OUR NETWORK

Goa Togi Ndrawa, Tempat Persembunyian yang Jadi Saksi Sejarah Bangsa

Indonesia memang tidak pernah lepas dari tempat-tempat bersejarah yang menyajikan esoktisnya dan eloknya kawasan tersebut. Menariknya lagi, sejarah yang terkandung di dalamnya dengan berbagai cerita heroic dari perjuangan negeri ini.

Sejarah yang dihadirkan pun saat ini perlahan-lahan mulai dilirik dan menjadi objek wisata unggulan di setiap daerah. Karena, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya.

Salah satu tempat bersejarah ini adalah Goa Togi Ndrowo. Objek wisata ini memang belum terlalu banyak yang meliriknya. Sehingga, kawasan ini masih terkesan sunyi, angker, dan masih sangat asri alami. Paling tepat bagi anda yang ingin melepas penat dari berbagai macam aktifitas.

Mengenal Goa Togi Ndrawa

Sumber: Instagram @rickyung

Ada dua versi yang mempengaruhi nama objek wisata ini. Dimana, ada masyarakat sekitar yang menjadi tempat persembunyian para pendatang Nias yang beragama muslim saja pada masa pendudukan jepang. Ada pula versi lain yang mengatakan bahwa semua orang Nias bersembunyi di tempat tersebut sehingga diberi nama Togi Ndrawa.

Saat anda memasuki goa ini, anda akan disuguhkan dengan empat mulut goa  yang memanjang dari selatan hingga kea rah utara. Terbentuk dari stalaktit dan stalakmit. Sehingga, dinding goa ini terlihat begitu kokoh dan sangat kuat.

Kepercayaan lain yang ada di kawasan ini adalah hadirnya sebuah lorong panjang sejauh 12 km yang menembus ke goa lauwomaru yang terletak di Desa Fodo. Tidak hanya bisa menikmati keindahan Goa yang elok. Tetapi, kita juga bisa menikmati rumah adat Nias utara yang bernama Omo Hada. Dimana, rumah adat ini dijadikan sebagai taman wisata  budaya di Gunungsitoli. Selain itu, kita juga bisa melihat lebih dekat bagaimana adat istiadat dan kebudayaan di Nias.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk yang harus anda bayar adalah Rp 2.500 untuk dewasa dan seribu rupiah saja bagi anak-anak. Masih ditambah dengan uang parkir untuk kendaraan bermotor sejauh 2 ribu rupiah. Dan, 5 ribu rupiah untuk mobil.

Alamat dan Rute Lokasi

Sumber: Instagram @rickyung

Goa Togi Ndrowo terletak di Desa Lelewonu Niko’otano, kecamatan Gunungsitoli, Kabupaten Nias, Sumatera Utara. Jarak dari kecamatan Gunungsitolli kurang lebih 3 km, Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini anda bisa mengunjungi bandara Kualanamu terlebih dahulu.

Selanjutnya, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Binaka Airport kurang lebih 55 menit.  Setelah keluar dari bandara anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke jalan Raya Pelud Binaka sejauh 800 meter. Lanjutkan perjalanan menuju ke Jl. Raya Pelud Binaka lagi sejauh 13,1 km. kemudian, masuk ke jalan HW. Harefa. Sejauh 9 km. Hingga, ada akan tiba di desa lelewonu. Lalu, tanyalah kepada warga sekitar dimana letak objek wisata ini. Sayangnya, objek wisata ini belum ada transportasi umum yang akan mengantarkan anda menuju ke sini. Sehingga, anda wajib menggunakan kendaraan pribadi.

Sejarah Panjang Goa Togi Ndrowo

Sumber: Instagram @pesona.nias.sumut

Keindahan lain yang bisa anda nikmati adalah Sejarah panjang yang tersembunyi di Goa Togi Ndorowo. Dimana,  ada jejak sejarah masyarakat Nias yang telah dihuni kurang lebih 12 ribu tahun lamanya.

Goa ini digunakan untuk tempat bertahan hidup hingga tahun 1.150 masehi. Mereka bisa bertahan lantaran, memanfaatkan biota laut yang terletak di kawasan mangrove. Waktu yang cukup panjang memang bagi masyarakat Nias purba. Sayangnya, penginapan di sekitar objek wisata ini masih belum ada. Sehingga, anda harus pergi kembali ke sekitar kecamatan Gunungsitolli. Salah satu rekomendasinya adalah Puri Asu Resort yang mempunyai berbagai macam fasilitas mumpuni. Dijamin, anda akan betah berlama-lama di tempat ini karena pelayanannya pun akan memanjankan anda.

Sumber: Instagram @ronidachi

Goa Togi Ndrowo adalah keindahan alam yang terletak di Sumatera Utara. Dimana, kita bisa belajar menikmati sejarah manusia. Selain itu, keindahan alamnya, adat istiadat serta kebudayaan masih terus terjaga dengan sangat baik. Jadi, rugi rasanya bila sudah sampai di sumatera utara tetapi, tidak datang berkunjung ke sini.

Beberapa wisatawan sudah mencoba menikmati objek wisata ini. Lalu, kapan anda akan berkunjung ke objek wisata ini? Ingat, Goa Togi Ndrowo sudah menanti kedatangan anda.

Comments

Loading...