OUR NETWORK

Air Terjun Ulim, Keindahan Tersembunyi di Gunung Pidie Jaya

Membahas keindahan alam Aceh memang tidak akan pernah ada habisnya, karena memang provinsi yang satu ini memiliki banyak pemandangan alam yang mengagunkan. Mulai dari pantai, pegunungan hijau, hingga air terjun semuanya ada di Aceh. Oleh sebab itu, banyak yang mengatakan bahwa keindahan alam Aceh sudah mewakili sebagian besar keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Nah, dari sekian banyak air terjun yang ada di Aceh, salah satu yang cukup terkenal adalah Air Terjun Ulim. Air terjun ini jatuh dengan gagahnya dari atas tebing-tebing yang tinggi menjulang, dan suara gemuruh airnya menciptakan suasana tenang dan damai.

Lokasi Air Terjun Ulim

Sumber: badaiselatan.com

Air Terjun Ulim berada di Gunung Sala, yang masih merupakan serangkaian dari pegunungan Bukit Barisan. Akses menuju ke lokasi Air Terjun Ulim memang tidak mudah, dan bisa terbilang sangat berat. Karena untuk bisa sampai ke lokasi, para pengunjung harus terlebih dahulu mendaki gunung Sala yang bisa memakan waktu hingga lebih dari satu hari.

Tak hanya itu, jalur pendakian gunung Sala yang cukup ekstrem juga mengharuskan para pengunjung untuk mendaki bersama dengan Kopala yang telah mengetahui medan dan jalur di sana. Di sepanjang jalur pendakian, kamu akan melewati hutan lebat dengan alam liar yang masih cukup ganas. Oleh sebab itu, Air Terjun Ulim ini akan sangat cocok bagi para pecinta alam yang sudah terbiasa melakukan pendakian.

Pesona Air Terjun Ulim

Sumber: badaiselatan.com

Meskipun harus melalui perjalanan panjang dan melelahkan selama dua hari, namun kamu dipastikan tak akan pernah merasa bosan. Karena di sepanjang perjalanan kamu akan ditemani oleh deretan pepohonan rindang yang asri dengan udara sejuk. Suara burung yang saling bersahutan seakan memecahkan keheingan di tengah-tengah hutan, menciptakan suasana yang menenangkan hati. Selain itu, para pengunjung juga akan disuguhkan deretan tebing yang berdiri tinggi menjulang dengan gagah.

Tak jarang, di tengah-tengah perjalanan para pengunjung akan bertemu dengan hewan-hewan liar penghuni hutan Sala, seperti monyet, landak, burung, beruang, dan yang lainnya. Bahkan menurut cerita, pernah ada salah seorang pengunjung yang bertemu dan berhadapan langsung dengan beruang liar dengan jarak hanya sekitar 10 meter saja. Tentu itu akan menjadi pengalaman yang cukup menegangkan.

Sumber: kopala-pidie.blogspot.com

Setelah sampai di puncak Sala, para pengunjung akan disuguhkan oleh pemandangan menawan dari Air Terjun Ulim, yang jatuh di antara tebing raksasa. Air terjun ini sendiri memiliki udara yang sejuk dan air yang sangat jernih, karena memang berasal langsung dari sumber mata air pegunungan. Pemandangan alam di sekitar Air Terjun Ulim juga sangat menawan, di tambah dengan suara gemuruh air yang jatuh membentur bebatuan seakan menciptakan sebuah melodi alam yang menentramkan jiwa.

Selain Air Terjun Ulim, menurut informasi juga masih ada beberapa air terjun lainnya yang berada di gunung Sala. Namun tidak disarankan bagi pengunjung pemula untuk mengeksplor lebih jauh gunung Sala demi menemukan air terjun tersebut. Karena kondisi alam yang masih liar tentunya akan sangat membahayakan bagi para pengunjung.

Fasilitas di Air Terjun Ulim

Sumber: badaiselatan.com

Lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan dan sangat terpencil membuat air terjun ini tak dilengkapi oleh fasilitas penunjang seperti halnya toilet dan mushalla. Biasanya para pengunjung akan memanfaatkan bebatuan yang lebar untuk dijadikan alas ketika menunaikan ibadah sholat. Untuk berwudhu, mereka bisa menggunakan aliran air dari Air Terjun Ulim, yang memang masih sangat bersih dan suci.

Di sana juga tidak terdapat penjual makanan atau pun minuma. Oleh sebab itu, para pengunjung harus menyiapkan perbekalan logistis untuk bebeapa hari sebelum bertolak ke Air Terjun Ulim.

Aktivitas di Air Terjun Ulim

Sumber: Instagram@letu_kpl

Dengan kondisi air yang jernih dan menyegarkan, tentu hal itu akan membuat siapa saja tergoda untuk segera bermain air atau berenang di kubangan di bawah Air Terjun Ulim. Namun jika tak ingin basah-basahan, kamu juga bisa berburu foto dengan memanfaatkan keindahan alam di sekitar air terjun.

Sumber: Instagram @@letu_kpl

Selain itu, kamu juga bisa bermalam di sekitar Air Terjun Ulim dan di tengah-tengah hutan Sala yang masih liar. Menikmati dinginnya malam sambil ditemani oleh suara gemuruh air terjun dan hangatnya api unggun akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Ulim

Karena berada di tengah-tengah hutan dan tak dilengkapi oleh fasilitas yang memadai, kamu pun bisa menikmati keindahan Air Terjun Ulim tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

Comments

Loading...