OUR NETWORK

Desa Bakkara Bukti Bahwa Sumatera Utara Tidak Hanya Danau Toba

Siapa yang tidak tahu Danau Toba. Keindahan alam yang terletak di Sumatera Utara ini memang terlihat sangat mengesankan. Tetapi, apakah anda tahu bahwa Danau Toba tidak hanya sekedar danaunya saja yang terbentuk karena ledakan yang dahsyat. Melainkan, ada beberapa keindahan lain yang bisa kita nikmati.

Sumber: Instagram @wonderlaketoba

Salah satunya adalah Desa Bakkara yang letaknya tidak jauh dari Danau Toba. Mengunjungi objek wisata ini seakan menjadi wajib bila anda ingin menikmati sejarah dan pesona lain yang ditawarkan. Rugi rasanya bila anda tidak menghabiskan sedikit waktu di kawasan ini.

Mengenal Desa Bakkara

Sumber: Instagram @barrabaa_

Sejak dahulu Desa Bakkara memang sudah dikenal oleh seluruh penduduk sumatera. Dimana, disini merupakan pusat kerajaan Batak. Konon ada kurang lebih 12 raja yang pernah berkuasa di sini. Termasuk pula dengan adanya keluarga bangsawan yang masih keturunan dari keluarga sisingamangaraja.

Salah satu daya tarik dari objek wisata ini selain sejarah adalah keindahan alamnya yang memang luar biasa. Apalagi, letak dari desa ini sendiri berada di antara pepohonan dan juga perbukitan yang indah untuk dinikmati.  Tak heran bila banyak wisatawan asing yang datang silih berganti ke kawasan ini.

Sumber: Instagram @wonderlaketoba

Seluruh penduduknya pun sangat bersahaja dan mereka selalu meneriman dengan baik saat ada kunjungan wisatawan yang ada di sini. Bahkan, ada beberapa wisatawan yang merasa bahwa desa ini adalah kampung halaman mereka. Sungguh menyenangkan sekali.

Alamat dan Rute Lokasi

Sumber: Instagram @eudaimonia95.

Desa Bakkara terletak di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbahas sumatera Utara. Perjalanan yang harus ditempuh bila anda dari medan adalah kabanjahe, Sindikalang, Dolok Sanggul, hingga akhirnya tiba di Bakkara.

Atau anda juga bisa menggunakan alternatif lain yaitu Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat, Balige, Dolok Sanggul hingga sampai di Bakkara. Banyak wisatawan yang lebih suka dengan rute pertama daripada yang kedua. Waktu dari medan bisa ditempuh kurang lebih 8 jam hingga 11 jam lamanya.

Perjalanan akan terasa membosankan sebelum kalian tiba di Dolok Sanggul. Perjalanan memang mulai menanjak dan terdapat beberapa kelokan yang cukup curam. Tetapi, jalan menuju ke desa ini sudah halus dan mulus.

Sumber: Instagram @delsop

Selain itu anda juga disuguhkan dengan panorama alam yang luar biasa. Mulai dari rumah, sawah, pepohonan, perkebunan kopi, beberapa pohon pinus yang menjulang tinggi. Ada lagi tanaman bawang merah yang menambah eloknya nagari ini.

Sehingga, bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini disarankan untuk melihat terlebih dahulu bagaimana keadaan kendaraan anda. Agar perjalanan tetap menyenangkan dan tidak terganggu dengan kondisi mobil yang kurang menyenangkan.

Pesona Wisata Desa Bakkara

Sumber: Instagram @eudaimonia95

Di Desa Bakkara ini kita bisa melihat bahwa alam benar-benar memberikan segalanya. Seperti apa pun yang akan kita butuhkan. Salah satu keindahannya adalah Aek Sipongalu. Sebuah air terjun yang berangkat dari sebuah cerita sisingamangaraja yang gajahnya kehausan.

Selain itu, air terjun ini pun dipercaya bisa menyembuhkan anda dari berbagai macam penyakit. Setelah itu ada pula aliran sungai. Dan yang paling besar bernama aek silang dimana, sungainya mengandung tanah liat dan lumut.

Ada pula Aek Simangira dimana sungainya sangat jernih dasarnya pun terdapat bebatuan sungai yang membuatnya tampak menyegarkan. Selain keadaan alam kawasan ini juga mempunyai pemukiman warga yang unik dan berjajar rapi.

Ada pula bebatuan yang konon katanya berusia lebih dari dua juta tahun berasal dari muntahan gunung toba. Terakhir, anda bisa mengunjungi komplek istana sisingamangaraja yang terdapat makam beliau.

Disini, kita bisa melihat bangunan-bangunan  yang mengesankan da nada sebuah goa yang menurut pendapat masyarakat merupakan tempat kelahiran raja sisingamangaraja pertama.

Sumber: Instagram @melindaganis

Selain itu, disini pun tersedia sebuah penginapan bernama tipang mas yang berisikan orang-orang batak. Seperti diketahui, orang batak adalah orang paling jujur karena apa yang dibicarakannya sama dengan apa yang ada di dalam hatinya.

Disini, kita bisa menikmati sajian menu makanan yang lezat menggoda. Seperti, ikan mas yang dipadukan dengan sambal khas Batak yaitu tuk-tuk dan andaliman yang terkencal cetar membahana.

SUmber: Instagram @hasian.mora

Dari sini pula kita bisa disajikan dengan pesona pagi yang tidak akan pernah bisa anda lupakan sedikit pun. perpaduan antara danau, gunung, dan matahari, serta lembah membuat mata enggan untuk berkedip.

Bagaimana dengan pesona Desa Bakkara, sangat mengesankan bukan? Mengunjunginya seakan menjadi sebuah kewajiban apalagi, kita sudah sampai di objek wisata Danau Toba. Banyak wisatawan yang sudah membuktikannya. Lalu, kapan anda akan mengunjungi Desa Bakkara?

Comments

Loading...