in

Danau Kota Citra Banjarbaru, Tempat Ngadem Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Danau Kota Citra Banjarbaru, Tempat Ngadem Bersama Keluarga di Akhir Pekan

Sumber Gambar: klikbanjar.com

Apa yang pertama kalian pikirkan ketika mendengar kata Kalimantan? Hutan, gambut, tambang, atau mungkin orang utan? Ya, memang seperti itulah gambaran singkat soal kalimantan. Tapi, tak hanya itu, pulau terluas di Indonesia ini juga memiliki keindahan tersendiri di tengah-tengah lebatnya hutan dan pertambangannya yang kian marak. Seperti halnya di Kalimantan Selatan, di sana kamu bisa menemui danau wisata dengan konsep yang mengesankan. Pokoknya sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat refreshing atau wisata bersama keluarga. Penasaran dengan tempatnya? Ini nih, namanya Danau Wisata Kota Citra Graha Banjarbaru. Tanpa harus berlama-lama, mari kita kenalan dengan destinasi wisata yang satu ini, siapa tau akhir pekan nanti ingin coba berkunjung.

Di Sini Lokasinya!

Lokasi dari Danau Wisata Kota Citra Graha berada di dalam komplek permuahan elit Kota Citra Graha, tepatnya di Jalan A. Yani, KM 17, Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan. Dari pusat Kota Banjarbaru, kamu hanya butuh waktu tempuh selama 30 hingga 45 menit untuk bisa sampai di perumahan elit yang satu ini, dengan jarak perjalanan sekitar 20 km. Jalan menuju ke sana juga tak susah, selayaknya perumahan elit lainnya, kondisi jalan menuju ke Kota Citra Graha sudah sangat memadai dengan jalanan yang lebar dan beraspal mulus. Mau ke sana pakai roda dua oke, pakai roda empat juga oke. Senyaman kamu.

Keindahan Danau Wisata Kota Citra Graha

Danau ini sebenarnya bukan terbentuk secara alami, melainkan danau buatan yang memang ditujukan sebagai tempat penampungan air untuk mencegah terjadinya banjir di perumahan tersebut. Meskipun demikian, danau ini tetap terlihat cantik dan menawan dengan rimbunnya pepohonan di bagian tepinya. Ada juga patung a’la Merlion yang berdiri di salah satu sudut danau, yang seakan menambah cantik tempat yang satu ini.

Banyak Aktivitas Seru yang Bisa Kamu Lakukan di Sini, Sob!

  • Memancing

Sumber Gambar: Instagram @wisatakotacitragraha

Meski kamu bukan penghuni dari perumahan elit itu, tapi kamu tetap bisa memancing di danau tersebut, karena memang pemancingan di Danau Wisata Kota Citra Graha diperuntukkan untuk umum. Kamu hanya perlu membayar biaya masuk, dan juga membayar biaya sebesar ikan pancinganmu. Jadi, semakin berat ikan hasil pancingan, kamu juga harus membayar semakin mahal. Nah, untuk jenis ikan yang bisa kamu pancing adalah nila, patin, dan ikan-ikan jenis lainnya.

  • Bermain Sepeda Air

Sumber Gambar: id.foursquare.com

Setelah lelah memancing sepanjang hari, kamu bisa melepas penat dengan cara berkeliling danau menggunakan sepeda air. Biaya sewanya juga tidak terlalu mahal, tidak sampai 20 ribu rupiah untuk 30 menit.

  • Pendopo Kuliner dengan Live Music

Sumber Gambar: Instagram @wisatakotacitragraha

Nah, ini yang menjadi salah satu daya tarik dari Danau Wisata Kota Citra Graha. Di sana kamu bisa makan bersama keluarga di pendopo kuliner yang terletak persis di tepi danau. Di pendopo kuliner tersebut juga sering ada acara live music, sehingga akan semakin menambah kehangatan suasana. Semuanya pun dibuka untuk umum, tidak hanya untuk penghuni perumahan Citra Graha.

Suasana yang menarik, ditambah dengan harga makanan yang terjangkau membuat pendopo kuliner ini ramai didatangi pengunjung di hari libur atau akhir pekan. Agar kamu tak sampai kehabisan tempat, ada baiknya terlebih dahulu melakukan reservasi tempat dengan menghubungi nomor 08115237070. Untuk jam bukanya mulai pukul 10:00 hingga 17:00 WITA.

  • Fasilitas Danau yang Malang

Sumber Gambar: Google Maps @AanKhan 87

Tapi sungguh sangat disayangkan, beberapa fasilitas di Danau Wisata Kota Citra Graha ini sudah banyak yang rusak dan tak terawat. Salah satunya adalah patung a’la Merlion di tepi danau, yang mana kondisinya sekarang sudah penuh dengan coretan vandalisme. Belum lagi soal jembatan besinya, yang mana kondisinya sudah berkarat dan bahkan beberapa pipanya sudah ada yang berlubang. Padahal kalau dijaga dan dirawat, fasilitas-fasilitas tersebut akan semakin menambah kesan manis dari danau wisata yang satu ini, dan bahkan bukan tak mungkin akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan.

Meskipun demikian, Danau Wisata Kota Citra Graha ini tetap bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk menghabiskan waktu libur dan akhir pekan bersama keluarga atau pasangan tercinta.

Selamat Berlibur!!!