in

Berlibur ke Waghete, Kota Terdingin Di Pinggir Danau Tigi

Sumber Gambar: Instagram @itayaweenato

Waghete merupakan kota yang terletak di pinggiran Danau Tigi, Kabupaten Deiyai. Tempat ini berada di dataran tinggi 1700 mdpl. Jika kamu penat dan membutuhkan udara yang menyegarkan, maka kota ini akan sangat cocok menjadi daftar tujuan wisatamu. Jika rata-rata udara di Kota besar Indonesia adalah 32-35 derajat celcius, maka lain halnya dengan kota ini.

Saat tengah hari, suhu udara di Waghete adalah 15 derajat celcius. Sedangkan malam hari bisa mencapai suhu hingga 10 derajat celcius. Bisa dibayangkan bagaimana suhu di kota kecil yag teretak di Kabupaten Deiyai, Papua ini. Jika kamu berkunjung ke daerah ini, sudah bisa dipastikan kamu tidak akan menikmati panasnya udara di sebagaian besar wilayah di Pulau Jawa.

Sebelum Ke Waghete, Ketahui Beberapa Tips Ini

Sumber Gambar: Instagram @Frans Teddy Degei

Waghete memiliki satu Bandar Udara kecil yang digunakan sebagai lokasi pendaratan pesawat sipil dan militer. Transportasi sebenarnya bisa menggunakan jalur darat namun akan memakan waktu lama dengan jalan yang tidak terlalu bagus. Untuk itu, banyak warga yang memilih untuk menggunakan jasa pesawat untuk membeli beberapa barang dari kota besat. Hal ini membuat harga kebutuhan pokok di daerah ini kian melonjak.

Meskipun tampak berada di daerah yang tertinggal dan tersembunyi, namun untuk menuju kota ini tidaklah sulit. Oleh sebab itu, ada banyak wisatawan yang berkunjung ke kota ini setiap tahunnya. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba berlibur ke kota ini untuk yang pertama kali, berikut ini tipsnya.

  • Jangan Lupa Membawa Jaket dan Baju Hangat

Jika kamu berasal dari daerah dengan udara perkotaan, maka jangan sampai lupa membawa jaket dan baju hangat ya! Terlebih jika kamu berencana untuk menghabiskan beberapa hari disini. Udara di kota ini memang sangat dingin dan sangat menusuk. Meskipun begitu, sensasinya sangat seru dan menyenangkan. Jika perlu gunakanlah kaos kaki saat tidur.

  • Bawa Perbekalan Secukupnya

Ini merupakan tips jitu terutama untuk kamu yang suka traveling dengan budget yang pas-pasan. Dengan membawa perbekalan yang cukup kamu tidak perlu membeli makanan atau jajanan karena harga kebutuhan pokok disini lumayan mahal karena sulit untuk dicari lho! Disarankan untuk membawa bekal yang ringan dan mudah dibawa saja ya supaya tidak ribet.

  • Pastikan Kondisi Tubuh Sedang Sehat dan Fit

Karena berada di dataran tinggi dan masih sangat asri maka disini hampir seluruh perjalananmu akan membutuhkan tenaga. Oleh sebab itu, pastikan kondisi tubuh sedang sehat dan fit. Jika dirasa tubuh sedang kurang sehat maka sebaiknya disarankan untuk menunda perjalanan terlebih dulu. Tubuh yang sedang dalam kondisi yang tidak sehat sebaiknya jangan dibawa ke tempat dengan suhu yang dingin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia beberapa tips untuk kamu yang akan berlibur ke Waghete. Kota ini memang tidak terkenal seperti kota-kota lain yang ada di Papua. Meskipun begitu, kota ini memang sangat worth untuk dikunjungi karena menyimpan keindahan yang luar biasa. Jika kamu memutuskan untuk berlibur kesini jangan lupa untuk berkunjung ke Danau Tigi ya! Keindahan danau dan sejuknya udara akan membuatmu tenang dan damai.

Berlibur di Kota ini merupakan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk urusan perkotaan. Hijaunya alam sekitar dan suasana kota yang masih sangat asri dan alami akan membuatmu betah untuk berlama-lama. Menikmati kerlap-kerlip lampu kota pada saat malam hari juga menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.