Menjelajahi 7 Destinasi Wisata Gunung Rinjani yang Memukau

Gunung Rinjani, dengan keindahan alamnya yang memukau, telah lama menjadi tujuan impian para pecinta alam dan petualang. Terletak di Pulau Lombok, Indonesia, gunung ini tidak hanya menawarkan pendakian yang menantang, tetapi juga sejumlah destinasi wisata yang begitu mengagumkan. Inilah 7 tempat wisata di Gunung Rinjani yang harus dijelajahi oleh para pengunjung.

1. Danau Segara Anak

Sumber Gambar: superlive.id

Danau Segara Anak, sebuah keajaiban alami di lereng Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Indonesia, menawarkan pemandangan yang luar biasa. Terletak pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut, danau ini adalah daya tarik utama Gunung Rinjani. Dikelilingi oleh lereng-lereng curam dan hutan yang hijau, Danau Segara Anak memiliki air yang jernih dan berwarna biru kehijauan yang menambah keindahan alamnya.

Danau ini diyakini memiliki nilai spiritual bagi suku Sasak, yang menganggapnya sebagai tempat suci. Selain panorama alam yang menakjubkan, Danau Segara Anak juga menawarkan kesempatan bagi para pendaki dan petualang untuk beristirahat dan merasakan ketenangan di tengah alam pegunungan yang mengagumkan. Di tepi danau, terdapat pemandian alami berupa sumber air panas yang diyakini memiliki khasiat penyembuhan.

Bagi para pendaki yang menaklukkan Gunung Rinjani, Danau Segara Anak adalah poin penting dalam perjalanan mereka. Dengan medan perkemahan yang tersedia, para pendaki dapat menginap dan menikmati malam di sekitar danau, menambahkan elemen petualangan dan keajaiban pada pengalaman mereka.

Alamat: Nusa Tenggara Bar.

2. Bukit Pergasingan

Sumber Gambar: Google Maps @Courtney Campbell

Bukit Pergasingan, terletak di kawasan Sembalun, dekat Gunung Rinjani di Pulau Lombok, adalah destinasi wisata menarik yang menawarkan pemandangan spektakuler dengan usaha pendakian yang lebih ringan. Bukit ini adalah alternatif yang populer bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani tanpa harus mendaki gunung secara keseluruhan.

Dari puncak Bukit Pergasingan, pengunjung dihadiahi dengan panorama yang mengesankan. Danau Segara Anak yang memukau dan pemandangan Gunung Rinjani yang menjulang gagah terlihat jelas dari sini. Ini adalah tempat yang cocok untuk matahari terbit dan terbenam yang memukau.

Daya tarik utama Bukit Pergasingan adalah kemudahannya diakses, cocok untuk pendaki pemula atau mereka yang memiliki keterbatasan waktu. Pendakian menuju puncak bukit biasanya dapat diselesaikan dalam beberapa jam, membuatnya ideal untuk pendakian sehari atau liburan singkat. Namun, meskipun pendakian yang lebih ringan, pemandangan yang disajikan bukanlah kompromi; keindahan alam yang luar biasa di Bukit Pergasingan membuatnya menjadi tujuan yang dicari oleh para wisatawan yang menginginkan pengalaman alam yang indah tanpa harus melakukan pendakian yang berat.

Alamat: Sembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656

3. Pusuk Sembalun

Sumber Gambar: idntimes.com

Pusuk Sembalun adalah titik pemandangan yang menakjubkan di Gunung Rinjani, Lombok, yang menawarkan panorama alam yang memukau. Terletak di sekitar kawasan Sembalun, tempat ini memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung yang ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani tanpa perlu melakukan pendakian yang melelahkan.

Dari Pusuk Sembalun, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan luar biasa dari ketinggian. Pegunungan yang hijau, perbukitan yang lembut, dan ladang pertanian membentang di bawah mata. Kejutan terbesar adalah pemandangan Gunung Rinjani yang menjulang dengan megah, menciptakan latar belakang yang menawan.

Lokasinya yang mudah diakses menjadikan Pusuk Sembalun tempat yang populer untuk berhenti sejenak saat perjalanan menuju atau dari Gunung Rinjani. Para pengunjung sering beristirahat di sini, menikmati keindahan alam dan berfoto dengan latar belakang yang menakjubkan. Oleh karena itu, Pusuk Sembalun bukan hanya destinasi wisata semata, tetapi juga merupakan perhentian yang wajib di perjalanan untuk menjelajahi Gunung Rinjani dan pesonanya yang tak terlupakan.

AlamatNear Mt Rinjani, Sembalun Lawang, Sembalun, East Lombok Regency, West Nusa Tenggara 83656

4. Air Terjun Mangku Sakti

Sumber Gambar: lombokoriginal.com

Air Terjun Mangku Sakti adalah sebuah tempat magis di lereng Gunung Rinjani, Lombok, yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Tersembunyi di dalam hutan hijau yang rimbun, air terjun ini menciptakan suasana tenang dan menenangkan bagi para pengunjungnya.

Air Terjun Mangku Sakti terkenal karena keindahan alamnya yang memikat. Air yang jatuh dengan gagahnya dari ketinggian tebing membentuk pemandangan yang memukau. Suara gemericik air yang konstan mengisi udara dengan suasana yang damai dan menyegarkan. Lingkungan di sekitar air terjun ini juga kaya akan flora dan fauna, menambah daya tarik alaminya.

