OUR NETWORK

Pingin Liburan? Yuk Kunjungi 10 Destinasi Wisata di Bangka Selatan Ini

Bangka Selatan adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Bangka Belitung. Dengan letaknya yang berbatasan langsung dengan laut, jelas bahwa kabupaten yang satu ini memiliki banyak destinasi wisata pantai yang cukup cantik. Selain pantai, masih ada beberapa destinasi wisata di Bangka Selatan yang layak untuk dikunjungi, berikut adalah lengkapnya.

Bukit Gebang

Sumber: Sumber: Facebook@AndreZen

Destinasi pertama adalah Bukit Gebang, yang terletak di Desa Nangka, Kecamatan Air Gegas. Bisa dibilang Bukit Gebang adalah salah satu destinasi wisata baru yang ada di Bangka Selatan. Meskipun demikian, destinasi wisata yang satu ini sudah banyak dikunjungi oleh para wisatawan, karena memiliki pemandangan indah hamparan hutan dan perkebunan lada yang bisa kamu saksikan dari atas rumah pohon. Di tempat ini kamu juga bisa menikmati sunset yang cukup menawan.

Pantai Kerasak

Sumber: Instagram @wonderfulbangka

Kemudian ada juga Pantai Kerasak, yang terletak di Desa Pasir Putih. Sama seperti di kebanyakan pantai di Pulau Bangka, Pantai Kerasak juga akan menyuguhkanmu pemandangan indah lautan yang berpadu dengan kokohnya batu granit yang banyak terdapat di tepi pantai. Meskipun pemandangannya cukup menyejukkan mata, namun Pantai Kerasak masih terjaga kealamiannya dan yang pasti eksotis.

Batu Belimbing

Sumber: Instagram @iam_dhieje
Sumber: Instagram @insta.catatanindonesia

Kemudian ada geowisata Batu Belimbing yang terletak di Pasiban Kampung Lalang, Kelurahan Toboali, Kecamatan Toboali. Dinamakan demikian karena memang batu granit raksasa yang ada di tempat ini berbentuk menyerupai buah belimbing. Hal ini karena batu granit tersebut terus menerus terkena hujan selama ratusan tahun, sehingga bagian tepinya terkikis dan membuat pola layaknya buah belimbing.

Pantai Batu Perahu

Sumber: Instagram @miisdazw10

Ada juga Pantai Batu Perahu, yang lokasinya tak jauh dari Batu Belimbing. Meskipun tidak memiliki pasir pantai yang putih bersih, namun Pantai Batu Perahu cocok untuk dijadikan destinasi wisata tebaikmu. Banyak batu granit besar yang berdiri kokoh menghiasi sepanjang bibir pantai, dan bahkan ada batu granit panjang dan tinggi besar yang berada di tepian pantai, sehingga membentuk seperti sebuah perahu.

Pantai Batu Kapur

Sumber: Instagram @monika_niknik

Masih di garis pantai yang sama, dan kamu hanya bergeser sedikit untuk berjumpa dengan Pantai Batu Kapur. Sebenarnya tak jauh beda dengan Pantai Batu Perahu, di mana pantai yang satu ini juga didominasi oleh batu granit raksasa di tepi pantai. Namun yang membuat pantai ini dinamakan demikian karena di tepi pantai banyak terdapat hewan yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama kapur. Jadi jangan berfikir ada batu kapur di sana.

Pantai Batu Kodok

Sumber: Instagram @nikovampir

Sama seperti dua pantai yang sebelumnya, di mana pantai ini juga memiliki pemandangan mempesona dengan hiasan batu granit raksasa di tepi pantai. Namun yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Batu Kodok adalah keberdaan batu granit yang menyerupai katak. Untuk letaknya, pantai ini berada di Kelurahan Tanjung Ketapang, Kecamatan Toboali.

Benteng Toboali

Sumber: Instagram @yuszyaerialphoto

Kita tinggalkan dulu sejenak wisata pantai, kini saatnya kamu berwisata sejarah di Benteng Toboali yang terletak di Kelurahan Tanjung Ketapang, tidak jauh dari Pantai Batu Kodok. Benteng ini sendiri terletak di atas sebuah bukit kecil dan menghadap langsung ke laut. Benteng ini merupakan peninggalan Belanda yang dibangun pada tahun 1825, yang digunakan untuk melindungi para penambang timah dari serangan musuh yang berasal dari laut.

Pantai Tanjung Kemirai

Sumber: Instagram @kresnabayutour

Kita kembali lagi ke wisata pantai, kali ini adalah Pantai Tanjung Kemirai, yang terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai. Berbeda dari pantai-pantai yang sebelumnya, Pantai Tanjung Kemirai belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah. Jadi jangan heran, kalau belum ada fasilitas yang memadai di pantai ini. Namun karena belum dikelola dan didatangi banyak pengunjung, pantai ini pun masih sangat alami dan asri. Pemandangannya pun jangan diragukan lagi!

Pulau Kelapan

Sumber: Instagram @bangka_yuk
Sumber: Instagram @mecocun

Kemudian ada Pulau Kepalan, yang menawarkan keindahan alam bawah laut. Jika memang kamu pecinta wisata bahari, maka kamu harus berkunjung ke tempat yang satu ini. Karena terumbu karang yang tersebar luas dapat dinikmati langsung dari atas permukaan laut yang masih sangat jernih. Di sini juga ada spot yang menjadi favorit para pengunjung, yakni spot bangkai kapal tenggelam.

Pantai Nek Aji

Sumber: Instagram@travelingncie

Pantai Nek Aji sendiri berada persis di belakang Benteng Toboali. Tidak ada batu granit raksasa di pantai ini layaknya pantai yang sebelumnya, melainkan hamparan pasir putih yang lembut.

Comments

Loading...