OUR NETWORK

Melihat Keindahan Indonesia Dari Puncak Gunung Ciremai Via Linggarjati

Sumber Gambar: superadventure.co.id

Gunung Ciremai memang menakjubkan untuk di daki. Dimana, termasuk dalam 10 tertinggi di Jawa barat membuatnya selalu difavoritkan oleh para pendaki. Jalurnya yang tidak mudah, menjadi sebuah cerita tersendiri. Begitu Pula yang akan kalian hadapi di trek Linggarjati.

Satu hal yang harus kamu persiapkan adalah kebutuhan air. Dengan jalanan yang membuat lutut kamu lemas, membuat kebutuhan air sangat tinggi. Jangan lupa perbekalan lainnya seperti makanan yang akan kamu bawa untuk bekal diatas. Karena, suhu yang dingin membuat rasa lapar akan lebih sering menyerang.

Menuju Ke Basecamp Linggarjati

Sumber Gambar: dailyvoyagers.com

Bila kamu dari Jakarta, kamu bisa naik bus ke arah Terminal Cilimus. Begitu pula bila kamu naik kereta api. Turun di Stasiun Cirebon Prujakan, selanjutnya naik  bus menuju ke Terminal Cilimus Dari sini, kamu bisa naik ojek menuju ke Basecamp dengan biaya 15 ribu sampai 30 ribu rupiah.

Bila rombongan, kamu bisa carter angkutan yang biasanya harganya nego. Setidaknya kamu bisa nego di harga 500 ribu untuk pulang pergi. Kapasitas angkutan maksimal biasanya 15 sampai 20 orang. Kamu juga bisa menyewa mobil dari Stasiun Prujakan dengan harga 700 ribu sampai 900 ribu.

Waktu perjalanan menuju ke Basecamp kurang lebih 2 jam. Kamu bisa menawar untuk sekalian dijemput agar akses transportasi mudah. Untuk harga simaskinya per orang dikenakan 50 ribu rupiah dan sudah mendapatkan makanan.

Menuju Pos Cibunar, Leuweung Datar, Kandang Amis dan Kuburan Kuda

Sumber Gambar: dailyvoyagers.com

Menuju Ke Pos Cibunar dari basecamp ada yang menggunakan ojek dengan harga 20 ribuan saja. Menggunakan ojek adalah pilihan tepat. Tidak hanya menghemat waktu saja, kamu juga bisa menghemat tenaga. Nah, di pos ini kamu masih bisa membeli semua perlengkapan kebutuhan selama mendaki, karena masih banyak warung yang ada disini.

Menuju ke Leuweung Datar jalanan sudah berupa bebatuan, dan pemandangan hutan pinus terlihat sangat mengesankan. waktu yang dibutuhkan kurang lebih 30 menit sampai 40 menit. Menuju ke Kondang Anis kamu akan menempuh waktu kurang lebih 30 menit dengan tanjakan yang tidak jauh berbeda dengan pos sebelumnya.

Disini, kamu bisa melihat shelter yang kadang bisa digunakan untuk berteduh disaat hujan. Dari sini menuju ke Pos Kuburan Kuda kurang lebih 75 menit. Di pos ini cukup luas dan bisa untuk 10 tenda.

Menuju Pos Pangalap, Tanjakan Seruni

Menuju ke Pangalap membutuhkan waktu 75 menit. Kamu masih mendapati tanah padat yang menanjak. dari sini, ketinggian sudah berada di 1650 mdpl. Perjalanan ke puncak masih sangat jauh. Dari sini, menuju ke Tanjakan Seruni membutuhkan waktu 110 menit.

Kamu harus melewati tanjakan Bin-Bin yang benar-benar menguras tenaga, Jarang sekali yang namanya bonus. Jadi, persiapkan benar-benar fisikmu untuk bisa sampai di puncaknya ya.

Menuju Pos Bapa Tere,  Batu Lingga, Sangga Buana

Sumber Gambar: Instagram @rosedhiean

Menuju ke Pos Bapa Tere membutuhkan waktu 140 menit. Karena, kamu harus menanjak dengan kemiringan sampai 60 derajat. Kamu harus bisa berpegangan dengan akar pohon dan menyeimbangkan badan agar bisa naik sampai keatas.

Sesampainya di Pos Bapa Tere dengan ketinggian 2025 mdpl. Kamu sudah harus memikirkan bagaimana caranya mengatur nafas dengan baik. Karena, jalur selanjutnya harus kamu raih dengan cara memanjat. Untuk memudahkan kamu, sudah ada beberapa kain yang dipasang. Disini adalah Tanjakan yang paling fenomenal yang harus dilalui pendaki.

Untuk Batu lingga hingga sanggabuana. Trek yang harus dilalui masih sama. Total kamu akan menempuh waktu 200 menit. Biasanya, para pendaki akan mendirikan tenda disini, atau di sanggabuana dua yang tidak jauh letaknya.

Menuju Pos Pengasinan dan Puncak Ciremai

Bila tidak di sanggabuana, ada pendaki yang memilih untuk camp di pengasinan. Karena, disini letaknya lebih dekat dengan puncak. jalan bebatuan menanjak sudah siap untuk kamu taklukkan. Dari ketinggian 3078 mdpl ini kamu bisa melihat puncak Gunung Slamet, Sindoro, dan Sumbing serta lautan Cirebon yang mengesankan.

Kesimpulan

Waktu tempuh menuju ke atas kurang lebih 11 jam hingga 13 jam dan untuk turunnya bisa 5 jam sampai 7 jam. Memang, Gunung Ciremai memiliki trek yang sulit. Tetapi, pemandangan dua kawahnya sulit untuk kamu lupakan. Jadi, sudah siap menaklukkan Ciremai?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…