in

Bekas Tambang yang Mempesona di Wisata Curug Cikaret

Source Image: Instagram@gigiiiit

Bogor adalah gudangnya destinasi wisata alam, banyak pesona alam menawan yang disuguhkan oleh Kota Hujan tersebut, karena memang kota yang satu ini berada di daerah pegunungan. Akan tetapi sampai saat ini wisata Puncak masih menjadi primadona di Bogor, klaim itu pun dibenarkan dengan adanya fakta bahwa kawasan tersebut selalu dipadati pengunjung di saat musim liburan tiba. Kemacetan pun sering terjadi di kawasan tersebut, karena saking banyaknya warga kota yang ingin menikmati suasana syahdu di Puncak.

Akan tetapi jika kamu sudah bosan dengan wisata Puncak, bisa mencari destinasi alternatif lainnya, salah satunya adalah Wisata Cikaret. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam khas pegunungan yang indah, namun di sana para pengunjung juga akan disuguhi pesona Curug Cikaret lengkap dengan airnya yang jernih dan menyegarkan.

Wisata Bekas Tambang PT. Antam

Sumber: Youtube

Dulunya kawasan Wisata Cikaret tidak seindah sekarang, bahkan tempat tersebut justru dipenuhi dengan berbagai peralatan untuk menunjang aktifitas tambang yang dilakukan oleh salah satu perusahaan milik pemerintah, PT. Antam. Setelah sumber daya alam yang terkandung di dalamnya habis dikeruk, PT. Antam tidak serta merta langsung meninggalkan lokasi tersebut tanpa adanya upaya pemulihan lahan. Mereka justru bertekad untuk menjadikannya sebagai salah satu kawasan wisata favorit di Bogor. Upaya yang telah mereka lakukan adalah membangun berbagai fasilitas penunjang ditambah dengan spot-spot foto yang menarik dan instagramable, cocok bagi generasi milenial.

Potensi Wisata Cikaret

Sumber: Instagram@kawasanwisatacikaret

Dari sekian banyak spot foto yang ada, yang menjadi favorit para pengunjung adalah jembatan berwarna merah yang memiliki latar belakang bukit dan juga Curug Cikaret. Puas berfoto ria, para pengunjung juga bisa mampir ke taman buah di Desa Bantar, yang masih satu kawasan dengan Wisata Cikaret. Di sana mereka akan menjumpai berbagai tanaman buah-buahan yang segar seperti apel, belimbing, hingga strowberi.

Sumber: Instagram@arrank_tama

Bagi mereka yang ingin menikmati kesegaran air di Curug Cikaret juga bisa berkunjung ke air terjun tersebut. Tak perlu khawatir, karena aliran air di Curug Cikaret tak terlalu deras dan kubangan air di bawahnya pun tidak terlalu dalam. Oleh sebab itu, para wisatawan bisa dengan puas bermain air di Curug Cikaret, tanpa harus khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sementara itu, kini pihak pengelola juga tengah mempersiapkan Agro Geoedutourism, yakni Wisata Tambang Bawah Tanah, demi menarik minat para pengunjung.

Fasilitas di Wisata Cikaret

Sumber: Instagram@kawasanwisatacikaret

Meskipun tergolong sebagai destinasi wisata baru, namun Curug Cikaret sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari toilet, musholla, lahan parkir yang luas, hingga warung makan dengan harga yang ramah di kantong. Hal itu sesuai dengan cita-cita dari PT. Antam, untuk menjadikan Wisata Cikaret sebagai destinasi wisata unggulan di Bogor. Di sana juga terdapat camping ground yang cukup luas, serta kolam renang dengan air yang sangat menyegarkan.

Lokasi Wisata Cikaret

Sumber: triptrus.com

Secara administratif lokasi Wisata Cikaret berada di Jalan Raya Aneka Tambang No.5, Bantar Karet, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari pusat kota Bogor, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan selama 2,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 50 km. Rute yang dilalui adalah Jalan Raya Cibadak-Ciampea, kemudian melewati Jalan Raya Leuwiliang, hingga akhirnya sampai di Kecamatan Nanggung. Sementara jika datang dari Bandung, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejauh 181 km dengan waktu tempuh sekitar 7 jam.

Sebelum ke sana pastikan kendaraanmu dalam kondisi yang fit, karena harus melewati beberapa tanjakan dan turunan serta jalan yang berkelok-kelok. Meskipun cukup jauh dari pusat kota Bogor, namun perjalananmu dijamin tidak akan terasa membosankan, karena akan melewati pegunungan dengan pemandangan yang sangat menawan.

Nah, dari pada harus berjubel di Puncak, tidak ada salahnya kamu mencoba berwisata ke Wana Wisata Cikaret. Karena masih baru, belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Wisata Cikaret, dan hal itu membuatmu bisa lebih leluasa untuk menikmati setiap jengkal keindahannya. Tak perlu pikir panjang, langsung saja siapkan cuti dan berwisata di Wana Wisata Cikaret, menikmati keindahan alam lukisan Tuhan hasil dari bekas galian tambang PT. Antam. Selamat berlibur!