in

Wisata Air Terjun Bunsel – Air Terjun Paling Eksotis Di Sulawesi

Sumber Gambar : Wartawisata.id

Buat sahabat Wisato yang suka Travelling sudah pasti tidak asing lagi dengan keindahan Pulau Sulawesi, pulau yang terkenal dengan keindahan lautnya dan juga keistimewaan adat istiadat setempat. Mendengar nama Pulau Sulawesi pasti yang terlintas dibenak kita adalah indahnya Pulau Samalona, sejuk dan asrinya alam pegunungan Malino serta kemisteriusan Goa Tampang Allo.

Tempat – tempat yang di sebutkan di atas adalah tempat – tempat wisata yang sudah “mainstream” atau sudah sangat sering dikunjungi wisatawan asing ataupun wisatawan lokal. Mungkin ada beberapa dari sahabat Wisato yang tidak atau kurang menyukai tempat – tempat wisata yang sudah “mainstream” sehingga mencari tempat wisata yang tidak biasa.

Air Terjun Yang Berbeda Dengan Air Terjun Pada Umumnya

Sumber Gambar: Instagram @ilham_syafaat66

Jika sahabat Wisato sedang berada di Sulawesi Selatan dan ingin mencari wisata yang masih tidak begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan, mau itu wisatawan asing ataupun lokal. Sahabat Wisato bisa langsung menuju ke tempat wisata bernama Air Terjun Bunsel yang terletak di Desa Bunobogu, Kabupaten Buol.

Tidak banyak yang tahu kalau Kabupaten Buol yang memiliki luas 4.043 km persegi dan berpenduduk tidak lebih dari 150.000 jiwa ini ternyata memiliki sebuah wisata alam air terjun dengan predikat air terjun paling eksotis di Sulawesi Selatan.

Sebenarnya untuk sebuah air terjun, Air Terjun Bunsel ini memiliki arus air yang tidak begitu kencang dan deras tetapi Air Terjun Bunsel ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh kebanyakan air terjun pada umumnya. Air Terjun Bunsel ini memiliki formasi – formasi batu alami yang begitu indah dan juga pemandangan hutan yang ada disekitarnya, ditambah lagi banyaknya akar – akar pohon yang seolah – olah mencengkram erat bebatuan tersebut.

Cocok Untuk Wisata Bersama Keluarga

Sumber Gambar : Instagram @cik_laling

Air Terjun Bunsel mungkin tidak se-terkenal air terjun lainnya yang berada di Sulawesi Selatan seperti Air Terjun Parangloe atau juga Air Terjun Bulan tetapi berkat keindahan formasi batu – batu yang terbentuk secara alami dan juga pemandangan hutan nan indah yang mengelilingi Air Terjun Bunsel, Air Terjun Bunsel pun mendapatkan predikat sebagai air terjun paling eksotis di Sulawesi Selatan.

Apalagi Air Tejun Bunsel memiliki arus yang cukup kecil dan tenang sehingga buat para sahabat Wisato yang juga ingin mengajak anak – anak yang masih kecil untuk bermain air sepertinya akan relatif lebih aman karena tidak takut akan arus yang deras. Jadi buat para sahabat Wisato yang sudah berkeluarga dan ingin bermain di air terjun Air Terjun Bunsel bisa menjadi pilihan yang jangan sampai terlewatkan.

Transportasi Yang Bisa Digunakan Untuk Menuju Ke Air Terjun Bunsel

Untuk menuju ke Air Terjun Bunsel para sahabat Wisato bisa menggunakan transportasi udara ataupun transportasi laut, sedangkan kami sangat tidak menyarankan menggunakan transportasi darat karena kondisi jalan yang tidak memadai.

1. Dengan Transportasi Udara

Sumber Gambar : Google Maps @RR

Untuk transportasi udara Kabupaten Buol sendiri baru dapat disinggahi oleh pesawat dengan kapasitas 12 orang dengan penerbangan seminggu sekali di Bandar Udara Buol. Ada dua transportasi yang bisa digunakan yaitu Bandara Jalaludin Gorontalo dengan penerbangan 3 kali sehari ke Jakarta atau juga bisa melalui Bandara Mutiara Palu yang terletak 570 km ke arah barat. Pada umumnya masyarakat Kabupaten Buol akan lebih memilih menggunakan Bandara Jalaludin Gorontalo karena jarak yang lebih dekat dan juga kondisi jalan yang lebih bagus dibandingkan harus melalui Bandara Mutiara Palu.

2. Dengan Transportasi Laut

Sumber Gambar : Shipapp.co.id

Sementara buat para sahabat Wisato yang lebih suka bepergian lewat laut sepertinya harus mengeluarkan waktu extra dan juga effort lebih karena untuk sementara kapasitas daya tampung pelabuhan yang ada di Kabupaten Buol khususnya pelabuhan Lokodidi belum dapat disinggahi oleh kapal – kapal Pelni. Pelabuhan yang dapat disinggahi oleh kapal Pelni terdekat adalah pelabuhan Tolitoli yang berjarak 154 km di sebelah barat Kabupaten Buol adapun pelabuhan yang digunakan untuk keperluan ekspor terletak 330 km ke arah timur yaitu Pelabuhan Angrek Provinsi Gorontalo.

Jadi buat sahabat Wisato yang ingin pergi ke wisata Air Terjun Bunsel ini harus benar – benar melakukan persiapan yang matang mau itu persiapan waktu atau pemilihan transportasi yang tepat sesuai dengan yang anda inginkan.