OUR NETWORK

Taman Nasional Gunung Ciremai, Eloknya Tak Terhankan

Di Indonesia ada begitu banyak Taman Nasional yang berdiri. Salah satu fungsinya adalah melindungi hutan dan segala habitatnya, agar tidak dirusak oleh tangan-tangan manusia yang terkadang tidak pernah peduli. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Ciremai yang menyimpan berjuta pesona di dalamnya.

Sumber: Instagram @torik_twelve

Luas kawasannya, kurang lebih 15,8 ribu hektar yang menjadi rumah bagi Gunung Ciremai. Gunung berapi aktif yang mempunyai tinggi 3070 mdpl. Mempunyai kawah dengan diameter mencapai 600 meter dan mempunyai kedalaman 250 meter.

Mengenal Taman Nasional Gunung Ciremai

Penetapan kawasan ini sendiri sebagai Taman Nasional dilakukan pada tanggal 22 September 1930 oleh pemerintahan Hindia Belanda. Salah satu keindahan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah keanekaragaman flora.

Berdiri berbagai macam pepohonan seperti, Mara, Saninten, Puspa, Ki Sapu, Mareme. Memiliki kurang lebih 119 koleksi tumbuhan. Mempunyai kurang lebih 40 Jenis Anggrek. Bagi kamu yang menyukai bunga ini, sangat disarankan mengunjungi taman ini, dan saksikan sendiri keindahannya.

Sumber: Instagram @purapuratertawa

Tidak hanya Bunga Anggrek saja, kamu juga bisa menikmati tumbuhan hias lainnya seperti kantung semar dan juga Dadap Jingga. Sementara, dari segi keanekaragaman Fauna, Taman Nasional Gunung Ciremai menjadi rumah bagi Burung Elang Jawa.

Sumber: Instagram @aang_buluck

Ada juga macan Kumbang, kijang, engkek keling, ular sanca, serta kijang. Tidak hanya itu saja, fauna dengan jenis yang langka pun juga bisa kamu lihat disini seperti, Cica Matahari, dan juga Poksay Kuda. Semuanya, bisa kamu lihat dengan mata telanjang. tetapi, diharapkan ikuti semua arahan dari petugas ya, karena tanpa petugas kamu sulit menemukan semua spesiesnya.

Apakah cukup sampai disitu? Belum, di Dalam Taman Nasional kamu akan menemukan keindahan lain. Panorama alam yang tersembunyi dan wajib kamu kunjungi untuk dinikmati. Berikut, beberapa pilihan tempat yang bisa kamu kunjungi saat menjelajah Taman Nasional ini.

Telaga Remis

Sumber: Instagram@wisatacirebon_id

Luas kawasan ini kurang lebih 2,82 hektar. Ada banyak aktivitas yang bisa kamu nikmati mulai dari memancing atau juga mengayuh sepeda air. Suasana dinginnya membuat kamu betah berlama-lama. Apalagi, bagi mereka yang stres akibat banyaknya beban pekerjaan.

Tidak jauh dari telaga ini, kamu bisa melihat pepohonan pinus yang menjulang tinggi. Kamu bisa berjalan-jalan di bawahnya. Mendengarkan suara kicauan burung yang terdengar merdu. Biasanya, banyak wisatawan yang memanfaatkannya sebagai salah satu spot foto.

Curug Putri

Curug Putri ini menjadi satu tempat yang bisa kamu kunjungi untuk pertama kali. Dimana, jaraknya hanya 300 meter saja dari pintu masuk. Memiliki tinggi kurang lebih 20 meter. Debit airnya pun cukup deras. Sehingga, kamu bisa merasakan bagaimana segarnya guyuran air terjun ini membasahi tubuhmu.

Situ Cicerem

Sumber: Instagram @rianmuhtazam

Tidak hanya di Lombok saja yang mempunyai air sebening cermin. Tetapi, di kawasan ini, kamu juga bisa menemukannya. Situ Cicerem atau yang sering disebut dengan Danau Cermin. Sayangnya, kamu tidak bisa berenang disini. Sehingga, lebih baik menikmatinya dan mengabadikannya ke dalam foto dan gambar.

Sumur Tujuh Cikajayan

Sumber: MerahPutih

Selanjutnya ada Sumur Tujuh Cikajayan. Dimana, unsur ini mempunyai unsur religi dan mitos yang cukup kuat. Banyak yang percaya mengenai keberadaannya yang sudah ada sejak lama, menjadi sebuah petilasan Walisongo yang wajib kamu kunjungi.

Sebenarnya masih ada banyak lagi yang masih bisa kamu eksplore disini. Salah satunya adalah Puncak Ciremai yang menjadi impian para pendaki. Atau juga Situ Sangiang yang memiliki suasana yang sangat tenang, teduh dan damai. Sangat Cocok sebagai tempat pelarian.

Kesimpulan

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Bagi kamu yang ingin menyatu dengan alam lebih dalam lagi. Cobalah untuk camping di bumi perkemahan yang sudah disediakan. Hamparan pohon pinus akan menemai setiap saat. Kamu juga bisa membuat api unggun, tetapi harus berhati-hatinya ya. Biasanya wisatawan yang datang untuk kemah, sebelumnya mereka sudah mencari kebutuhan logistik dengan memancing di telaga remis, kemudian hasilnya untuk santapan malam.

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah rumah bagi berbagai macam flora dan fauna yang mengesankan. Keindahannya memang tidak bisa diduakan dengan apa pun.  Dengan iklim dan topografi yang mengesankan, membuat objek wisata ini wajib kamu kunjungi.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…