in

Air Terjun Lae Pendaroh, Esoktisnya Air Terjun di Tepi Jalan

Sumber Gambar: travel.detik.com

Sumatera utara memang tiada duanya. Berbagai kabupaten di wilayah ini saat ini mempunyai unggulan wisata masing-masing. Bagi anda yang belum pernah melirik sumatera utara sebagai kunjungan destinasi waktu liburan, disarankan mulai saat ini, mulai melihat-lihat apa saja keindahan yang ditawarkan.

Sumber: Sumut24.co

Salah satu pesona nusantara di Sumatera Utara adalah air terjun yang jumlahnya cukup banyak. Nah, diantaranya anda wajib mengunjungi Air Terjun Lae Pendaroh. Letaknya cukup unik dan tidak membuat anda mengeluarkan keringat air mata seperti, air terjun lainnya di Sumut. Sehingga, tak heran banyak wisatawan yang datang silih berganti.

Sekilas Tentang Air Terjun Lae Pendaroh

Tinggi air terjun ini kurang lebih mencapai 3 meter. Dengan debit air yang cukup deras di setiap musimnya. Bila datang musim penghujan debitnya akan lebih deras lagi daripada yang terlihat pada saat musim kemarau.

Sumber: Instagram @satyawinnie

Objek wisata ini airnya akan menuju ke Lau Renun. Salah satu tempat arung jeram favorit di Sumatera Utara yang mampu menghadirkan adrenalin super tinggi. Tetapi, tetap seru dan bahkan saat liburan kita harus antri terlebih dahulu.

Pemandangan yang dihadirkan memang tidak seperti lainnya yang dipenuhi oleh pepohonan cukup lebat. Hanya saja, formasi bebatuan dan hijaunya pepohonan sudah cukup membuat kawasan ini menjadi salah satu sudut spot foto yang sayang untuk dilewatkan.

Sumber Gambar: travel.detik.com

Tepat di depan air terjun terdapat jembatan Lae Pendaroh, ada pula gapura yang digunakan sebagai titik foto agar mendapatkan hasil yang memuaskan. Keunikan lain dari tempat wisata ini terdapat di namanya sendiri.

Dalam bahasa sumatera utara Pendaroh artinya adalah darah. Konon katanya saat terjadi hujan yang sangat lebat warna air ini akan berubah menjadi warna darah. Entah berasal dari mana. Tetapi, beberapa warga pernah melihatnya. Oleh karena itu, disebut dengan air terjun pendaroh. Bila kita melihat dari jembatan kita hanya bisa melihat 1 tingkatan saja. Tetapi, sebenarnya air terjun ini memiliki 7 tingkatan. 6 lainnya berada di sepanjang aliran lau renun.

Alamat dan Rute Lokasi

Air Terjun Lae Pendaroh terletak di Bukit sitinjo, Sindikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Bila anda masih berada di wilayah sumatera terutama medan. Disarankan menggunakan kereta api. Kemudian, turun di Stasiun Pematang Siantar. Jarak dari Stasiun menuju ke objek wisata memang cukup jauh kurang lebih 117km. atau membutuhkan waktu 2 jam 50 menit. Karena terletak di area jalan raya. Maka menuju ke sini pun cukup mudah.

Setelah keluar dari stasiun anda bisa bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Jl. Kapten M.H Sitorus. Sejauh 1,6 km. kemudian, masuk ke jalan  Saribu Dolok sejauh 115 km. kurang lebih 2 jam 40 menit kemudian, anda akan tiba di titik lokasi. Cukup mudah bukan dengan rute yang harus kau tempuh.

Wisata Sekitar

Sumber Gambar: Google Maps @becakap

Jangan hanya tergoda dengan Air terjun Lae Pendaroh saja. Di sekitar objek wisata ini pun anda juga akan disuguhkan dengan berbagai macam keindahan seperti Rumah Pohon Sidikalang yang berada di puncak. Jaraknya hanya 30 menit menggunakan kendaraan.

Sumber Gambar: travelspromo.com

Bila ingin lebih dekat lagi anda bisa langsung berkunjung ke Taman Iman Sitinjo Dairi yang jaraknya hanya 9 menit saja. Bila ingin mencari penginapan, tidak jauh dari air terjun juga sudah tersedia penginapan sekaligus warung makan Rosin.

Keadaannya cukup bersih dengan pelayanan yang juga sangat ramah, Dijamin anda akan betah berlama-lama disana. Selain itu, masakan yang dihadirkan pun juga memiliki cita rasa bintang lima. Sehingga, tidak sembarangan asal memasak saja. Dari segi harga cukup bersahabat di kantong. Sehingga budget anda akan tetap terjaga dengan baik.

Sumber Gambar: pakpakbangkit.com

Air Terjun Lae Pendaroh adalah bukti bila alam sumatera utara tidak bisa diremehkan. Disana, tersembunyi surga-surga baru yang pesonanya tidak kalah dengan air terjun lainnya, termasuk yang ada di Sumatera Utara itu sendiri.

Ayo datang dan kunjungi objek wisata ini. Jangan lupa ajak teman, sahabat dan keluarga agar tempat ini semakin dikenal dan semakin  banyak  pengunjung yang datang silih berganti. Jadi, kapan anda mau mengunjungi kawasan ini?