak di sekitar Gunung Kerinci, taman nasional ini adalah surga bagi para pencinta alam dan peneliti.

Taman Nasional Kerinci Seblat memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa. Ini adalah rumah bagi berbagai spesies hewan, termasuk harimau Sumatera yang terancam punah, serta orangutan, badak, dan banyak lagi. Keanekaragaman tumbuhan di taman ini juga menakjubkan, mencakup berbagai jenis pohon, tumbuhan obat-obatan tradisional, dan bunga-bunga eksotis.

Para pengunjung memiliki kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam ini melalui trekking, hiking, dan petualangan alam lainnya. Taman Nasional Kerinci Seblat juga memiliki nilai budaya, dengan penduduk lokal yang hidup dalam harmoni dengan alam sekitar. Taman nasional ini bukan hanya tempat untuk mengalami keindahan alam yang mempesona, tetapi juga untuk memahami pentingnya konservasi alam dan perlindungan satwa liar.

Alamat: W9RQ+RV6, Koto Renah, Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Jambi 37152

Jika Anda ingin menggabungkan petualangan, keindahan alam, dan kekayaan budaya, destinasi wisata di sekitar Gunung Kerinci adalah pilihan yang tak dapat dilewatkan. Dari pemandangan indah hingga petualangan mendebarkan, setiap destinasi menawarkan pengalaman yang akan membekas dalam ingatan Anda. Jadi, siapkan perjalanan Anda dan jelajahi keajaiban alam Gunung Kerinci dan sekitarnya.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.