in

Daya Tarik Pesona Wisata Gunung Sialing di Tabalong

Sumber Gambar: visittabalong.blogspot.com

Ada di Tabalong, pesona wisata Gunung Sialing memang tiada duanya. Selain memiliki banyak potensi wisata, gunung ini juga menyimpan begitu banyak kekayaan alam, salah satunya Bajakah. Lalu, seperti apa daya tarik wisata gunung di Kalimantan Selatan ini? Yuk, simak uraiannya di artikel berikut ini.

Mengenal Kabupaten Tabalong Lebih Mendalam

Berbicara mengenai Tagalong, Kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan ini memang memiliki banyak potensi wisata. Memiliki Ibu Kota di Tanjung, Tabalong bisa dibilang merupakan salah satu daerah yang kecil. Pasalnya, Kabupaten ini hanya seluas 3.496 KM2 dengan total 12 kecamatan dan 131 kelurahan saja. Namun meski kecil, ternyata Tabalong sangat berjaya di urusan menarik turis mancanegara.

Sumber Gambar: smpn2muarauya.sch.id

Hal ini terbukti dengan misi Tabalong di 2020 ini sendiri dimana mereka menargetkan dapat menembus wisata internasional dan membuat turis semakin banyak berdatangan. Pasalnya ketika pariwisata maju, maka perekonomian pun akan ikut maju. Maka tak pelak, masyarakat sekitar memiliki kesadaran dalam menjaga potensi pariwisata mereka, salah satunya adalah Gunung Sialing.

Daya Tarik Pesona Wisata Gunung Sialing

Bicara mengenai Sialing, objek wisata yang berupa puncak gunung ini memang bisa dikatakan baru. Namun meski begitu, objek wisata ini juga menjadi salah satu yang terbaik. Pasalnya, banyak pengunjung yang datang untuk melihat keindahan yang ada di gunung tersebut. Salah satu kegiatan yang paling disukai disana adalah menyaksikan keindahan kota Tabalong dari ketinggian.

Selain itu, disana juga terdapat wisata alam berupa Goa. Lokasinya yang ada di pedalaman hutan Sialing juga semakin menambah kesan misterius dari objek wisata satu ini. berada diantara Kecamatan Haruyan dan Muara Uya, Goa Sialing ini digadang-gadang menjadi salah satu objek wisata alam yang masih sangat luas perkembangannya.

Sumber Gambar: smpn2muarauya.sch.id

Tidak hanya menjumpai keindahan bebatuan yang ada di Goa, di gunung ini Anda juga bisa menyaksikan keindahan sungai-sungai jernih yang ada disana. Jika Anda merasa belum cukup, jangan lupa disana terdapat tanaman Bajakah yang mana dikenal mampu mengobati kanker. Vegetasinya pun tidak hanya satu atau dua, melainkan menjadi tanaman paling dominan di Hutan Sialing.

Anda bisa memperkirakan Bajakah dengan sekali lihat saja. Pasalnya, tinggi tanaman ini sendiri setidaknya mencapai 5 meter. Selain itu, akarnya juga sangat besar dan kuat. Dibawahnya, biasanya akan terdapat air gambut yang mana merupakan karakteristik dari hutan-hutan di Kalimantan.

Jika Anda tidak berminat dengan Bajakah, kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan disana adalah camping. Anda bisa mengajak rekan dan keluarga untuk menginap semalam dan merasakan betapa indahnya menyatu dengan alam. Namun harap diingat, bepergianlah ketika situasi sudah kondusif dan ancaman virus tidak menyerang ya.

Pesona Wisata Lainnya di Sekitar Gunung Sialing

Selain wisata di Gunung Sialing, Anda juga bisa mencari wisata lain di daerah Tabalong. Salah satu wisata yang menarik adalah menyaksikan Tradisi Malamang. Tadisi warisan Suku Dayak Deah ini bisa dikatakan merupakan sebuah perayaan yang juga berguna untuk meningkatkan kekompakan warga lokal.

Sumber Gambar: visittabalong.blogspot.com

Malamang sendiri merupakan tradisi membuat lemang yang mana sering dilakukan oleh Suku Dayak yang mendiami daerah sekitar Goa Sialing. Mereka bersama-sama menyiapkan bahan lamang, mulai dari batang bambu, kayu bakar, hingga daun pisang. Setelah itu, mereka mulai membuat adonan beras ketan dan santan untuk membuat lemang bakar.

Begitu menariknya tradisi ini hingga ketika Malamang diadakan, acara ini berubah menjadi festival yang mengundang banyak wisatawan dan fotografer dari luar daerah Tabalong bahkan dari Mancanegara.

Demikian ulasan mengenai daya tarik wisata Gunung Sialing di Tabalong. Semoga bermanfaat.