in

Mangrove Center Bengkak, Hutan Mangrove Mengensankan di banyuwangi

Sumber Gambar: Google Maps @Samsul Huda

Saat ini, kawasan hutan mangrove memang menjadi bagian dari objek wisata yang tidak pernah bisa kamu bayangkan. Keindahannya memang tidak ada duanya. Apalagi, kesejukannya memang tidak boleh kamu lewatkan. Salah satunya adalah Mangrove Center Bengkak yang terletak di Banyuwangi.

Perpaduan hijau yang disuguhkan benar-benar mengesankan, ditambah dengan birunya air laut yang seakan berpadu dengan sempurna. Disini pula kamu bisa melihat dari Pulau Tabuhan walau dari jauh. Tidak heran bila banyak wisatawan yang tidak pernah datang dan pergi ke tempat ini.

Mengenal Mangrove Center Bengkak

Objek wisata ini masih dijadikan wilayah konservasi sehingga, tidak heran bila banyak peneliti dan aktivis lingkungan mondar-mandir ke sini. Bagi kamu yang ingin menikmati sendiri bagaimana panoramanya, kamu bisa merogoh kocek sebesar 5 ribu rupiah saja. Ditambah dengan parkir 5 ribu bagi yang membawa mobil dan 2 ribu bagi yang mengendarai motor.

Sumber Gambar: Google Maps @Samsul Huda

Salah satu barang yang tidak boleh kamu lewatkan bila mengunjungi wisata ini adalah kamera. Dimana, ada berbagai macam blok-blok yang sudah disediakan lengkap dengan spot-spot selfienya. 

Selain untuk wisata, kawasan ini juga digunakan untuk edukasi sehingga, kamu bisa melihat berbagai macam jenis hutan bakau. Ada, Avicennia dan Burgeria yang bisa kamu nikmati. Jenis mangrovenya pun masih banyak mengingat luasnya sendiri mencapai 4 hektar.

Daya Tarik Mangrove Center Bengkak

Ada banyak sekali tempat-tempat yang sudah disediakan khusus untuk kamu yang ingin mengambil banyak momen menarik disini. Ada love spot romantis, sangkar penantian, jembatan cinta, dan juga broken heart yang dilengkapi dengan ayunan.

Sumber Gambar: Google Maps @fadel abu aufa

Nah, saat kamu memutuskan untuk menyusuri seluruh kawasan ini. Kamu akan melihat berbagai kata yang disingkat membentuk sebuah kalimat yang cukup unik dan juga menggelitik. Kata-kata ini juga bisa kamu jadikan sebagai status di media sosial lho.

Keunikan lain yang bisa kamu amati disini adalah adanya kawasan hutan mati. Disebut begitu karena, tempat mangrove-mangrove ini sudah lama mati. Bukan menjadi sesuatu yang buruk melainkan mampu menghadirkan spot yang menarik mata untuk dikunjungi.

Sumber Gambar: Google Maps @13 Entertainment

Disini, kamu juga akan dimanjakan dengan berbagai macam fasilitas mumpuni. mulai dari lahan parkir yang sangat luas. gazebo untuk kamu beristirahat, warung makan dengan berbagai macam menu makanan dan minuman. Serta, adanya speedboat bagi kamu yang ingin pergi mengunjungi  Pulau Tabuhan atau Menjangan dengan harga sewanya mencapai 600 ribu rupiah.

Sajian terakhir yang  harus kamu nantikan disini adalah pemandangan indah Sunset. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah bulan November hingga Februari. Dimana, kamu bisa melihat cantiknya matahari yang hendak terbenam dengan rona siluetnya.

Cara Menuju ke Mangrove Center Bengkak

Objek wisata ini terletak di Jl. Raya Situbondo, Krajan, Bengkak, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi. Menuju ke tempat ini tidaklah sulit. Kamu bisa naik kereta api dan turun di Stasiun Banyuwangi Kota. Setelah itu, bisa naik angkot menuju ke lokasi. 

Bila tidak ingin menunggu lama, kamu bisa menyewa kendaraan bermotor yang ada di depan stasiun. Syaratnya pun cukup mudah hanya meninggalkan KTP dan uang sebesar 75 ribu rupiah saja. Kamu bisa menggunakan Jalan Raya Pantura menempuh waktu kurang lebih 30 menit saja,

Penginapan Sekitar Mangrove

Bagi kamu yang masih belum mendapatkan tempat untuk menginap. Di sekitar kawasan sudah banyak penginapan yang bisa kamu pilih. Salah satu rekomendasinya adalah Watu Dodol Resort yang terletak di Jl. Raya Situbondo KM.14, Kalipuro, Banyuwangi. Jaraknya hanya 5,1 kilometer saja.  

Harganya mulai dari 466 ribu rupiah. Tipe kamar Deluxe dan kamu akan mendapatkan fasilitas sarapan. Balkon, kulka, AC, televisi, desk, kulkas dan shower. Kapasitas maksimal 2 orang dewasa dan 1 anak ditambah dengan free akses wifi selama 24 jam.

Kesimpulan

Mangrove Center Bengkak menjadi salah satu surga wisata di Banyuwangi yang sayang bila kamu lewatkan. Namanya, memang belum terkenal, seperti pulau merah atau juga Hutan Benculuk. Tetapi, lebih keren kalau kamu sudah kesana terlebih dahulu sebelum tempat tersebut jadi Viral.