in

Bukit Bolau, Simak Keindahannya Disini!

Sumber Gambar: travel.dream.co.id

Ketinggian menjadi salah satu kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Walaupun, menuju ke atas sana membutuhkan perjuangan. Namun, keindahannya membuat wisatawan tidak mempedulikan rasa lelahnya. Termasuk, kawasan wisata di Bukit Bolau yang ada di kalimantan.

Bukit ini memang tampak mengesankan dengan pemandangan yang mengesankan. Banyak wisatawan yang datang dan pergi ke tempat ini. Terutama saat musim liburan tiba. Jumlahnya, bisa mencapai ratusan lho. Keunggulan dari tempat ini adalah suasananya yang memang juara.

Mengenal Bukit Bolau

Perlu diakui bila Kalimantan memang tidak memiliki dataran pegunungan yang mempunyai ketinggian diatas 2000 mdpl. Tetapi, setidaknya beberapa bukit yang ada disini cukup untuk mengobati keinginan mereka. Seperti halnya Bukit Bolau. Dengan pesona hutan dan juga jalanan yang menanjak menjadi salah satu opsi terbaik, menikmati pemandangan diatas awan.

Sumber Gambar: borneonews.co.id

Pemandangan yang akan disuguhkan pun juga tidak setengah-setengah. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari. Sekitar pukul 3 sore sampai 4 sore. Kamu bisa melihat banyak sekali pesona alam yang membuat kamu terdiam dan tidak bisa berkata apa-apa.

Cara Menuju Ke Bukit Bolau

Objek wisata ini terletak di Kelurahan Tapin Bini, Kecamatan Lamandau, Kabupaten Lamandau. Menuju ke kawasan ini, kamu bisa masuk ke Pangkalan Bun terlebih dahulu. Sudah banyak maskapai yang menyediakan berbagai penerbangan menuju ke tempat ini. Dengan harga mulai dari 500 ribuan dengan waktu tempuh mencapai 1 jam 30 menit.

Dari Bandara Iskandar Pangkalan Bun, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kelurahan Tapin Bini yang berjarak kurang lebih 4 jam 32 menit melalui jalan Ahmad Yani. Dari sini, kamu bisa meminta surat izin kepada kelurahan setempat sebelum mendaki. Biasanya, kamu akan diperiksa terutama dari segi kesahatan.

Bila tidak ingin membuang waktu lama ditempat ini, kamu bisa membawa surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit ternama. Kamu juga diwajibkan untuk mengisi seluruh data yang sudah disediakan.

Keindahan Bukit Bolau

Sumber Gambar: Instagram @andikarisfansyah

Seperti halnya pendakian sebuah gunung. Kamu akan disuguhkan dengan berbagai macam trek yang tidak mudah. Perjalanan pertama diselimuti dengan tanah yang terkadang becek dan licin. Apalagi, setelah turun hujan. Rasanya kamu harus berhati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh.

Sudut kemiringan yang harus kamu taklukkan mencapai 70 derajat lho. Cukup berat, apalagi bila kamu membawa tas carier yang berisi logistik seperti air minum dan juga makanan. Maklum saja, banyak wisatawan yang sering datang untuk berkemah.

Sumber Gambar: amazingborneo.id

Pesona matahari tenggelam dengan sinar senjanya memang sulit untuk dilewatkan. Terlebih lagi, pesona Kelurahan Tapin Bini bisa kamu lihat dari atas ketinggian. Cobalah bangun pukul 3 pagi. Bila beruntung, kamu bisa melihat pesona milky way yang seakan menjadi pemandangan utama di Bukit Bolau.

Selanjutnya, kamu bisa bangun pukul 5 pagi, untuk melihat detik-detik matahari terbit. Dari sini, biasanya banyak awan-awan yang bergerumul seperti negeri di atas awan yang sering digaungkan di beberapa gunung. Sungguh, pemandangan yang sayang untuk kamu lewatkan.

Tips dan Trik Mendaki

Sumber Gambar: amazingborneo.id

Perjalanan dari kelurahan menuju ke atas, kurang lebih 600 meter. Walaupun, tidak terlalu tinggi, sudut kemiringan mencapai 70 derajat membuat perjalanannya terasa sulit. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berolahraga terlebih dahulu. Terutama latihlah bernafas agar bisa membantu kamu sampai ke atas puncak.

Gunakan alas kaki yang nyaman dan tahan terhadap semua medan. Maklum saja, terkadang kamu akan melihat beberapa akar yang menjalar ke tanah dan bebatuan untuk berpijak. Kesulitan ini akan bertambah, bila kamu tidak memakai alas kaki yang nyaman, atau alas kaki rusak ditengah jalan.

Sumber Gambar: travel.dream.co.id

Jangan lupa bawa bekal berupa makanan dan minuman yang cukup dan plastik sampah. Di atas tidak ada satu pun warung yang jual. Jadi, kamu harus memperhitungkan semua kebutuhannya dengan baik. Jangan lupa pula bawa selimut tebal atau jaket, udara diatas akan sangat dingin diatas pukul 12 malam terutama saat musim kemarau.

Kesimpulan

Bukit Bolau menjadi salah satu kawasan yang harus kamu kunjungi. Tetapi, kamu harus bertanggung jawab dengan sampah yang kamu bawa ya. Karena, tempat ini tidak akan pernah menarik untuk dikunjungi kalau kotor dan penuh dengan sampah. Jadi, sudah siap mendaki Bukit Bolau?