OUR NETWORK

Curug Jaga Pati, Tempat Terindah Di Garut yang Membutuhkan Tenaga Ekstra

Sudah bukan rahasia umum lagi bila pesona alam Jawa Barat mempunyai keindahan alam yang sangat mengesankan. Salah satunya adalah curug atau nama lain dari Air terjun yang unik. Bahkan, banyak spot instagramable yang hadir diantaranya. Seperti, Curug Jaga Pati yang mempesona dengan undakannya.

Mengenal Curug Jaga Pati

Sumber: Instagram @roviiovi

Aliran dari Curug Jaga Pati ini berasal dari Gunung Limbung yang mengalirkan sungai Cilimbung. Nama air terjun ini memiliki arti menjaga kematian. Cukup mistis ya, tetapi arti sebenarnya bukanlah tentang kematian.

Melainkan, menjaga ekosistem yang ada di tempat ini. Mulai dari Hulu hingga ke Hilirnya. Sehingga, saat hulunya tercemar, maka seluruh ekosistem juga akan tercemar yang membuat kawasan sekitar yang berisi pepohonan akan mati.

Keindahan Curug Jaga Pati

Sumber: Instagram @hadi_an_advanturer

Salah satu keindahan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah hadirnya sebuah kolam yang cukup lebar dengan pemandangan yang sangat mengesankan. Airnya sangat dingin, cocok sekali bagi kamu yang datang saat siang hari.

Sumber: Instagram @jurightertawa_

Bila kamu mengunjunginya saat musim kemarau, kamu akan melihat warnanya berubah menjadi tosca. Di musim ini pula debit airnya tidak terlalu deras, tidak pula sedikit.

Bila di musim penghujan debit air akan semakin deras. Airnya juga tampak keruh sehingga kurang direkomendasikan. Jangan lupa bawa kamera karena, sekitarnya begitu instagramable.

Cara Menuju ke Curug Jaga Pati

Curug Jaga Pati terletak di desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Menuju ke objek wisata ini kamu bisa pergi ke kecamatan pameungpeuk atau kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Pantai Santolo.

Sumber: Instagram @singgihrinaldi

Tetapi, jangan sampai ke pantai. Ikuti papan petunjuk menuju ke Kebun Teh Neglasari. Sesampainya di perkebunan, carilah SMPN 3 Cisompet. Masuklah ke jalan utamanya yang sudah lumayan baik.

Ikuti saja jalannya hingga kamu menemukan area parkir yang akan dipenuhi oleh mobil dan motor. Dari sini, kamu akan dibawa trekking menuju ke curug. Perhatikan benar jalanan tidak hanya licin saja. Kamu juga bisa menemukan sungai serta lumpur jadi, kamu harus berhati-hati.

Mitos dan Tips Curug Jaga Pati

Curug ini sama seperti dengan tempat lainnya. Dimana, kamu bisa melihat adanya sebuah mitos yang sangat dipercaya oleh warga sekitar. Kalian tidak diizinkan mengunjungi tempat ini pada hari selasa dan jumat. Kamu bisa celaka lho.

Mari kita lewatkan mitos yang selalu dijunjung tinggi oleh penduduk sekitar. Mengunjungi kawasan ini memang tidak mudah. Ada beberapa tips yang bisa kamu simak saat mengunjungi Curug Jaga Pati.

Sumber: Instagram @deny_le_

Pertama, gunakanlah sepatu yang nyaman karena, jalurnya yang cukup menantang. Apalagi, kalau kamu datang di musim penghujan. Kondisinya akan semakin licin dan bisa membuatmu terjatuh.

Jangan pernah lelah dan malu bertanya dengan penduduk sekitar ya. Karena, papan petunjuknya yang masih minim membuat kamu tersesat kalau tidak bertanya. Jangan lupa bawa perbekalan sendiri dari rumah ya, karena belum banyak warung yang berdiri disini. 

Kamu juga wajib membawa kantong plastik sendiri dari rumah. Kantong ini bisa kamu gunakan untuk tempat sampah. Curug Jaga Pati mempunyai tingkat kebersihan yang cukup bagus. Jadi, jangan sampai kamu mengikutinya ya.

Sumber: Instagram @herdyansyahh

Sebenarnya, tempat ini tidak mempunyai jam buka atau tutup. Tetapi, lebih baik tiba disini pada pukul 3 sore. Perjalanan menuju ke titik lokasi satu jam. Disana kamu bisa bermain-main salam satu jam atau lebih.

Tepat pukul 5 atau sebelumnya, kamu bisa pulang dan tiba di area parkir 40 menit kemudian. Waktu terbaik yang bisa kamu pilih. Karena, bila terlalu malam akan sangat berbahaya. Lantaran, kondisinya yang sangat gelap.

Kesimpulan

Bagi kamu yang mencari penginapan di sekitar curug jaga pati memang belum banyak. Jadi, lebih disarankan mengunjungi tempat ini setelah kamu mendapatkan tempat penginapan.

Curug Jaga Pati salah satu bagian dari Jawa Barat yang harus kamu kunjungi. Kesegaran airnya menjadi yang paling diminati. Kamu bisa berenang di kolam alami dengan suasana yang teduh dan damai. Jadi, kapan kamu akan mengunjungi tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…