OUR NETWORK

Belitung Selatan, Negeri Laskar Pelangi dengan 10 Pesona Wisata Terbaik

Tahu gak film ‘Laskar Pelangi’ yang sudah melegenda itu? Kalau kamu pecinta film Indonesia, pasti sudah tahu dengan film legendaris tersebut. Nah, ngomong soal film Laskar Pelangi, kamu tidak akan bisa lepas dari yang namanya Kabupaten Belitung Timur.

Karena memang film tersebut mayoritas mengambil lokasi syuting di sana, terutama di SD Muhammadiyah Gantong. Bertahun-tahun setelah film Laskar Pelangi dirilis, sekolah itu pun kemudian dijadikan sebagai lokasi wisata. Selain SD Muhammadiyah Gantong, masih banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Belitung Timur. Berikut adalah lengkapnya.

Open Pit Kik Karak

Sumber: Instagram @peranciscus_aryanto

Apakah Open Pit Kik Karak danau alami? Bukan, Open Pit Kik Karak adalah bekas galian tambang timah yang ada di Belitung Timur. Namun aktivitas penambangan di lokasi tersebut sudah berhenti sejak lama, dan lubang bekas galian yang ditinggalkan pun membentuk sebuah danau yang cukup mempesona. Meskipun demikian, tempat ini belum banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena memang letaknya yang tersembunyi dan jalur menuju ke sana cukup ekstrim. Namun bagi kamu yang berjiwa petualang, tidak ada salahnya menikmati keindahan danau dengan air yang berwarna biru kehijauan di tempat ini.

Pantai Burung Mandi

Sumber: Instagram @wara_wiri

Kamu pasti sudah tahu bahwa banyak pantai di Provinsi Bangka Belitung yang dihiasi oleh batu granit raksasa. Bahkan banyak yang bilang bahwa bukan pantai di Bangka Belitung namanya jika tidak dipenuhi dengan batu granit. Meskipun banyak yang menganggap demikian, namun kamu akan menemukan hal yang berbeda di Pantai Burung Mandi. Di sana kamu akan menemukan pantai dengan hamparan pasir putih yang halus, di tambah dengan deburan ombak yang siap menyapa para pengunjung.

Pantai Nyiur Melambai

Sumber: Instagram @hasanud__

Sama seperti Pantai Burung Mandi, kamu juga tidak akan berjumpa dengan deretan batu granit di Pantai Nyiur Melambai. Pantai yang terletak di Desa Lalang ini didominasi oleh hamparan pasir putih yang lembut ditambah dengan pohon cemara yang tumbuh berjajar di tepi pantai. Dengan ombak yang tidak terlalu besar dan kontur pantai yang landai, kamu pun bisa puas berenang dan bermain air di pantai yang satu ini.

Pantai Oliepier

Sumber: Instagram @yenti_puspita

Ada juga Pantai Oliepier yang terletak di Manggar, Belitung Timur. Pantai yang satu ini memiliki cerita tersendiri, di mana dulunya merupakan pelabuhan bagi kapal-kapal pengangkut timah. Bekas adanya aktivitas dermaga juga masih bisa kita saksikan dengan keberadaan tiang pancang untuk jembatan kayu yang menjorok ke laut dengan panjang sekitar 200 meter. Pantai ini dinamakan Oliepier yang diambil dari Bahasa Belanda, di mana Olie berarti minyak dan Pier berarti pelabuhan.

Pantai Punai

Sumber: Instagram @undick

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Punai, yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang, Kecamatan Simpang Pesak. Saat-saat terbaik untuk menikmati pantai ini adalah di sore hari, sambil menyaksikan detik-detik di mana sang mentari beranjak dari peraduannya. Saat sunset tiba, cahaya kuning keemasan akan menyinari air laut yang semakin menenangkan jiwa.

Pantai Serdang

Sumber: Instagram @describeindonesia

Pantai Serdang juga tak kalah eksotis dari pantai yang sebelum-sebelumnya. Di pantai ini kamu akan menemukan banyak pohon pinus laut yang berdiri kokoh di tepi pantai, yang akan memberikan kesejukan bagi para pengunjung yang datang. Pantai ini juga dihiasi perahu nelayan yang berwarna-warni yang bersandar dan berjajar rapi di tepi pantai.

Pantai Batu Buyong

Sumber: Instagram @haninfathan

Pantai Batu Buyong terletak di Desa Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak. Di pantai ini kamu akan menemukan banyak batu granit raksasa, yang menjadi ciri khas dari mayoritas pantai di Belitung. Pantai ini juga memiliki nuansa magis, di mana pada perayaan Maras Taun, para warga Dusun Batu Air akan menggelar ritual di tempat ini.

Pulau Buku Limau

Bila kamu memiliki banyak waktu, tidak ada salahnya kamu menyebrang menuju ke Pulau Buku Limau. Selain pantainya yang masih alami, di sana kamu juga bisa snorkling menikmati eksotisnya pemandangan alam bawah laut. Jika tak punya alat snorkling, kamu pun bisa berenang di tepian pantai, karena memang ombak di sana cukup bersahabat.

Replika Sekolah Laskar Pelangi

Sumber: Instagram @mutiaayuriz

Seperti yang disebutkan di atas, wisata yang terkenal di Belitung Timur adalah Replika Sekolah Laskar Pelangi atau SD Muhammadiyah Gantong. Karena menjadi destinasi wisata favorit, tempat ini pun selalu ramai diserbu pengunjung ketika akhir pekan atau pada hari libur. Untuk masuk ke sana kamu hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

Rumah Keong

Sumber: Instagram @arizanirizki

Puas menikmati replika sekolah Laskar Pelangi, selanjutnya kamu bisa berwisata di Rumah Keong. Rumah Keong sendiri terbuat dari anyaman rotan yang berbentuk melengkung, dan yang membuat lokasi ini banyak dikunjungi adalah letaknya yang bersebelahan langsung dengan dermaga. Jadi para pengunjung juga bisa menikmati keindahan laut.

Comments

Loading...