OUR NETWORK

Curug Cigumawang, Tempat Liburan Seru di Serang

Curug Cigumawang adalah salah satu Curug terkenal di Serang. Dimana, keindahannya sudah terdengar di seluruh penjuru Nusantara. Air yang mengalir dari atas menuju ke bawah begitu deras. Menghadirkan keindahan sempurna bagi siapa saja yang datang mengunjunginya.

Mengenal Curug Cigumawang

Sumber: Instagram @explore_Serang

Nama curug ini memang cukup unik, dimana diambil dari nama Bawang. Kenapa? Dahulu pada tahun 1970an, masyarakat sekitar melihat aliran dari curug ini seperti sebuah bawang.

Curug ini mempunyai tinggi kurang lebih 40 meter. Air yang turun berasal dari sumber mata air Gunung Buntu. Debit airnya memang sangat besar membentuk sebuah kolam alami. Banyak wisatawan yang sering memanfaatkannya untuk berenang atau hanya sekedar berendam saja.

Sumber: Instagram @saefullah_14

Ada sebuah mitos yang mengiringi kawasan ini. Dimana, seorang kekasih yang datang ke tempat ini maka bisa dipastikan mereka akan menikah dan hubungannya menjadi langgeng. Benar atau tidak hanya kamu yang bisa membuktikannya. Namanya juga mitos.

Ada juga yang percaya bila mandi disini juga bisa menyembuhkan kamu dari berbagai penyakit lho. Bisa dengan diminum airnya atau juga dibawa pulang. Airnya memang sangat jernih dan menyegarkan. Jadi, tidak ada salahnya kamu coba meminumnya.

Aktivitas di Curug Cigumawang

Banyaknya tebing membuat kamu bisa merasakan keseruan maksimal permainan outbound. Tebing-tebing yang menjulang tinggi membuat beberapa wisatawan sering memanfaatkannya untuk belajar panjat tebing.

Sumber: Instagram @apud_setiawan07

Tebing yang bisa dipilih cukup beragam mulai dari yang paling sulit hingga yang paling mudah sekalipun. Tetapi, saat musim penghujan kamu harus berhati-hati tebing-tebing ini terasa sangat licin.

Di tempat ini juga sudah disediakan camping area. Kamu bisa membawa tenda dan semua perbekalan dari rumah, hanya perlu meminta izin kepada warga setempat dan setelah itu kamu sudah bisa menikmati malam di Curug Cigumawang.

Sumber: ihategreenjello.com

Menariknya bermalam disini adalah adanya warung yang akan menemani kamu semalaman. Jadi, tidak perlu takut kelaparan atau kehausan. Bila kedinginan kamu juga bisa membeli minuman hangat.

Ada menu mie instan yang juga jadi favorit wisatawan yang sering camping. Apalagi, kalau sudah pukul 12 keatas. Makanan ini terasa sangat nikmat untuk disantap bersama dengan suara air yang turun ke bawah. Harganya juga tidak mahal lho, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

Suasana malam disini akan sangat dingin, jadi usahakan bawa jaket tebal. Karena berada di hutan belantara jangan lupa membawa perlengkapan lainnya seperti garam untuk mencegah datangnya ular yang masuk ke dalam.

Untuk fasilitas yang bisa kamu manfaatkan ada kamar mandi, kamar ganti baju. Ada juga mushola yang bisa kamu manfaatkan untuk beribadah. Apalagi, bagi umat muslim sarana ini memang sangat berarti.

Sumber: Instagram @wowbanten

Waktu berkunjung paling baik adalah musim pancaroba. Dimana debit air masih jernih dan cukup deras. Kalau datang di musim penghujan airnya tampak keruh jadi kurang menarik dijadikan sebagai tempat foto.

Bila datang di musim kemarau debit air kurang begitu deras. Jadi, kurang menarik walaupun banyak wisatawan yang suka datang di musim ini.

Cara menuju ke Curug Cigumawang

Curug ini terletak di Desa Kadu Bereum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten. Menuju ke objek wisata ini, kamu bisa memulainya dari Terminal Pakupatan.

Jarak dari sini menuju ke lokasi hanya 1 jam 10 menit dengan jarak 39 menit. Arahkan kendaraan kamu menuju ke jalan belakang terminal. Lalu, belok ke kiri ke Jl. Raya Serang – Jakarta, belok kiri menuju ke bhayangkara.

Sumber: Instagram @nurintandy

Setelah, 2 kilometer beloklah ke kanan hingga masuk ke Ajurum. Lurus sejauh 1,4 kilometer lalu, belok kiri menuju ke Jl. pandeglang. Arahkan kendaraan lurus hingga 5,6 kilometer kedepan setelah itu belok kanan masuk di jl. Palka.

Dari sini kamu bisa terus melaju selama 12 kilometer. Belok kiri sejauh 1 kilometer, lalu belok kanan sejauh 1,3 kilometer. Kamu sudah sampai di area parkir Curug Cigumawang. Untuk harga tiket masuknya hanya Rp2.500,00 dan biaya parkir untuk motor Rp3 ribu serta mobil Rp5 ribu.

Kesimpulan

Indonesia memang beragam dengan keindahan yang tidak akan pernah habis kamu eksplore. Salah satunya adalah Curug Cigumawang yang menghadirkan keseruan maksimal. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi objek wisata ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…