OUR NETWORK

Petualangan di Agrowisata Lembah Bambu Kuning

Sumber Gambar: Instagram @lembahbambukuning

 

Melakukan liburan untuk membebaskan diri dari aktivitas yang monoton atau untuk bersantai dari padatnya kesibukan dari pekerjaan atau sekolah adalah hal yang baik dilakukan untuk menjaga agar tubuh dan pikiran kembali segar dan terhindar dari stres. Bagi kalian yang sedang merencanakan liburan tetapi belum menentukan atau menemukan tempat tujuan karena banyaknya pilihan tempat-tempat liburan, maka disini penulis akan mengenalkan salah satu tempat yang berada di lampung. Suatu tempat yang nyaman dan asik untuk dikunjungi baik dengan teman maupun keluarga, nama tempat itu adalah Agrowisata Lembah Bambu Kuning.

Tempat wisata Agrowisata Lembah Bambu Kuning ini terletak di Jl.Simpang Saprodi yang berada di Dusun Widoro Payung Desa Abung Jayo Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara, tempat wisata ini dibangun di tengah-tengah kebun karet sehingga menciptakan suasana yang masih asri, rindang dan sejuk. Bagi kalian yang tidak mengetahui apa itu agrowisata, penulis akan memberikan penjelasan singkat. Jadi agrowisata adalah aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian atau fasilitas yang terdapat di pertanian tersebut seperti silo dan kandang yang dijadikan sebagai daya tarik utama bagi para wisatawan.

Sumber Gambar: Instagram @lembahbambukuning

Agrowisata sendiri memiliki berbagai macam variasi diantara lain ada yang berupa labirin jagung atau yang lebih sederhana seperti wisata petik buah maupun kegiatan untuk memberi makan hewan ternak sampai berupa restoran yang berada di atas laut. Dapat dikatakan bahwa agrowisata merupakan salah satu penggali dan pemanfaatan potensi kekayaan alam dalam pengembangan industri wisata yang ada di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri memiliki sebuah lokasi yang digunakan sebagai universitas dan sebagai sarana kawasan agrowisata  yang terletak di Kampus Institut Pertanian Bogor. Disana mereka pernah melakukan penelitian dari dampak positif dan negatif yang ditimbulkan oleh agrowisata terhadap pertanian di lokasi tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Institut Pertanian Bogor terhadap agrowisata di perkebunan teh ternyata agrowisata menyebabkan penurunan dari hasil petik daun teh di perkebunan tersebut yang diakibatkan oleh tertundanya jadwal pemetikan daun teh. Tetapi agrowisata tidak hanya memiliki efek negatif tetapi juga efek positif yaitu dilihat dari sisi pendapatan dan manajemen produksi tanaman tempat tersebut. Sehingga disimpulkan jika kita dapat menentukan jumlah optimal wisatawan untuk memaksimalkan pendapatan perkebunan maka pendapatan agrowisata dapat bertambah.

 

Sumber Gambar: Instagram @lembahbambukuning

Di Indonesia sendiri daya tarik wisata sebagian besar masih berupa wisata bahari dan wisata budaya sedangkan untuk tempat wisata yang memiliki basis perkebunan masih belum berkembang dengan pesat karena masih belum banyak orang yang membuka atau memanfaatkan lahan pertanian sebagai agrowisata. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa tempat agrowisata yang cukup populer misalnya agrowisata yang terdapat di Cinangneng Tenjolaya yang terletak di Bogor dengan pembudidayaan sayur dan buah kemudian ada wisata kebun salak di Sleman Yogyakarta dan wisata perkebunan teh di Puncak Bogor.

Saat berwisata di Agrowisata Lembah Bambu Kuning kalian dapat memilih berbagai paket wisata yang disediakan misalnya Paket Edukasi dimana para siswa Pelajar SD/SMP/SMA keliling area taman dengan di pandu oleh instruktur yang handal dan dapat mempelajari alam sekaligus mempraktekkan langsung hal yang telah dipelajari, kemudian ada Paket Pelajar SD/SMP/SMA ditujukan bagi kalian yang tertarik untuk menghabiskan waktu dengan berenang dengan harga yang lebih terjangkau, Bagi ibu-ibu dan guru TK/PAUD yang ingin membawa anaknya bermain dan belajar dapat memilih Paket PAUD / TK dengan harga yang murah dan dapat datang dengan rombongan.

Sumber Gambar: Instagram @lembahbambukuning

Seperti namanya agrowisata maka tempat wisata ini memiliki berbagai pilihan untuk melihat dan mempelajari mengenai tanaman. Fasilitas dan kegiatan yang tersedia dan dapat kalian lakukan adalah sarana pembibitan tanaman misalnya bibit tanaman kayu-kayuan, edukasi pertanian seperti pendidikan pertanian tanaman pembibitan dan buah serta perikanan, wisata buah, taman buah jambu kristal dan jeruk siam madu, tanaman hias, waterboom, arena permainan, ruang piknik keluarga dan masih banyak lagi.

Untuk bibit tanaman kayu-kayuan di sini tersedia seperti sengon, gamelina, jati, gaharu, cempaka, karet dan masih banyak pilihan lainnya. Kemudian terdapat juga bibit tanaman MPTS seperti mangga, durian, nangka, alpukad dan pilihan tanaman lainnya. Jadi tunggu apalagi jika kalian tertarik untuk berwisata sambil belajar datanglah ke Agrowisata Lembah Bambu Kuning.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…