OUR NETWORK

Curug Sodong, Tingkatan Pertama Dalam Aliran Sungai Ciletuh

Siapa yang tidak mengenal Geopark Ciletuh. Dimana, kawasan ini menjadi panggung alam yang sangat megah. Banyak air terjun yang tersembunyi di dalamnya. Sayangnya, kamu harus mempersiapkan tenaga ekstra untuk bisa menjelajahnya. Salah satunya adalah Curug Sodong.

Sumber: Instagram @ratnajanuarita1

Banyak yang menyebutnya sebagai curug kembar. Lantaran, alirannya ada dua dan saling berdekatan. Seperti, seorang manusia kembar yang tidak bisa terpisahkan. Menariknya, debit airnya juga sama-sama deras lho. Walaupun, saat musim kemarau kamu hanya bisa melihat percikan air yang tidak terlalu deras.

Mengenal Curug Sodong

Curug ini mempunyai tinggi kurang lebih 20 meter. Menuju ke titik lokasi tidaklah sulit, karena kamu cukup menuruni beberapa anak tangga yang sudah dibuat oleh pihak pengelola. Selain itu, ada juga beberapa pondok atau saung yang bisa digunakan untuk kamu beristirahat. Jalanan yang akan kamu lalui juga sudah cukup baik. Bahkan, dari area parkir saja, kamu sudah bisa melihat pesonanya.

Sumber: Instagram @m.erwan_

Disebut dengan nama Sodong lantaran, di tempat ini ada sebuah cekungan yang bentuknya menyerupai sebuah Goa. Nah, penduduk sekitar menyebut panorama tersebut dengan nama Sodong. Air terjun ini berada di aliran air terjun lainnya. Jadi, jangan heran bila kamu datang di tempat ini kamu bisa melihat seperti ada air terjun di atasnya. Biasanya, kamu bisa melihatnya pada saat langit diatas sangat cerah. Debitnya sangat deras, menghadirkan angin yang sangat kencang. Oleh karena itu, jangan terlalu mendekat bila tidak ingin baju kamu basah kuyup Karena percikan airnya cukup kuat lho.

Keindahan Curug Sodong

Sumber: Instagram @ariefbendroong

Bebatuan-bebatuan terlihat menyebar ke seluruh penjuru. Ada sebuah kolam alami yang bisa kamu lihat di bawah aliran air terjunnya. Tetapi, banyak yang menyarankan untuk tidak berenang atau juga berendam di tempat ini.

Kondisinya sangat asri dan cocok bagi kamu yang ingin bersantai-santai atau menghirup udara segar. Apalagi, kamu sudah disediakan tempat di bawah pepohonan yang akarnya menjulang sebagai tempat duduk.

Sumber: Instagram @bagas.widiyanto

Kamu tidak perlu membawa perbekalan dari rumah. Karena, tidak jauh dari sini sudah ada warung-warung yang menjual makanan dan minuman yang cukup lengkap lho. Kamu bisa pilih satu per satu dengan harga mulai dari 10 ribuan.

Disampingnya, terdapat berbagai macam pepohonan hijau yang begitu teduh dan mengesankan. Jadi, jangan lupa bawa kamera jahat kamu agar setiap momen yang 

Mitos yang berkembang

Bukan Geopark Ciletuh namanya bila tidak mempunyai mitos-mitos yang menarik. Salah satunya adalah bagi kamu sepasang kekasih yang belum menikah. Dilarang untuk mandi dan berenang di sebuah danau kecil yang merupakan tumpahan dari air terjun.

Sumber: Instagram @otama.travel

Bila mereka tidak percaya bisa saja, kedua pasangan ini akan mati tenggelam. Kisah ini pun pernah terjadi pada tahun 2000an. Apesnya lagi jasad mereka tidak ditemukan dinyatakan hilang. Agar kejadian yang sama tidak terluang kembali. Ada tanda bahaya yang harus kamu patuhi.

Cara Menuju Curug Sodong

Curug Sodong sendiri terletak di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Jarak dari Stasiun Sukabumi kurang lebih 100 km atau menempuh jarak 3 Jam 30 menit. Melalui Jalan Nanggeleng – Cirahayu dan juga Jl. Otto Iskandar Muda. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi maps online yang saat ini sudah bisa menemukan letak curug ini.

Untuk masuk ke objek wisata ini, kamu wajib membayar harga tiket Rp3.000 saja. Ditambah dengan uang parkir khusus untuk motor sebesar Rp3 ribu dan untuk mobil Rp5.000. Harga yang cukup bersahabat bagi sebuah potongan surga yang mengesankan.

Kesimpulan

Sayangnya, di sekitar ini belum terdapat banyak penginapan yang berdiri. Jadi, kamu harus mencarinya agak jauh dari tempat ini. Oleh karena itu, disarankan agar kamu mendapatkan penginapan terlebih dahulu daripada menuju ke objek wisata ini.

Curug Sodong menjadi salah satu cara untuk kita belajar alam kehidupan. Tidak semua yang melelahkan dan penuh keringat itu hasilnya akan buruk. Bila ditekuni dan yakin akan menciptakan sesuatu hal yang baik. Jadi, kapan kamu akan menguji diri dengan mengunjungi Curug Sodong?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…