in

Bubur Ikan Ahian – Bubur Gurih Dengan Berbagai Toping Ikan Empuk Nan Sedap

Sumber Gambar : Tripadvisor

Apa yang ada dipikiran sahabat Wisato ketika mendengarkan kata “Bubur Ikan”? Apakah beras yang direbus hingga lembek beserta dengan ikan yang mengeluarkan bau amis yang kuat? Tapi tunggu dulu, apa yang kamu pikirkan tidak berlaku untuk makanan khas Pontianak yang satu ini. Bubur ikan merupakan makanan khas Pontianak yang cukup mudah sahabat Wisato temukan, dan salah satu tempat yang menjual bubur ikan paling diminati adalah Bubur Ikan Ahian.

Rumah makan ini telah buka sejak tahun 1983 dan menjadi langganan banyak pecinta bubur ikan. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan karena terdapat plang besar dan jika ingin bertanya, dipastikan semua orang sekitar dapat menunjukkan letak tempat rumah makan ini.

Karena saking terkenalnya, Bubur Ikan Ahian disebut-sebut sebagai icon bubur ikan di Pontianak. Hampir semua orang merekomendasikan bubur ikan di tempat ini, dan yang pastinya halal.

Sebenarnya istilah “bubur” yang di gunakan dirumah makan ini agak sedikit berbeda konsepnya dengan bubur kebanyakan lainnya. Kalau bubur pada umumnya adalah nasi yang dimasak hingga lembek, tapi di rumah makan ini berbeda, karena “bubur” yang di maksud adalah nasi biasa yang di tuangi kaldu ikan yang super gurih dengan toping irisan filet ikan yang juga super empuk.

Sumber Gambar : Google Maps @Rio Vicaldo

Di rumah makan ini kamu dapat memilih berbagai macam toping ikan yang bisa kamu pilih untuk dinikmati, mulai dari ikan kakap merah, ikan alu – alu, ikan hiu hingga ikan napoleon. Ikan – ikan tersebut juga akan diiris dan dipotong di area depan rumah makan, sehingga kamu bisa memastikan kalau ikan yang akan kamu santap itu ikan masih segar.

Dari mulai pememesan hingga makanan yang kamu pesan disajikan siap untuk disantap, mungkin membutuhkan waktu sedikit lebih lama. Karena makanan yang kamu pesan akan diracik dan dimasak dengan resep rahasianya dan ketika selesai, kamu akan disuguhkan lezatnya semangkuk bubur serta aromanya yang menggugah selera.

Bubur ini juga kerap kali ditambahkan telur ayam kampung dan sayur-sayuran di dalamnya. Tak lupa juga toping ikan fillet yang telah kamu pilih dengan porsi yang menggunung terlihat juga diatas permukaan kuah kaldu, taburan bawang putih goreng, daun selada, irisan daun bawang dan irisan kecil ikan yang yang telah dimasak sebelum nya.

Untuk menambah rasa agar semakin mantap jangan lupa dicucuri air perasan lemon kecil yang biasa disebut jeruk sambal kemudian diaduk hingga rata dan ketika disantap, bubur ikan ini dijamin tidak akan berbau anyir atau amis yang menjadi ciri khas ikan, sebaliknya yang anda rasakan adalah kuah kaldu ikan yang gurih dengan rasa ikan yang manis.

Sumber Gambar : Tripadvisor

Untuk semangkuk bubur ikan (nasi dan sup ikan) bisa anda nikmati dimulai dari harga Rp. 35.000, tergantung dari jenis toping ikan yang anda pilih. Harga yang menurut kami layak karena rasa yang di tawarkan dan juga bahan – bahan segar yang mereka gunakan dalam masakan yang mereka sajikan.

Sumber Gambar: Instagram @adnan xfriend

Kamu juga bisa memesan nasi dan sup ikannya terpisah, bahkan kamu bisa memesan hanya sup ikannya saja sesuai dengan selera masing – masing. Setelah melahap bubur yang sudah anda pesan anda bisa menyegarkan tenggorokan anda dengan segelas jus jeruk segar yang juga dapat anda pesan di Rumah Makan Bubur Ikan Ahian.

Jadi buat sahabat Wisato yang hobi dengan wisata kuliner dan kebetulan sedang berada di Pontianak, sepertinya Rumah Makan Bubur Ikan Ahian bisa jadi salah satu tempat yang wajib anda kunjungi karena selain menjual makanan khas Pontianak, rasanya enak, sehat karena menggunakan bahan – bahan segar dan harganya juga terjangkau.

Buat sahabat Wisato yang sedang di Pontianak dan ingin mencoba Bubur Ikan Ahian ini anda bisa langsung menuju ke Jalan WR Supratman No. A3 / 27 Pontianak. Rumah Makan Bubur Ikan Ahian ini buka setiap hari dari jam 07.00 Wib sampai jam 14.00 Wib jadi pastikan anda datang ke Rumah Makan Bubur Ikan Ahian ini diantara jam tersebut.