in

Danau Kelimutu – Danau Indah Nan Unik Yang Dapat Kalian Temukan Di Nusa Tenggara Timur

Sumber Gambar: regional.kompas.com

Tahukah kalian jika Nusa Tenggara Timur memiliki sebuah lokasi wisata danau yang sangat ikonik? Lokasi wisata tersebut adalah Danau Kelimutu yang pernah menjadi gambar yang ada ada uang pecahan 5.000 pada tahun 1992 dan merupakan salah satu lokasi yang sampai saat ini menjadi lokasi wisata favorit. Banyak para wisatawan yang ketika datang berkunjung ke Nusa Tenggara Timur ini pasti menyempatkan untuk mengunjungi lokasi wisata Danau Kelimutu yang satu ini.

Sumber Gambar: mediaindonesia.com

Lokasi wisata Danau Kelimutu ini sendiri terletak di kawah Gunung Kelimutu yang dapat kalian temukan di Pulau Flores yang mana berada di ketinggian hingga mencapai 5.377 meter di atas permukaan laut. Akan tetapi tidak perlu khawatir kalian sudah dapat mencapai ke lokasinya dengan menggunakan sepeda motor kok, jadi kalian tidak perlu khawatir harus melakukan trekking dari bawah.

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Danau Kelimutu ini sendiri memiliki luas sekitar 1.051.000 meter persegi dan memiliki keunikan dengan memiliki tiga warna berbeda yaitu Merah, Biru dan juga Putih yang mana memiliki pesona yang berbeda. Kalau begitu memangnya seberapa menyenangkannya sih menghabiskan waktu liburan kalian di lokasi wisata Danau Kelimutu yang sudah sangat ikonik ini.

Untuk memberikan kalian gambarannya akan kami berikan kalian beberapa informasi menarik mengenai hal – hal apa saja yang akan membuat kalian untuk betah berlama – lama menghabiskan waktu liburan kalian.

Arti Warna Dari Danau Kelimutu

Sumber Gambar: doyanjalan.com

Seperti yang sudah kami singgung sedikit diatas jika Danau Kelimutu ini sendiri memiliki tiga warna yang indah yaitu warna Merah, Biru dan juga Putih yang mana menurut masyarakat setempat memiliki artinya masing – masing. Masyarakat setempat yakin jika Danau Kelimutu merupakan tempat berkumpulnya para jiwa – jiwa bagi mereka yang sudah meninggal sehingga memiliki kekuatan alam yang besar.

Oleh sebab itu, masyarakat setempat juga yakin jika masing – masing dari warna danau memiliki arti yang masih ada hubungan dengan jiwa – jiwa yang sudah meninggal tersebut, sehingga tiap kali berubah warna maka mereka akan memberikan sesaji. Nah, untuk artinya sendiri warna merah diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya jiwa – jiwa bagi mereka yang selama hidup melakukan kejahatan.

Sedangkan untuk warna putih diyakini oleh masyarakat setempat sebagai tempat berkumpulnya para jiwa – jiwa mereka yang sudah tua sedangkan untuk warna biru dipercaya sebagai berkumpulnya jiwa – jiwa yang meninggal dengan usia yang masih muda.

Festival Adat Pati Kai

Sumber Gambar: inibaru.id

Setiap tahunnya sekitar pada tanggal 14 Agustus masyarakat di sekitar lokasi wisata Danau Kelimutu ini akan menyelenggarakan sebuah Festival Adat bernama Pati Kai yang jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti memberi makan. Sesuai dengan namanya Festival Adat Pati Kai ini sendiri merupakan sebuah upacara adat untuk memberi makan kepada para leluhur yang mereka lakukan di Danau Kelimutu ini.

Makanan yang akan mereka berikan berupa sesaji yang mereka sebut dengan “Wawi” yang mana merupakan sebuah hidangan babi dan juga “Moke” yang merupakan minuman beralkohol. Saat melakukan Festival Adat Pati Kai ini para masyarakatnya setempat akan menggunakan baju adat berupa Sarung dan juga atasan bernama “Lawo Lambu” yang merupakan pakaian adat masyarakat setempat.

Festival Adat Pati Kai ini sendiri merupakan salah satu daya tarik utama bagi lokasi wisata Danau Kelimutu ini tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri akan tetapi juga wisatawan mancanegara sehingga kalian akan menemukan banyak turis asing yang mengenakan Lawo Lambu ini.

Salah Satu Spot Untuk Menikmati Sunset Terbaik

Sumber Gambar: Google Maps @Dania Rukiyah

Jika kalian senang dengan pemandangan alam berupa Sunset maka kalian datang di tempat yang tepat, dengan ketinggian yang mencapai lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut ini tidak heran jika Danau Kelimutu menawarkan pemandangan Sunset yang sangat mengesankan. Bahkan banyak yang mengklaim jika Danau Kelimutu adalah salah satu spot terbaik yang bisa kalian kunjungi jika kalian ingin menikmati keindahan Sunset yang khas.

Lokasi Dan Alamat Danau Kelimutu

Kalian tertarik? Kalau begitu kalian dapat mengunjungi lokasi Danau Kelimutu yang dapat kalian temukan lokasinya di Woloara, Kelimutu, Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang sudah dapat kalian akses dengan cukup mudah.