OUR NETWORK

Air Terjun Tumimperas, Pesona Pelangi di depan Mata

Source Image: Instagram @triptrus.com

Alam Tomohon memang begitu luas dan mengagumkan. Keindahannya seakan tidak akan pernah habis walau sudah banyak yang sudah dikunjungi. Saat ini, kami akan mencoba pergi ke Air Terjun Tumimperas yang menghadirkan destinasi kelas atas.

Salah satu daya tariknya adalah pelangi yang terkadang muncul di depan derasnya debit air yang meluncur terjun bebas ke bawah. Serta banyaknya, spot-spot foto yang membuat kamu terpukau. Tidak heran bila tempat ini memang tidak pernah sepi oleh wisatawan apalagi, saat long weekend.

Tentang Air Terjun Tumimperas

Sumber: Instagram @mexrile

Untuk bisa menikmati keindahannya kamu harus menyusuri anak tangga kurang lebih 800 buah. Air terjun yang mempunyai ketinggian 52 meter ini memang menjadi pilihan yang tepat, terutama di saat terik matahari yang panas. Berkunjung ke sini, seakan menjadi solusi yang tepat karena, udaranya yang sangat sejuk.

Sumber: Instagram @mieze_katzi

Nama Tumimperas sendiri berasal dari air yang jatuh ke bawah dan memunculkan suara-suara yang merdu. Itulah arti nama air terjun ini dalam bahasa Tombulu. Konon menurut warga sekitar, air terjun ini sudah terkenal sejak tahun 1880 dimana, ada seorang warga Belanda pernah mengabadikan gambar tempat ini ke dalam kameranya.

Cara Menuju ke Lokasi

Sumber: Instagram @arivin8s

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Pinaras, Kecamatan Tomohon selatan, Kota Tomohon. Menuju ke pusat kotanya, kamu bisa masuk terlebih dahulu ke Bandara Manado. Dari kamu akan diberi dua pilihan. Mau naik transportasi umum atau langsung menyewa kendaraan pribadi dan berkendara menuju lokasi.

Jarak tempuhnya kurang lebih 44 kilometer dengan waktu tempuhnya bisa mencapai 1 jam 26 menit. Kamu bisa melalui Jl. Raya Manado Tomohon. Jalanan yang akan kamu lalui tidak terlalu sulit, sudah cukup halus. Hanya saja kamu akan mendapati tanjakan dan turunan ketika hampir sampai objek wisata ini.

Sumber: Instagram @triptrus.com

Kedua, kamu bisa naik Transportasi umum. Biasanya dari Bandara kamu bisa naik ojek atau taksi menuju ke Terminal Manado. Lalu, naik bus jurusan Tomohon. Dari Sini, kamu turun di terminal dan melanjutkan perjalanan menggunakan mikrolet berwarna biru. Biaya yang kamu butuhkan untuk naik transportasi umum kurang lebih 1 juta lengkap dengan naik pesawat jakarta menuju Manado.

Penginapan Sekitar

Berbicara soal penginapan memang di dekat tempat wisata ini ada banyak dan kamu bisa pilih beberapa tempat. Berikut rekomendasi yang bisa kamu nikmati mulai dari Mountain View Homestay yang terletak di Walian, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Nuansanya pun sangat klasik dengan banyak ukiran kayu yang cukup mengesankan.

Dari segi tempat tidur sangat empuk dan juga kamarnya cukup bersih. Disini, ada semacam taman yang membuat pemandangan menjadi segar. Ada juga air minum cuma-cuma yang bisa kamu manfaatkan yang sudah dilengkapi dengan air panas. Harga per kamarnya mulai dari 225 ribu rupiah. Area parkirnya pun cukup luas lho, jadi jangan takut bila tidak mendapatkan parkir.

Keindahan Air Terjun Tumimperas

Selama perjalanan, kamu bisa menikmati berbagai pohon seperti cemara dan juga pinus yang membuat kamu tidak bisa berkedip. Sesampainya disana, ada banyak bebatuan yang bisa kamu jadikan sebagai salah satu spot foto yang cukup mengesankan.

Sumber: Instgram @mc_mandak_

Bila kamu beruntung, kamu bisa melihat betapa agungnya pelangi yang terkadang muncul di depan mata. Perpaduannya akan semakin mengesankan ditambah dengan tebing-tebing yang berwarna hijau. Di bawah aliran air terjunnya kamu bisa melihat kolam alami yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang.

Bagi kamu yang berkunjung ke tempat ini, jangan lupa bawa bekal makanan dan minuman ya. Biasanya, kamu bisa menikmati beberapa warung di kampung jawa yang banyak menyajikan berbagai macam menu makanan khas Kalimantan yang pastinya nikmat menggoda.

Kesimpulan

Air Terjun Tumimperas adalah keindahan yang nyata di Tomohon. Walaupun, menuju ke tempat ini kamu memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Namun, semua itu akan terkenang sebagai sebuah cerita paling indah yang akan kamu ukir selamanya. Jangan lupa buang sampah pada tempatnya ya. Agar tempat ini tetap menjadi asri dan layak untuk dikunjungi. Jadi, kapan kamu siap mengunjungi objek wisata ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…