OUR NETWORK

Air Terjun Ponggi Sarambu, Surga Tersembunyi dari Kolaka Utara

Air Terjun Ponggi Sarambu
Air Terjun Ponggi Sarambu

Berbicara soal destinasi liburan, Indonesia memang banyak menyimpan tempat yang indah. Bahkan banyak juga dari destinasi tersebut yang belum terekspos dan terkenal. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa destinasi liburan tersebut tidak kalah cantik dengan yang sudah terkenal. Contohnya saja Air Terjun Ponggi Sarambu . Destinasi wisata bertema alam ini bisa kita temui di Kolaka Utara. Ketika anda main ke daerah tersebut jangan lupa sambangi juga air terjun cantik ini.

Air terjun ini banyak dikagumi oleh para wisatawan, pasalnya air yang mengaliri tempat ini sangat jernih. Air tersebut berasal dari puncak lereng bukit di kecamatan Purehu, Kolaka Utara. Selain jernih, air yang mengalir ini juga membawa kesejukan sendiri di tempat itu. Bahkan karena sejuknya ini, kita bisa melihat tumpahan air tersebut mengakibatkan objek wisata ini berkabut. Jika anda beruntung, anda juga akan menemukan bias warna pelangi yang menyempurnakan objek wisata ini. Oleh warga sekitar, Air Terjun Ponggi ini banyak dimanfaatkan sebagai tempat memasok air bersih dan menunjang keperluan sehari-hari.

Asal Nama Air Terjun Ponggi Sarambu

Nama objek wisata ini diberikan bukan tanpa alasan. Nama Air Terjun Ponggi Sarambu dipilih untuk mewakili dua suku kata dari bahasa Toraja. Dimana terdiri dari Sarambu yang memiliki artian sebagai asap dan juga Ponggi yang merupakan nama orang pertama kali yang menemukan serta tinggal di sekitar lokasi tersebut.

Akomodasi Menuju Ke Lokasi

Untuk sampai kesana, anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 112 kabari ibukota Kabupaten. Karena terbilang objek wisata yang baru,akses ke Air Terjun Ponggi Sarambu cukup sulit. Banyak ditemui jalan yang rusak dan sempit. Hal ini wajar karena jalan-jalan tersebut masih masuk dalam jalan pedesaan yang belum tersentuh oleh renovasi. Selain itu, jarak dari pusat kecamatan juga cukup jauh membuatnya sulit untuk ditempuh. Di kanan kiri jalan, anda akan menemukan ketenangan dan kesejukan. Pasalnya, di sekitar jalan objek wisata tersebut jarang sekali ditemui rumah penduduk.

Pesona Air Terjun Eksotis Ini

Ketika sampai disana, segala rasa lelah yang menemani perjalanan anda akan terbayarkan. Pasalnya destinasi ini sangat indah dan cantik. Dari segi debit air, air terjun ini cukup melimpah. Selain deras, panorama yang bisa anda saksikan disekitar tempat tersebut juga sangat menawan dan sejuk. Suasana alam disini juga sangat asri. Pasalnya disekitar objek wisata tersebut masih merupakan area hutan belantara yang masih terjaga kesuciannya. Karena suasananya yang masih asri dan dingin, permukaan air yang tumpah di tempat tersebut menghasilkan kabut-kabut tipis yang indah dihiasi pelangi yang mempesona.

Sampai saat ini,Air Terjun Ponggi Sarambu  belum begitu banyak dieksplor oleh orang. Dari segi pengunjung pun belum terlalu ramai. Hal ini karena masih terbatas pada akses akomodasi dan jalan yang ditempuh. Di tempat ini, anda akan menemukan satu buah gasebo yang sudah disediakan oleh pemerintah. Meskipun begitu untuk sarana prasarananya masih perlu ditingkatkan. Hal ini yang kemudian menjadi fokus pemerintah dalam mengelola tempat tersebut.

Selain sebagai sektor pariwisata, air terjun ini banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai penunjang ekonomi. Misalnya saja ketika kita pergi ke tempat ini akan melihat selang yang dipasang pada tepi batuan. Dengan begitu, masyarakat tidak perlu lagi memasang mesin dan menimba sumur dalam menyiapkan kebutuhan air di rumah. Tidak hanya itu, dengan adanya air terjun ini juga banyak dimanfaatkan oleh para warga sebagai sumber mata pengairan lahan persawahan. Meskipun dikuras pada musim kemarau sekalipun air terjun ini tidak akan kering.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…