Untuk mencapai Air Terjun Mangku Sakti, pengunjung biasanya akan melakukan pendakian singkat melalui jalur hutan. Perjalanan ini juga merupakan bagian dari petualangan yang memikat. Meskipun jalur pendakian mungkin memerlukan usaha, pemandangan dan pengalaman alami yang diberikan oleh Air Terjun Mangku Sakti sebanding dengan usaha tersebut. Ini adalah tempat yang cocok untuk relaksasi, menjauh dari keramaian, dan menyatu dengan keindahan alam yang asli.

Alamat: MFJ9+M73, Sambik Elen, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354

5. Air Terjun Tiu Kelep

Sumber Gambar: Google Maps @Wen Suwanto

Air Terjun Tiu Kelep adalah salah satu keajaiban alam di kawasan Gunung Rinjani, Lombok, yang mempesona para pengunjung dengan keindahannya yang menakjubkan. Terletak di Desa Senaru, air terjun ini menawarkan pengalaman alam yang tak terlupakan dan menyegarkan.

Air Terjun Tiu Kelep terkenal karena airnya yang deras jatuh dari ketinggian dan membentuk lanskap yang menakjubkan. Air yang jatuh membentuk kolam yang cukup besar dan menyegarkan, yang sering kali digunakan oleh pengunjung untuk berenang atau berendam. Terletak di dalam hutan yang lebat, tempat ini menciptakan lingkungan yang sejuk dan alami.

Salah satu hal yang membuat Air Terjun Tiu Kelep begitu menarik adalah legenda yang melekat padanya. Konon, air terjun ini memiliki kekuatan magis dan dipercayai memiliki daya penyembuhan. Para pengunjung sering merendam diri dalam airnya sebagai bentuk ritual untuk membersihkan diri dan mendapatkan keberuntungan.

Untuk mencapai Air Terjun Tiu Kelep, pengunjung biasanya akan melakukan pendakian melalui jalur hutan yang menantang. Meskipun perjalanan mungkin memerlukan usaha, pemandangan spektakuler dan pengalaman unik yang ditawarkan oleh air terjun ini membuatnya layak untuk dijelajahi.

Alamat: MCV5+Q7, Bayan, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354

6. Bukit Selong

Sumber Gambar: Google Maps @lombok pirates

Bukit Selong adalah destinasi indah di Lombok yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan relaksasi yang mendalam. Terletak di desa Selong Belanak, bukit ini memberikan pengalaman yang memikat bagi para pengunjung yang ingin menikmati panorama spektakuler tanpa harus melakukan pendakian yang sulit.

Dari puncak Bukit Selong, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan perbukitan yang menghijau, sawah yang teratur, dan pesisir laut yang indah. Tempat ini terkenal karena pemandangan matahari terbit dan terbenamnya yang memukau, menciptakan suasana yang tenang dan memukau.

Pendakian menuju puncak Bukit Selong relatif lebih ringan, menjadikannya pilihan yang baik untuk wisatawan dengan berbagai tingkat kebugaran. Banyak pengunjung memilih untuk mendaki bukit ini dalam perjalanan singkat untuk menghindari keramaian dan menikmati kedamaian alam. Ada juga banyak spot foto menarik untuk mengabadikan momen-momen indah.

Alamat: Sembalun Lawang, Kec. Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Bar. 83656

7. Air Terjun Sendang Gile

Sumber Gambar: Google Maps @Darko Eterovic

Air Terjun Sendang Gile adalah daya tarik alami yang memukau di kawasan Senaru, Lombok. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan dan suara gemericik air yang menenangkan. Terletak di tengah hutan yang lebat, Air Terjun Sendang Gile menciptakan lingkungan yang menyejukkan dan alami.

Air Terjun Sendang Gile terkenal karena airnya yang deras dan jatuh dari ketinggian tebing, menciptakan pemandangan yang memukau. Suara air yang gemericik memberikan suasana yang tenang dan menyegarkan. Dengan air terjun yang mengalir sepanjang tahun, ini adalah tempat yang indah untuk beristirahat dan menikmati keindahan alam.

Untuk mencapai Air Terjun Sendang Gile, pengunjung biasanya akan melakukan pendakian melalui jalur yang menantang tetapi menarik. Perjalanan ini membawa mereka melalui hutan tropis yang hijau dan penuh dengan flora dan fauna yang unik. Momen ketika air terjun terlihat dalam pandangan pertama kali sering kali memukau para pengunjung dengan keindahannya yang memukau.

Air Terjun Sendang Gile bukan hanya tempat indah untuk dinikmati, tetapi juga menciptakan pengalaman alam yang mendalam. Menghabiskan waktu di sini memberikan kesempatan untuk merasa dekat dengan alam, menjauh dari kebisingan kota, dan merenung dalam kedamaian alam yang ditawarkan oleh keindahan air terjun dan sekitarnya.

Alamat: Air Terjun Sendang Gile, Senaru, Kec. Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Bar. 83354

Gunung Rinjani dan sekitarnya tidak hanya menawarkan petualangan dan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga memberi pengunjung kesempatan untuk menghargai kebesaran alam semesta. Dari danau yang tenang hingga air terjun yang memukau, setiap destinasi wisata di Gunung Rinjani memiliki pesona dan daya tariknya sendiri. Jelajahi keajaiban alam ini dan rasakan sentuhan keindahan yang tak terlupakan.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.