OUR NETWORK

Curug DengDeng, Curugnya Orang-Orang Jomblo

Alam memang menyajikan berbagai macam kebutuhan. Mulai dari makanan hingga kebutuhan untuk relaksasi. Dimana, Air terjun terkadang menjadi sebuah pilihan yang tepat. Walaupun, untuk bisa menuju kesana, kamu harus melalui sebuah perjuangan yang cukup tinggi. Seperti, Curug Dengdeng yang menghadirkan keindahan luar biasa.

Alamat dan Cara Menuju Ke Lokasi

Sumber: Instagram @waragan_rahman

Curug Dengdeng sendiri terletak di Desa Cikawungading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat. Bagi kamu yang berada di luar Tasikmalaya, bisa menggunakan transportasi kereta api dan turun di stasiun Tasikmalaya.

Selanjutnya, perjalanan bisa menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 1 jam 57 menit dengan jarak yang harus ditempuh 58 Kilometer. Setelah keluar dari stasiun masuklah menuju jalan RAA. Wiratanuningrat. Kemudian, setelah 2 menit berjalan kamu akan masuk ke jalan sumedang – cibeureum menuju ciherang. 

Tetap dijalan ini sejauh 6,4 kilometer hingga akhirnya kamu akan masuk ke Jl. Raya Salopa hingga Jl. Lengkong Barang ke Tawang sejauh 24,9 kilometer. Hingga kamu akan sampai di titik lokasi. Harga tiket masuk ke lokasi ini adalah Rp5 ribu ditambah dengan parkir untuk motor Rp5 ribu dan Mobil Rp10 ribu.  Cukup murah bukan biaya yang harus kamu bayar menuju ke objek wisata ini.

Mengenal Curug Dengdeng

Sumber: Instagram @bakri_pakoth

Keindahan Curug Dengdeng sudah bisa kamu lihat saat pertama kali menginjakan kaki disini. Dimana, tempat ini memiliki kurang lebih 3 tingkatan dalam satu kawasan. Ada yang 11 meter, 9 meter dan yang paling tinggi 13 meter. Di setiap tingkatan mempunyai Debit yang cukup deras.

Sumber: Instagram @andre_ariyan

Selain itu, airnya sendiri cukup dingin dan menyegarkan. Apalagi, kalau kamu datang saat siang hari. Rasanya enggan untuk beranjak dari tempat ini. Panorama lain yang bisa kamu perhatikan adalah air terjunnya yang memanjang dengan susunan batu. Debit air yang cukup deras membuatnya membentuk seperti sebuah Tirai.

Kisah Menarik Curug Dengdeng

Sumber: Instagram @relixapip

Ada kisah menarik yang menyelimuti kawasan ini. Dimana, cerita-cerita ini begitu dipercaya oleh masyarakat sekitar. Menjadi buah bibir yang tidak pernah berhenti, bahkan sampai sekarang. Pertama, tempat ini pernah disinggahi oleh Nabi Daud As. 

Beliau, berwudhu tepat di aliran airnya sebelum mengumandangkan adzan yang suaranya sangat merdu. Ajaibnya, mendengar lantunan suaranya itu, membuat alam disekitarnya menjadi sangat cerah. Pepohonan tampak lebih hijau dari biasanya.

Sumber: Instagram @999muhamadyusuf

Oleh karena itu, tidak heran bila ada sebuah mitos yang juga dipercaya. Siapa yang mandi di tingkatan pertama. Lantunan Suaranya akan sangat merdu seperti Nabi Daud As. Entah benar atau tidak, namanya juga sebuah mitos dan cerita rakyat. Selanjutnya, ada lagi yang menceritakan tentang sebuah peperangan yang terjadi antara Pangeran Jaya Laksana  dengan Pangeran Jaya Nalangsa. Hal tersebut diperkuat dengan adanya sebuah makam di bawah aliran curug yang dipercaya adalah salah satu diantara keduanya.

Mitos-Mitos

Bukan Indonesia namanya kalau di setiap tempat wisata tidak diselimuti sebuah mitos yang menarik Seperti, Curug Dengdeng yang mewajibkan kamu untuk mandi disana. Karena, bagi kamu yang masih belum punya pasangan, dengan mandi jodoh kamu akan dilancarkan.

Tips Mengunjungi Curug Dengdeng

Sumber: Instagram @harunarrasyid18

Berbicara mengenai segi fasilitas, kawasan ini sudah cukup baik. Apalagi, dengan bertambahnya wisatawan yang datang silih berganti setiap harinya. Hanya saja, kamu perlu membawa bekal sendiri dari rumah. Maklum saja, perjalanan dari are parkir menuju ke lokasi cukup jauh. Warung-warung belum banyak berdiri disini. 

Sumber: Instagram @rayghipary

Bagi kamu yang penasaran dengan keindahannya, maka disarankan untuk mengunjungi kawasan ini pada musim pancaroba saja. Diantara bulan mei sampai juli. Karena saat musim penghujan debit air memang sangat deras, tetapi airnya tampak keruh. Sehingga, kurang instagenic untuk dijadikan sebagai spot foto.

Sumber: Instagram @relixapip

Jangan lupa pula untuk tetap menjaga kebersihan, karena tempat ini begitu menarik akibat kebersihannya yang benar-benar bisa diacungi jempol. Jadi, bawalah tas kresek untuk tempat sampah dan buanglah pada tempat yang sudah disediakan sewaktu di area parkir.

Kesimpulan

Curug Dengdeng adalah salah satu wisata di Jawa Barat yang tidak bisa kamu hindari. Suguhan alamnya memang mengesankan dan membuat kamu terpukau akan kemewahannya. Kisah-kisah yang dihadirkan juga tidak kalah menariknya. Jadi, sudah siapkah kamu mengunjungi objek wisata di Tasikmalaya ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…