OUR NETWORK

Curug Ciparay, Bukan Curug Musiman yang Membuat Kamu Patah Hati

Diantara semua air terjun yang ada di Indonesia nama Curug Ciparay pasti menjadi  salah satu destinasi favorit wisatawan. Bagaimana tidak, ada begitu banyak keindahan dan kemegahan alam yang bisa kamu nikmati disini. Mulai dari suasana hingga spot foto yang begitu mengesankan. 

Sumber: Instagram @wandi_ngaprak

Bagi kamu yang belum pernah sama sekali pergi ke tempat ini dan ingin mencoba datang berkunjung. Simak dahulu beberapa fakta menarik yang ada di Curug Ciparay. Seperti, yang ada di bawah ini.

Bukan Curug Musiman

Sumber: Instagram @rezanrmn

Seperti, kita ketahui bahwa curug mempunyai dua jenis. Ada yang musiman atau hanya pada saat musim kemarau saja. Ada pula yang selalu menarik dikunjungi setiap waktu. Curug di kaki Gunung Salak ini bisa kamu kunjungi setiap waktu.

Tetapi, waktu yang paling baik adalah musim pancaroba. Dimana, airnya masih sangat jernih dengan debit air yang masih cukup deras. Bila di musim penghujan, air terjun yang mempunyai tinggi 75 meter ini tampak keruh dan kurang bagus untuk selfie.

Sumber: Instagram @peirifai12

Karena debit air sangat deras, jangan sekali-kali mendekatinya ya. Cukup nikmati beberapa meter dari curug. Di sekelilingnya kamu akan disuguhkan dengan pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri.

Memiliki Pesona Wisata yang Berbeda

Sumber: Instagram @premkan

Lokasi air terjun ini memang sedikit masuk ke dalam hutan. Bebatuan yang tidak beraturan menjadi sajian lengkap untuk urusan spot foto. Selain itu, banyak pula ditumbuhi lumut yang membuatnya licin. Sehingga, kamu harus berhati-hati.

Disini, kamu akan menemukan sebuah kolam alami. Dengan kedalamannya mulai dari 1 meter hingga 3 meter. Perhatikan betul petunjuk yang ada. Karena, debit air bisa sewaktu-waktu membludak sehingga, bisa membahayakan kamu.

Adanya Telaga

Curug Ciparay menjadi awal dari hadirnya 3 sungai yaitu Cikuluwung, Cikawung, Ciparay. Nah, tidak jauh dari kawasan ini ada sebuah telaga yang warna biru kehijauan serta gradasi warna merah kecoklatan. Sayangnya, kamu dilarang untuk berenang disini, karena telaga ini memiliki pusaran yang sangat deras.

Siapkan Tenaga Ekstra

Sumber: Instagram @harunarrasyid18

Satu yang harus kamu ketahui sebelum pergi menuju ke curug ini. Siapkan tenaga ekstra. Karena, kamu harus trekking cukup jauh dengan medan yang juga tidak mudah. Hal ini pasti disukai oleh para pecinta ulama yang ingin menantang diri mereka.

Ada barisan anak tangga yang sebenarnya sudah disusun. Estimasi waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit. Ada tanjakan dan turunan yang mengharuskan kamu berhati-hati. Jembatan kayu dan tanah merah juga menjadi sebuah suguhan yang tak akan kamu lupakan.

Sumber: Instagram @zombitertawa

Kawasan ini terletak di Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kamu bisa memulai dari stasiun Bogor. Arahkan kendaraan menuju ke Jalur Dramaga ke cibatok sampai ke kecamatan Pamijahan. Kamu bisa bertanya ke penduduk sekitar atau mengikuti papan petunjuk yang sudah disediakan.

Harga yang ramah

Sumber: Travels Promo

Objek wisata ini memang menjadi incaran semua wisatawan. Selain cantik, harganya pun juga tidak mahal lho. Kamu hanya dikenakan Rp10 ribu saja untuk tiket masuknya. Ditambah bea parkir sebesar Rp5 ribu untuk motor dan Rp10 ribu untuk mobil. Ditambah dengan Rp10 ribu saat memasuki area wisata.

Bagi kamu yang ingin menginap, di sekitar curug sudah banyak penginapan yang disewakan. Mulai dari Rp100 ribu hingga Rp300 ribu. Ada yang hanya dirumah warga hingga penginapan yang dibangun megah dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

Kesimpulan

Satu hal yang harus kamu bawa adalah baju ganti. Maklum saja, sesampainya di lokasi kamu kamu akan disuguhkan dengan aliran air sungai yang sangat jernih. Bagi kamu yang menyukai air, pasti tidak sabar ingin bermain-main.

Sumber: Instagram @azizah_inst

Jangan lupa juga menikmati kopi Ciputri yang menjadi kopi khas warga pamijahan. Jenisnya adalah robusta dan arabika panen setiap bulan juni dan juli. Kamu bisa membelinya langsung dari petani dengan harga yang cukup murah lho.

Curug Ciparay menjadi destinasi wisata yang sulit untuk dilupakan. Dimana, air terjunnya yang ada dua, pepohonan warna-warni menjadi spot angle yang sayang untuk ditinggalkan. Jangan lupa bawa kamera dan kantong sampah. Jadi, semua makanan dan minuman kemasan yang kamu bawa, bisa disimpan dan dibuang pada tempatnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…